Tindakan Suction dan Perubahan Saturasi Oksigen pada Pasien Penurunan Kesadaran Diruangan ICU Rumah Sakit

Rebbi Permata Sari, Revi Neini Ikbal

Abstract


Pasien kritis yang mengalami ketidaksadaran akan mempengaruhi produksi saliva sehingga bisa meningkatkan terjadinya sekret menumpuk di jalan nafas. Produksi sekret yang berlebih akan menghambat aliran udara dari hidung masuk kedalam paru-paru, sehingga harus di suction untuk mempertahankan jalan nafas pasien. Kondisi tindakan suction yang kurang tepat  terutama pada pasien kritis akan mengakibatkan penurunan saturasi oksigen baik saat atau sesudah dilakukan tindakan tersebut. Kejadian penurunan saturasi oksigen setelah di suction sebesar 78,56% di beberapa Rumah Sakit di Indonesia. Tujuan penelitian mengetahui pengaruh tindakan suction terhadap perubahan saturasi oksigen pada pasien penurunan kesadaran di Ruangan ICU Rumah Sakit Islam Siti Rahmah Padang. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian pre-eksperimen. Desain yang digunakan two group pre test and post test design dengan kelompok intervensi dn kelompok kontrol. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 30 orang, teknik pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling. Waktu penelitian berlangsung pada bulan Februari hingga November 2019. Analisis data yang digunakan adalah univariat dan bivariat. Analisa bivariat menggunakan uji t test karena data berdistribusi normal. Hasil penelitian ditemukan bahwa terjadi penurunan rata-rata saturasi oksigen sebelum dan sesudah pemberian tindakan suction. Kesimpulan dari penelitian ini terdapat pengaruh tindakan suction pada perubahan saturasi oksigen pada pasien dengan penurunan kesadaran.

 

Kata Kunci: suction, saturasi oksigen, penurunan kesadaran

Keywords


suction, saturasi oksigen, penurunan kesadaran

Full Text:

PDF

References


AHA. (2012). Hearth Disease and Stroke Statistik.

Andarmoyo, S. (2012). Keperawatan Keluarga Konsep Teori, Proses dan Praktik Keperawatan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Bayu Irawawan, S. K. (2017). Pengaruh Tindakan Suction Terhadap Perubahan Saturasi Oksigen Perifer Pada Pasien Yang Di Rawat Diruang Icu Rsud Abdul Wahab Sjahranie Samarinda. Jurnal Ilmiah Sehat Bebaya, 1(2).

Herdman, T. (2012). NANDA Internasional Nursing Diagnoses: Definitions & Clasisification 2012-2014. Balcwell Publishing.

Kozier. Erb, B. S. (2010). Buku Ajar Fondamental Keperawatan : Konsep, Proses & Praktik. (7th ed.). Jakarta: EGC.

Nursalam. (2011). Konsep dan penerapan metodologi penelitian ilmu keperawatan. Jakarta : Salemba Medika.

Saifudin zukri, D. (2017). Pengaruh isap lendir (suction) sistem terbuka terhadap saturasi oksigen pada pasien terpasang ventilator.

Santos, C. I. S. E. al. (2009). Respiratory physiotherapy in children with counity acquired Pnemonia. Revue candiene de la therapie respiratory.

Setiadi. (2013). Konsep dan Praktek Penulisan Riset Keperawatan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Smeltzer, S. C. (2014). Keperawatan Medikal Bedah. Jakarata: EGC.

Widiyanto, & S. H. (2012). Pengaruh Pemberian Preoksigenasi Untuk Suction Endotrakheal Terhadap Saturasi Oksigen di ICU RSUD Prof Dr. Margono Soekarjo Purwokerto Margono Soekarjo Hospital.

Wulandari, DS & Bustomi, P. (2011). Penurunan Kesadaran, referat. Fakultas Kedokteran Universitas Yarsi.




DOI: http://dx.doi.org/10.33757/jik.v3i2.223

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 JIK JURNAL ILMU KESEHATAN

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


E-ISSN : 2597-8594 (Online) P-ISSN : 2580-930X (Cetak)
Publish by STIKes Alifah Padang
Jl. Khatib Sulaiman No 52 B Kota Padang. Telp 0751-7059849. Fax 0751-7059849. Website: www.stikesalifah.ac.id
Email : jik@stikesalifah.ac.id