Analisis Hubungan Pengetahuan Petugas Panti Tentang Pemenuhan Kebutuhan Activity Daily Living pada Lanjut Usia

Tomi Jepisa, Radian Ilmaskal

Abstract


Kemampuan lansia dalam memenuhui kebutuhan Activity Daily Living yang tinggal di Panti Sosial Tresna Werdha diantaranya kebutuhan makan, mandi, berpakaian, toileting, kontinesia dan berpindah tidaklah semudah sewaktu muda kala, oleh karena itu petugas panti sosial  harus mempunyai kemampuan dan pengetahuan yang tinggi. Hal tersebut dapat dilihat dimana adanya lansia yang ketergantungan dalam kebutuhan mandi dan toileting. Disini peran dan pengetahuan petugas panti sangat dibutuhkan sekali agar terjaga kebersihan lansia, terhindar dari penyakit dan lansia dapat secara mandiri dalam memenuhui kebutuhan ADL nya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis pengetahuan petugas panti tentang Activity Daily Living (ADL) dengan pemenuhan kebutuhan ADL pada lansia yang tinggal di Panti Sosial Tresna Werdha Propinsi Sumatera Barat. Jenis penelitian ini analitik dengan pendekatan Cross Sectional. Populasi penelitian seluruh petugas PSTW dengan sampel 51 orang. Hasil penelitian didapatkan sebagian besar petugas panti berpengatahuan baik (60.8%) pemenuhan ADL pada lansia yang tinggal di PSTW sebagian besar kurang (68.6%). Kesimpulan dalam penelitian ini ditemukan ada hubungan pengetahuan tentang ADL dengan pemenuhan ADL pada lansia yang tinggal di PSTW Propinsi Sumatera Barat.

 

Kata Kunci: ADL, Petugas panti, Pengetahuan


Full Text:

PDF

References


Administration on Aging. (2013). Aging Statistic. Retrieved from http://www.aoa.acl.gov/Aging_Statistics/Profile/2013/16.aspx

Alfyanita, A., Martini, R. D., & Kadri, H. (2016). Hubungan Tingkat Kemandirian dalam Melakukan Aktivitas Kehidupan Sehari-Hari dan Status Gizi pada Usia Lanjut di Panti Sosial Tresna Werdha Sabai Nan Aluih Sicincin. Jurnal Kesehatan Andalas, 5(1), 201–208.

Badan Pusat Statistik. (2015). Indikator sosial ekonomi indonesia. Badan Pusat Statistik Indonesia. Jakarta: Badan Pusat Statistik.

Dinas Sosial propinsi Sumatra Barat. (2018). Profil Dinas Sosial propinsi Sumatra Barat. Padang: Dinas Sosial propinsi Sumatra Barat.

Fadhia, N., Ulfiana, E., & Ismono, S. R. (2012). Hubungan Fungsi Kognitif Dengan Kemandirian Dalam Melakukan Activity of Daily Living (ADL) Pada Lansia di UPT PSLU Pasuruan. Comunity Health Nursing, 1(1), 87–92.

Kemenkes RI. (2013). Situasi dan Analisis Lanjut Usia dan Gambaran Kesehatan Lanjut Usia di Indonesia. Jakarta: Kemenkes RI.

Nina Dwi Setyani, et al. (2016). Hubungan Tingkat Kemandirian Activity Daily Living (ADL) Dengan Kualitas Hidup Lansia di UPT PSLU Jember. Universitas Muhamadiyah Jember, 1(2), 1–12. Jember: Universitas Muhamadiyah Jember.

Noorkarsiani, T. S. (2009). Kesehatan Usia Lanjut dengan Pendekatan Asuhan Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika.

Notoatmodjo, S. (2012). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Nugroho, W. (2008). Gerontik & Geriatrik. Jakarta: EGC.

Nurkusuma D, D. (2001). Profil Pukesmas Pare Kabupaten Temanggung. Temanggung: Puskemas Pare.

Sri Sat Titi Hamranani. (2013). Hubungan Pengetahuan Petugas Panti Tentang Tingkat Kemandirian ADL Dengan Pemenuhan ADL Pada Lansia Di PSTW Yogyakarta. Motorik, 8(16), 17–23.




DOI: http://dx.doi.org/10.33757/jik.v3i2.229

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 JIK JURNAL ILMU KESEHATAN

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


E-ISSN : 2597-8594 (Online) P-ISSN : 2580-930X (Cetak)
Publish by STIKes Alifah Padang
Jl. Khatib Sulaiman No 52 B Kota Padang. Telp 0751-7059849. Fax 0751-7059849. Website: www.stikesalifah.ac.id
Email : jik@stikesalifah.ac.id