Faktor yang Berhubungan Dengan Pelaksanaan Universal Precautions di Instalasi Gawat Darurat

Tiurmaida Simandalahi, Andika Herlina Marda Prawata, Elisabeth Novita Angriani L.Toruan

Abstract


Petugas pelayanan kesehatan terutama perawat sering terpajan mikroorganisme yang dapat menyebabkan infeksi serius atau bahkan mematikan. Untuk melindungi perawat dan pasien dari resiko tertular penyakit infeksi maka perawat harus selalu memperhatikan pelaksanaan universal precautions. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan pelaksanaan universal precautions di RSU Kerinci. Jenis penelitian: deskriptif analitik dengan desain cross sectional study, Penelitian dilaksanakan Juni-Juli 2018, dengan populasi semua perawat di Instalasi Gawat Darurat RSU Kerinci berjumlah 32 orang perawat yang diambil dengan teknik Total Population. Data diolah secara komputerisasi, dianalisis secara univariat dan bivariat dengan Uji Chi-Square dengan tingkat kemaknaan 0,5%. Hasil penelitian didapatkan 53,1% responden melaksanakan universal precaution, tingkat pengetahuan tinggi (68,8%), sikap positif (53,1%), 50% responden tidak pernah mengikuti pelatihan, 59,4% responden menyatakan sarana dan prasarana mendukung. Hasil uji Chi-Square didapatkan hubungan tingkat pengetahuan (p-value = 0,002),  sikap (p-value = 0,014), pelatihan (p-value = 0,005) dan sarana dan prasarana (p-value = 0,001) yang berhubungan dengan pelaksanaan Universal Precaution. Disimpulkan bahwa tingkat pengetahuan, sikap, pelatihan dan sarana dan prasarana sangat mendukung pelaksanaan Universal Precaution.

Kata Kunci: Universal Precaution; Pengetahuan; Sikap; Pelatihan; Sarana dan Prasarana


Keywords


Universal Precaution; Pengetahuan; Sikap; Pelatihan; Sarana Prasarana

Full Text:

PDF

References


Angelia, M.L., Wagey, F,. Tumurang, M. (2016). Faktor-Faktor yang Berhubungan Dengan Penerapan Universal Precaution Oleh Perawat Di Ruang Rawat Inap Kebidanan Dan Kandungan RSUP. Prof. Dr. R. D. Kandou Manado. Tesis, Universitas Sam Ratulangi, Program Pascasarjana Universitas Sam Ratulangi.

Departemen Kesehatan, R.I. (2009). Pedoman Pencegahan Dan Pengendalian Infeksi Di Rumahsakit Dan Fasilitas Pelayanan Kesehatan Lainnya. Jakarta.: Departemen Kesehatan RI.

Duerink, O., Farida, H., Nagelkerke, N., et al. (2006). Preventing Nosocomial Infections: Improving Compliance With Standard Precautions In An Indonesian Teaching Hospital. Journal of Hospital Infection, 64, 36-43.

Efstathiou, G. P. (2011). Factors Influencing Nurses’ Compliance with Standard Precautions to Avoid Occupational Exposure to Microorganism: A Focus Group Study. BMC Nursing , 10 (1), 1-12.

Gultom, A. U. (2016). Faktor-faktor yang Berhubungan Dengan Penerapan Kewaspadaan Universal (Universal Precaution) Oleh Perawat Di Ruang Rawat Inap Penyakit Dalam (IRINA C) RSUP. Prof Dr. R. D. Kandou Manado. Program Pascasarjana Universitas Sam Ratulangi.

Hermana, A. (2009). Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Terjadinya Luka Tusuk Jarum atau Benda Tajam Lainnya pada Perawat di Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Cianjur. Depok: Universitas Indonesia.

Indriyani, Y. (2016). Analisis Implementasi Kesehatan Dan Keselamatan Kerja Di Rumah Sakit (K3RS) Menggunakan Metode PDCA (Plan-Do-Check-Act) Di RSUD Dr. Moewardi Surakarta. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Iswanti, T. (2017). Analisis Faktor yang Mempengaruhi Pelaksanaan Universal Precaution pada Pertolongan Persalinan Oleh Bidan Praktik Mandiri di Wilayah Kota Tangerang Selatan. diambil kembali dari http://digilib.unisayogya.ac.id/2454/

Kirkland, K. H. (2011). Nurses and Standard/Universal Precautions Analysis of Barriers Affecting Strict Compliance. Washington: The Faculty of The School of Public Health and Health Services the George.

Krisnata, A. (2016). Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Praktik Universal Precautions pada Perawat dalam Upaya Pencegahan Risiko Healthcare Associated Infections (HAIs) di Ruang Rawat Inap RSUD Tugurejo Semarang. Semarang: Jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Semarang.

Luo, Y., He, G.P., Zhou, J.W., & Ying, L. (2010). Factors Impacting Compliance with Standard Precautions in Nursing in China. International Journal of Infectious Disease, 14 (12), 106-114.

Notoatmodjo. (2011). Kesehatan Masyarakat Ilmu & Seni. Jakarta: Rineka Cipta.

Nursalam. (2007). Konsep dan penerapan metodologi penelitian ilmu keperawatan. Jakarta: Salemba Medika.

Sahara, A. (2011). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Kepatuhan Perawat Dan Bidan Dalam Penerapan Kewaspadaan Universal/Kewaspadaan Standar Di Rumah Sakit Palang Merah Indonesia Bogor Tahun 2011. Universitas Indonesia, Fakultas Kesehatan Masyarakat. Jakarta: Universitas Indonesia.

Syahrizal, I., Darwin, K., & Fathra, A. (2015). Hubungan Pengetahuan Perawat tentang Universal Precautions dengan Penerapan Universal Precautions 7 pada Tindakan Pemasangan Infus. Riau: Universitas Riau.




DOI: http://dx.doi.org/10.33757/jik.v3i2.236

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 JIK JURNAL ILMU KESEHATAN

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


E-ISSN : 2597-8594 (Online) P-ISSN : 2580-930X (Cetak)
Publish by STIKes Alifah Padang
Jl. Khatib Sulaiman No 52 B Kota Padang. Telp 0751-7059849. Fax 0751-7059849. Website: www.stikesalifah.ac.id
Email : jik@stikesalifah.ac.id