Pendidikan Kesehatan “Manjujai Anak” Terhadap Pengetahuan Ibu dan Perkembangan Motorik Anak 12 – 24 Bulan

Delima Delima, Elvia Metti, Asep Irfan

Abstract


Kemampuan motorik anak harus dikembangkan sejak dini. Hasil Studi pendahuluan ditemui 40% anak mengalami keterlambatan motorik halus dan 33,3% anak mengalami keterlambatan motorik kasar.  Penelitian ini bertujuan melihat pengaruh pendidikan kesehatan Manjujai apakah dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan Ibu dalam upaya stimulasi perkembangan motorik anak usia 12-24 bulan di wilayah kerja puskesmas Belimbing. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Pre Eksperiment, dengan rancangan One-Group Pretes-Postes Design. Lokasi penelitian dilakukan di Wilayah Kerja Puskesmas Belimbing Padang. Sampel dalam penelitian ini adalah ibu dan anak balita usia 12-24 bulan dengan jumlah sebanyak 60 orang. Uji statistik yang digunakan adalah pared t tes dan Mc Nemar. Hasil penelitian rata-rata tingkat pengetahuan ibu  sebelum diberi perlakuan  18,42 dan setelah dibeli perlakuan meningkat menjadi 22,78. Distribusi perkembangan Motorik Halus pre test 73,3% pada kategori terlambat dan post tes menurun menjadi 16,7%. Perkembangan Motorik kasar anak pre test sebanyak 66,7% dan post test menjadi 13,3%. Ada Pengaruh pemberian pendidikan kesehatan menggunakan modul Manjujai anak terhadap tingkat pengetahuan ibu, perkembangan  motorik halus anak  perkembangan  motorik kasar anak.  Dalam rangka  menstimulasi perkembangan motorik halus dan motorik kasar anak, modul Manjujai dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif yang dapat digunakan meningkatkan perkemnagan anak, khususnya perkembangan motorik anak.

 

Kata Kunci: Perkembangan Anak, Motorik, Stimulasi, Manjujai

Full Text:

PDF

References


Ariyana, R. (2014). Hubungan Pengetahuan Ibu tentang Perkembangan Motorik Kasar dan Motorik Halus Anak Usia 4-6 tahun TK Aisyiah Bustanul Athfal 7 Semarang. Jurnal STIKES Widya Husada Semarang, 2, 11–12.

Babakal, Ismanto, C. T. (2015). Hubungan Status Pekerjaan Ibu dengan Perkembangan Motorik Halus dan Motorik Kasar Anak Usia Pra Sekolah di Paud Min Gmim Bukit Hermon dan TK Idhata Kec.Malalayang Kota Manado. Jurnal Keperawatan, 2(2).

Baraja. (2016). Psikologi Perkembangan Tahapan dan Aspek-aspeknya dari 0 Tahun - akhir balik. Jakarta: Studia Press.

Chang SM, W. (2014). Effect of Early Childhood Psyychosocial Stimulation and Nutritional Supplementation Prosfectife Cohort Study. The Lancet, 366.

Dewi Okta, N. (2014). Pengaruh Pendidikan Kesehatan terhadap Pengetahuan dan Sikap Ibu dalam Tumbuh Kembang Anak Usia Toodler di Kartasura. Universitas Surakarta.

Helmizar. (2015). Local Food Suplementation and Psicosocial Stimulation Improve Linier Growth and Cognitif Development Among Indonesian Infants Age 6 - 9 Month. Asia Pacific Journal of Clinical Nutrition. https://doi.org/1063133/apjcn.102015.10

Helmizar, B. S. (2016). Keberlanjutan Efek Suplemntasi Gizi dan Stimulasi Psikososial Manjujai Sewaktu Usia Kurang 2 Tahun terhadap Tumbah Kembang Anak Usia 3-5 Tahun ( a follow up study). Universitas Andalas.

Hurlock. (2016). Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga.

Jalal, F. (2016). Pengaruh Gizi dan Stimulasi Psikososial terhadap Pembentukan Kecerdasan Anak Usia Dini : Agenda Pelayanan Tumbuh Kembang Anak Holistik-Integratif. Padang.

Kemenkes, R. (2015). Pedoman Pelaksanaan Stimulasi, Deteksi dan Intervensi Dini Tumbuh Kembang Anak di Tingkat Pelayanan Dasar. Jakarta: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Nurani, S. Y. (2015). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT Indeks.

Putra. (2014). Program Intervensi Dini sebagai Saran Peningkatan Perkembangan Anak. Universitas Indonesia.

Setiawati, S. (2016). Pendidikan Kesehatan. Jakarta: Trans Info Media.

Siswanto, dkk. (2014). Metodologi Penelitian Kesehatan dan Kedokteran (Pertama). Yogyakarta: Bursa Ilmu.

Soedjatmiko. (2016). Stimulasi Dini Pada Bayi dan Balita. Multiply.Com.

Soetjningsih. (2016). Tumbuh Kembang Anak (2nd ed.). Jakarta: EGC.

Yus, A. (2015). Model Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.




DOI: http://dx.doi.org/10.33757/jik.v3i2.240

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 JIK JURNAL ILMU KESEHATAN

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


E-ISSN : 2597-8594 (Online) P-ISSN : 2580-930X (Cetak)
Publish by STIKes Alifah Padang
Jl. Khatib Sulaiman No 52 B Kota Padang. Telp 0751-7059849. Fax 0751-7059849. Website: www.stikesalifah.ac.id
Email : jik@stikesalifah.ac.id