Kecanduan Game Online Dengan Prestasi Belajar

Faridah BD, Yuliva Bakar, Vivi Oknalia

Abstract


Fenomena kecanduan game online diperkirakan dapat mempengaruhi prestasi belajar siswa/siswi di sekolah. Survei terbaru yang dirilis oleh Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) pada tahun 2018, pengguna internet aktif pada tahun 2018, diperkirakan pemain game online di Indonesia berkisar 20,6 juta orang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan kecanduan game online dengan prestasi belajar siswa/siswi SMPN 39 Padang Tahun 2020. Jenis penelitian ini adalah survey analitik dengan desain cross sectional. Penelitian ini dilakukan bulan Agustus 2019- Maret 2020. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa/siswi di SMPN 39 Padang. Sampel terdiri dari 63 responden. Pengambilan sampel menggunakan teknik probability sampling dengan metode proportionate stratified random sampling . Analisis data secara univariat dan bivariat menggunakan uji chi square (p<0,05). Hasil penelitian ini adalah sebanyak 98,4% prestasi belajar siswa rendah, 52,4% tingkat kecanduan game online tinggi dan p value=0,290 (>0,05) Kesimpulan penelitian ini adalah tidak ada hubungan kecanduan game online dengan prestasi belajar siswa/siswi SMPN 39. Diharapkan dengan penelitian ini, diharapkan kepada orang tua untuk lebih memperhatikan dan membatasi anak dalam menggunakan gadget dalam kehidupan sehari-hari.


Keywords


Kecanduan, game online, Prestasi belajar

Full Text:

PDF

References


Jenab, Hudaya A. Pengaruh Adiktif Game Online Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X SMAN 1 Cileungsi. Res Dev J Educ. 2015;2(1):41-52.

Pramesti A. Hubungan Stunting Dengan Prestasi Belajar Di SDN 11 Kampung Jua Padang.; 2019.

WHO (World Health Organization). ICD-11 For Morta;aty and Morbidity Statistics. 2019. http://id.who.int/icd/entity/1448597234 .

Hasil Survey Nasional Penetrasi Pengguna Internet. APJII (asosiasi Penyelenggara jasa Internet Indonesia). APJII (asosiasi Penyelenggara jasa Internet Indonesia. 2018. https://apjii.or.id/survei2018s/kirimlink.

Jannah N, Mudjiran M, Nirwana H. Hubungan Kecanduan Game dengan Motivasi Belajar Siswa dan Implikasinya Terhadap Bimbingan dan Konseling. Konselor. 2015;4(4):200. doi:10.24036/02015446473-0-00

Julia P. Hubungan antara Kecanduan Game Online terhadap Prestasi Belajar Siswa SD Negeri 53 Banda Aceh. 2018;VI(1):49-57.

Ariani, A P. Aplikasi Metodologi Penelitian Kebidanan Dan Kesehatan Reproduksi. yogyakarta: Nuha Medika; 2014.

Imamuddin M, Fitri H, Rahmadila R. Hubungan Game Online dengan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Kelas VIII SMP. J Tadris Mat. 2019;2(1):11-20. doi:10.21274/jtm.2019.2.1.11-22

Irham, M., Wiyani, N A. Psikologi Pendidikan. Jogjakarta: AR-Ruzz Media; 2015.

Gaol TL. Hubungan Kecanduan Game Online Dengan Prestasi Mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Indonesia. Fak Ilmu Keperawatan UI. 2012:47.

Kustiawan, A A, Utomo,A,W B. Jangan Suka Game Online Pengaruh Dan Tindakan Penegahan. Solo: CV.AE Media Grafika; 2019.

Pande, N,P,A,M., Marheni, A. Hubungan Kecanduan Game Online Dengan Prestasi Belajar Siswa SMP Negeri 1 Kuta. J Psikol Udayana. 2015;2(2):163-171. https://ojs.unud.ac.id/index.php/psikologi/article/view/25196.

Sari, Y. N. E. (2015). Psikologi Pendidikan. Parama Publishing.

Sujatmoko, E. dkk. (2015). Publication Manuscript The Correlation Addiction To Play Game Online With Performance Student Learning Of Smk State 7 Samarinda Hubungan Kecanduan Bermain Game Online Dengan Prestasi Belajar Siswa / Siswi Di Smk Negeri 7 Samarinda. https://dspace.umkt.ac.id/handle/463.2017/1109?show=full.




DOI: http://dx.doi.org/10.33757/jik.v4i2.302

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.33757/jik.v4i2.302.g135

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


E-ISSN : 2597-8594 (Online) P-ISSN : 2580-930X (Cetak)
Publish by STIKes Alifah Padang
Jl. Khatib Sulaiman No 52 B Kota Padang. Telp 0751-7059849. Fax 0751-7059849. Website: www.stikesalifah.ac.id
Email : jik.alifah@gmail.com
Creative Commons License
This JIK Jurnal Ilmu Kesehatan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.