Model Intervensi Perubahan Perilaku Tentang Seksualitas pada Remaja Dipusat Informasi dan Konseling Remaja di Kota Padang

Dewi Susanti, Yefrida Rustam, Erwani Erwani

Abstract


Pengalaman berpacaran remaja di Indonesia cenderung semakin berani dan terbuka, mulai dari berpegangantangan, berciuman, hingga meraba dan merangsang. Metode pembelajaran kooperatif berbasis kearifan lokal merupakan metode pembelajaran yang terdiri dari beberapa kelompok yang disesuaikan dengan karakteristik remaja dan budaya dengan konsep agama islam. Tujuan penelitian ini untuk melihat pengaruh model pembelajaran kooperatif terhadap perilaku remaja tentang seksualitas di Pusat Informasi dan Konseling Remaja Kota Padang. Jenis penelitian ini adalah mix method yaitu studi kualitatif dan kuantitatif menggunakan eksperimen dengan one group pre/post test design. Penelitian telah dilakukan di Pusat Informasi dan Konseling Remaja Kota Padang pada bulan April 2019 - Oktober 2019. Populasi adalah semua remaja yang ada di 73 PIK-R Kota Padang. Sampel diambil secara teknik kuota sampling dengan jumlah sampel sebanyak 32 orang. Data pengetahuan diperoleh dari hasil kuesioner kemudian dianalisis secara univariat dan bivariat dengan uji t test berpasangan. Hasil penelitian didapatkan rata-rata pengetahuan, sikap, dan tindakan tentang seksualitas sebelum diberikan metode pembelajaran kooperatif adalah 13,47; 62,75; 5,91 dan sesudah diberikan metode pembelajaran kooperatif adalah 17,94; 70,47, 8,88. Hasil analisis bivariat menunjukkan ada pengaruh metode pembelajaran kooperatif tentang seksualitas terhadap pengetahuan (p = 0,000), sikap (p = 0,000), dan tindakan (p = 0,000) remaja di Pusat Informasi dan Konseling Remaja Kota Padang. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan rerata pengetahuan, sikap, dan tindakan remaja tentang seksualitas setelah diberi metode pembelajaran kooperatif.


Keywords


Seksualitas, Kearifan Lokal, Pengetahuan, Sikap, Tindakan

Full Text:

PDF

References


Arif, M. 2019. Adab Pergaulan Dalam Perspektif Al-Ghazali: Studi Kitab Bidayat al-Hidayah. Islamuna Jurnal Studi Islam 2019. Vol.6 No. 1, 64-79

Abdul, HarisHaery. 2017. Pengaruh Penyuluhan Seksualitas dengan Metode Stratagem Terhadap Pengetahuan Bahaya Seks Pranikah pada Remaja Awal. Skripsi. Makasar: Jurusan Keperawatan UIN.

BKKBN. 2017. Pedoman Pengelolaan Pusat Informasi dan Konseling Remaja. Direktorat Bina Kesehatan Remaja. Jakarta.

BKKBN. 2017. Promosi dan Konseling Kesehatan Reproduksi Bagi Kelompok Kegiatan PIK Remaja (PIK R). Direktorat Bina Kesehatan Remaja. Jakarta.

BKKBN. 2018. Pedoman Penyusunan Materi Edukasi Bagi Mahasiswa Pendidikan Kesehatan Reproduksi dan Pergaulan Sehat dengan Pendekatan Kecakapan Hidup. Jakarta.

Direktorat Kespro. 2019. Materi Pro PN Peningkatan Kualitas Promosi dan Konseling Kesehatan dan Hak-Hak Reproduksi Berbasis Komunitas. Jakarta.

Farina, Anggraeni, dkk. 2018. Perbedaan Metode Peer Teaching dengan Metode Jigsaw Terhadap Tingkat Pengetahuan Kesehatan Reproduksi. Jurnal. Vol. 3 No. 1. Jawa Barat: Fakultas Keperawatan UNPAD

Kurniawati HF, Shaluhiyah Z. 2014. Pengetahuan Pendidik Sebaya Mempengaruhi Pemberian Informasi KRR di Kabupaten Kulon Progo. Jurnal Promosi Kesehatan Indonesia. Vol 9 no 2.

Laily, BestariPutri. 2019. Pendidikan Kesehatan Metode Jigsaw dan Make a Match dalam Meningkatkan Perilaku Pencegahan Fluor Albus pada Remaja Pondok Pesantren. Skripsi. Surabaya: Fakultas Keperawatan UNAIR

Rianty. 2016. Studi Perbedaan Metode Diskusi dengan Metode Ceramah Dalam Meningkatkan Pengetahuan Remaja Tentang HIV/AIDS di SMA N 5 Padang: http://Jurnal.fk.Unand.ac.id.

Tiffani,Rosita. 2018. Pengaruh Metode Pembelajaran Make a Match Terhadap Peningkatan Pengetahuan dan Sikap Kesehatan Reproduksi Siswa Kelas VIII SMP. Skripsi. Surabaya: Fakultas Keperawatan UNAIR

Saito K. 2009. Perfomance of peer among high school students in Bangkok Metropolitan Thailand.www.li.mahidul.ac.th.

Yuliadi, Istar. 2015. Mengenali Gangguan Orientasi Seksual pada Anak. Solo: 2015.

Zidna, SabelaNaja, dkk. 2017. Hubungan Pengetahuan, Sikap Mengenai Seksualitas dan Paparan Media Sosial dengan Perilaku Seksual Pranikah pada Remaja di Beberapa SMA Kota Semarang Triwulan II Tahun 2017. Jurnal Kesmas UNDIP.




DOI: http://dx.doi.org/10.33757/jik.v4i2.308

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.33757/jik.v4i2.308.g136

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


E-ISSN : 2597-8594 (Online) P-ISSN : 2580-930X (Cetak)
Publish by STIKes Alifah Padang
Jl. Khatib Sulaiman No 52 B Kota Padang. Telp 0751-7059849. Fax 0751-7059849. Website: www.stikesalifah.ac.id
Email : jik.alifah@gmail.com
Creative Commons License
This JIK Jurnal Ilmu Kesehatan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.