Gaya Kepemimpinan dengan Kejadian Bullying Perawat

Rachmawaty M. Noer, Raja Mizlinovriana, Mira Agusthya

Abstract


Kualitas dari sumber daya manusia sangat  berhubungan dengan pemberian pelayanan kesehatan baik itu di rumah sakit, puskesmas atau klinik-klink adalah tenaga keperawatan/perawat. Namun dalam menjalankan tugasnya di pelayanan kesehatan, perawat sering menerima bullying yang dapat menimbulkan gangguan baik psikis maupun gangguan fisik yang akan berpengaruh pada kualitas pelayanan keperawatan di rumah sakit. Salah satu faktor yang berhubungan dengan bullying adalah gaya kepemimpinan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan gaya kepemimpinan dengan kejadian bullying pada perawat di tempat kerja. Metode Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan cross sectional. Penelitian ini menggunakan instrument, dengan jumlah sampel  penelitian ini sebanyak 30 orang perawat dalam dua Puskesmas .Hasil Penelitian Ini di dapatkan Lebih dari sebagian 70 % para paerawat megalami  kejadian bullying dan mengalami  kepemimpinan otoriter sebesar  67 %. Dalam hal ini hasil uji chisquare yang dilakukan telah di dapat ada hubungan yang signifikan antara bullying dengan Kepemimpinan Otoriter. Dengan nilai  signifikan  p<0,05 yaitu =0,002.  Disarankan untuk setiap pemimpin setiap institusi puskesmas untuk dapat memimpin secara professional  dan mengayomi setiap karyawannya,serta harus menyelidiki penyebab terjadinya tindakan bullying dalam dunia kesehatan terutama keperawatan,sehingga tindakan bullying ini tidak terjadi  demi kelancaran dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab pekerjaan.

Kata Kunci: Perawat, Bullying, Kepemimpinan


Keywords


Perawat, Bullying, Kepemimpinan

Full Text:

PDF

References


Anusiewicz. (2019). Work Place Bullying and Newly Licensed Registered Nurses An Evolutionary Concept Analysis.

Asegid. (2014). Factors Influencing Job Satisfaction and Anticipated Turnover among Nurses in Sidama Zone Public Health Facilities, South Ethiopia. .

Garnita. (2014). Pengaruh Job Embeddedness dan Kepuasan Kerja Terhadap Turnover Intention. E-Jumal Manajemen Universitas Udayana. .

Hampton. (2019). Experience of nursing leaders with workplace bullying and how to best cope. Journal of Nursing Management, .

Johnson. (2019). Workplace bullying, biased behaviours and performance review in the nursing profession: A qualitative study. Journal of Clinical Nursing,.

Lindely. (2017). ). Nurse knowledge, work environment, and turnover in highly specialized pediatric end-of-life care.

Mardhatillah. (2017). Hubungan Behan Kerja Perawat Dengan Pelaksanaan Pendokumentasian Asuhan Keperawatan Di Ruang Rawat inap Penyakit Dalam, Bedah, Dan Saraf Rsud Dokter Soedarso Pontianak.

Moorhead. (2013). Perilaku Organisasi. Jakarta: Salemba Empat.

Noer, R. M. (2020). Analysis of Negative Behaviour in Nursing Workplace and The Impact. Jurnal Midpro, 33-40.

Parchment, J. (2019). The incidence of workplace bullying and related environmental factors among nurse managers. Journal of Nursing Administration,.

Petuji. (2014). Exploring Workplace Bullying in Nursing. 6–11.

S, S. (2017). Analisis Pengaruh Locus of Control Dan Stres Kerja Terhadap Kinerja Pegawai. .

Sakul, A. (2018). Pengaruh kepuasan kerja, beban kerja dan komitmen organisasi terhadap turnover intention perawat RS. Bhayangkara TK. III Menado.

Sugiono. (2015). Metodelogi Penelitian Kesehatan.

Syahronica. (2015). Pengaruh Kepuasan Kerja Dan Stres Kerja Terhadap Turnover Intention (Studi Pada Karyawan Departemen Dunia Fantasi PT Pembangunan Jaya Ancol, Tbk). .




DOI: http://dx.doi.org/10.33757/jik.v5i1.337

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 JIK JURNAL ILMU KESEHATAN

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


E-ISSN : 2597-8594 (Online) P-ISSN : 2580-930X (Cetak)
Publish by STIKes Alifah Padang
Jl. Khatib Sulaiman No 52 B Kota Padang. Telp 0751-7059849. Fax 0751-7059849. Website: www.stikesalifah.ac.id
Email : jik@stikesalifah.ac.id