Studi Fenomenologi: Pengalaman Mahasiswa Keperawatan Tentang Pembelajaran Daring dalam Situasi Penyakit COVID-19 Tahun 2020

Muthmainnah Muthmainnah, Yuanita Ananda, Zifriyanthi Minanda P

Abstract


Coronavirus Disease (COVID-19) merupakan penyakit menular yang ditimbulkan dari jenis virus corona dan sangat mudah berpindah dari satu manusia ke manusia lain. Harapan tentang penguasaan kesehatan masyarakat dapat mengontrol risiko kematian penyakit COVID-19 dan penyebaran virus tersebut. Pencegahan virus corona dengan memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan. Physical Distancing diterapkan di kampus Fakultas Keperawatan Universitas Andalas dengan pembelajaran mahasiswa yang dilakukan secara daring. Pembelajaran daring yang dilaksanakan meliputi teori dan praktikum bagi mahasiswa sarjana dan pasca sarjana serta profesi bagi mahasiswa ners. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran makna dan arti pengalaman mahasiswa keperawatan tentang pembelajaran daring dalam situasi penyakit pandemi COVID-19 tahun 2020. Sebanyak tujuh mahasiswa yang mengikuti pembelajaran daring paling lama tiga bulan berpartisipasi dalam penelitian fenomenologi deskriptif ini melalui wawancara mendalam. Partisipan diperoleh melalui purposive sampling. Data dianalisis dengan metode Collaizi. Hasil penelitian menemukan empat tema, yaitu (1) Makna pembelajaran daring; 2) Kebahagiaan Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi; 3) Hambatan yang ditemui selama proses pembelajaran daring; 4) Perubahan pemahaman materi dalam proses pembelajaran daring. Hasil ini memberikan gambaran pentingnya dosen memberikan perkuliahan dengan metode yang menarik bagi mahasiswa untuk menghindari rasa jenuh. Diperlukan penelitian selanjutnya tentang pengaruh pembelajaran daring dengan nilai IP yang diperoleh mahasiswa.

Kata Kunci: Covid-19, Keperawatan, Mahasiswa, Pembelajaran Daring


Keywords


Covid-19, Keperawatan, Mahasiswa, Pembelajaran Daring

Full Text:

PDF

References


Abel, T., & McQueen, D. (2020). Critical health literacy and the COVID-19 crisis. Health Promotion International, 35(6), 1612–1613. https://doi.org/10.1093/heapro/daaa040

Anugrahana, A. (2020). Hambatan, Solusi dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(3), 282–289. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i3.p282-289

Firman, F., & Rahayu, S. (2020). Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 2(2), 81–89. https://doi.org/10.31605/ijes.v2i2.659

FKEP UNAND. (2020). Visi, Misi dan Tujuan Fakultas. https://fkep.unand.ac.id/en/profil/visi-misi-tujuan

Kemenkes. (2020). Kesiapsiagaan Menghadapi Infeksi Covid 19. https://www.kemkes.go.id/

Khusniyah, N. L., & Hakim, L. (2019). Efektivitas Pembelajaran Berbasis Daring: Sebuah Bukti Pada Pembelajaran Bahasa Inggris. Jurnal Tatsqif, 17(1), 19–33. https://doi.org/10.20414/jtq.v17i1.667

Nguyen, T. (2015). The Effectiveness of Online Learning: Beyond No Significant Difference and Future Horizons. MERLOT Journal of Online Learning and Teaching, 11(2), 309–319.

Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. Biodik, 6(2), 109–119. https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9759

Samir Abou El-Seoud, M., Taj-Eddin, I. A. T. F., Seddiek, N., El-Khouly, M. M., & Nosseir, A. (2014). E-learning and students’ motivation: A research study on the effect of e-learning on higher education. International Journal of Emerging Technologies in Learning, 9(4), 20–26. https://doi.org/10.3991/ijet.v9i4.3465

Setyowati. (2016). Data Collection Methods and (Issue February, pp. 1–8).

Sun, A., & Chen, X. (2016). Online education and its effective practice: A research review. Journal of Information Technology Education: Research, 15(2016), 157–190. https://doi.org/10.28945/3502

UNAND. (2020). Rektor UNAND Keluarkan Edaran Terbaru Terkait Corona 19. https://www.unand.ac.id/id/berita-peristiwa/berita/item/3540-edaran-rektor-terbaru-corona-virus-disease-19-unand.html

WHO. (2021). Widget_Iframe. https://www.who.int/emergencies/diseases/novel-coronavirus-2019?gclid=Cj0KCQjw4ImEBhDFARIsAGOTMj99Jr73bU_kP8yE3CcEBWIh_pbU2LtMI6j94T-xIfhOoED4I_i3ZnYaAi8uEALw_wcB

Wida, S. (2020). Respon Mahasiswa Pada Mata Kuliah Daring. Child Education Journal, 2(1), 48–52. https://doi.org/10.33086/cej.v2i1.1506




DOI: http://dx.doi.org/10.33757/jik.v5i1.357

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 JIK JURNAL ILMU KESEHATAN

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


E-ISSN : 2597-8594 (Online) P-ISSN : 2580-930X (Cetak)
Publish by STIKes Alifah Padang
Jl. Khatib Sulaiman No 52 B Kota Padang. Telp 0751-7059849. Fax 0751-7059849. Website: www.stikesalifah.ac.id
Email : jik@stikesalifah.ac.id