Pengaruh Aromaterapi Campuran Ekstrak Jahe (Zingiber Officinale) dan Lemon (Citrus Limon) Terhadap Penurunan Emesis Gravidarum pada Ibu Hamil Trimester I di Wilayah Kerja Puskesmas Pauh Padang

Saifrima Yunis, Mahdalena Prihatin Ningsih, Nike S. Oktavia

Abstract


Mual muntah terjadi pada 60-80% primigravida dan 40-60% pada multigravida. Jika emesis tidak dicegah maka akan berlanjut menjadi hiperemesis. Penatalaksanaan mual dan muntah pada kehamilan tergantung pada beratnya gejala.Aromaterapi merupakan terapi komplementer yang aman dan dapat diberikan secara mandiri oleh bidan. Aromaterapi campuran ekstrak jahe dan lemon memyebabkan efek segar dan memblokir muntah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh aromaterapi campuran ekstrak jahe (Zingiber Officinale) dan lemon (Citrus Limon) terhadap penurunan emesis gravidarum pada ibu hamil trimester I.

Penelitian ini merupakan penelitian pra-experiment dengan rancangan one group pretest-posttest. Pengumpulan data dilaksanakan mulai bulan April-Mei 2020.Populasi dari penelitian ini adalah ibu hamil trimester I yang ada diwilayah kerja Puskesmas Pauh Kota Padang pada bulan Maret 2020 sebanyak 86 orang, dengan rumus pengambilan sampel menggunakan rumus Roscoe, jumlah sampel yang diambil sebanyak 10 orang. Teknik pengambilan sampel secara purposive sampling. Data dikumpulkan dengan metode observasi dan wawancara, diolah secara manual dan komputerisasi serta dianalisis secara univariat dan bivariat menggunakan uji Paired Sample T-Test.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata emesis gravidarum sebelum perlakuan adalah 6,9 dan rata-rata emesis gravidarum setelah perlakuan adalah 3,1. Ada pengaruh aromaterapi ekstrak jahe dan lemon terhadap penurunan emesis gravidarum pada ibu hamil trimester I (p value=0,000).

Simpulan Penelitian ini adalah ada pengaruh aromaterapi ekstrak jahe dan lemon terhadap pengurangan emesis gravidarum pada ibu hamil trimester I di wilayah kerja Puskesmas Pauh padang tahun 2020. Diharapkan hasil penelitian ini bisa dijadikan sebagai alternatif bagi ibu hamil trimester I untuk mengurangi mual muntah yang dialaminya dan tenaga kesehatan dalam memberikan terapi non farmakologik untuk mengurangi emesis gravidarum.

 

Kata Kunci : Emesis Gravidarum, Aromaterapi, Jahe, lemon


Keywords


Emesis Gravidarum, Aromaterapi, Jahe, lemon

Full Text:

PDF

References


Astriana, Putri RD, Aprilia H. (2015). Pengaruh Lemon Inhalasi Aromaterapi Terhadap Penurunan Mual di BPS Varia Mega Lestari, S.ST, M.Kes Batupuru Kecamatan Natar Kabupaten Lampung Selatan Tahun 2015.http://ejurnalmalahayati.ac.id/index.php/kebidanan/article/download/560/494.

Berkeley. (2008). Essential Oils and Aromatherapy. California: Sonoma press

Editorial M. (2019). Referensi Obat. Singapore: MIMS pte L.td

Herni K. (2019). Pengaruh Pemberian Aromaterapi Jahe Terhadap Mual Muntah pada Ibu Hamil Trimester I. J Ris Kesehat. http://jurikes.com/ojs/index.php/jrk/article/view/617.

Jordan S. (2003). Farmakologi Kebidanan. Jakarta: EGC

Kurniasari F. (2017) Pemanfaatan Aromaterapi Pada Berbagai Produk. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat;1.http:/ejurnal.setiabudi.ac.id/ojs/index.php/dimasbudi/article/view/511.

Lee NM. 2011. Nausea and Vomiting of Pregnancy. Gastroenterol Clin North Am. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3676933.

Manuaba IB. (2009). Buku Ajar Patologi Obstetri. Jakarta: EGC

Manuaba IB.(2010). Ilmu Kebidanan, Penyakit Kandungan Dan KB Untuk Pendidikan Bidan Edisi 2. Jakarta: EGC;

Rinata E, Ardillah FR. (2017). Penanganan Emesis Gravidarum Pada Ibu Hamil di BPM Nunik Kustantinna Tulangan _ Sidoarjo. http://eprints.umsida.ac.id/265.

Rofi"ah S. (2019) Efektivitas Aromaterapi Lemon untuk Mengatasi Emesis Gravidarum. Jurnal Kebidanan. http://ejournal.poltekkessmg.ac.id/ojs/index.php/jurkeb/article/view/3814k.

Tiran D. (2009). Mual Muntah Dalam Kehamilan. Jakarta: EGC

West Z. (2010). Natural Pregnancy Panduan Lengkap Menjalani Kehamilan Secara Alamiah. Jakarta: Pustaka Bunda;

Winkjosastro H. (2014) Ilmu Kebidanan Jakarta: Yayasan Bina Pustaka Sarwono Prawirohardjo

Wiraharja RS, et al. (2011). Kegunaan Jahe Untuk Mengatasi Gejala Mual dalam Kehamilan. Damianus J Med.htpp://ojs.atmajaya.ac.id/index.php/damianus/article/view/273/225.

Yin WL (2018). Effectiveness of Arometherapy in Relieving Postoperative Nausea dan Vomiting for Adult Patients in Post Anasthesia Care Unit (PACU). htpp://nursing.hku.hk.




DOI: http://dx.doi.org/10.33757/jik.v5i1.363

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 JIK JURNAL ILMU KESEHATAN

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


E-ISSN : 2597-8594 (Online) P-ISSN : 2580-930X (Cetak)
Publish by STIKes Alifah Padang
Jl. Khatib Sulaiman No 52 B Kota Padang. Telp 0751-7059849. Fax 0751-7059849. Website: www.stikesalifah.ac.id
Email : jik@stikesalifah.ac.id