Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Kinerja Bidan dalam Memberikan Pelayanan Kehamilan

Aldina Ayunda Insani, Fitrayeni Fitrayeni, Uliy Iffah

Abstract


Angka Kematian Ibu (AKI) masih tergolong tinggi, menjadi salah satu masalah kesehatan ibu. Salah satu upaya untuk menguranginyadalah pemberian asuhan kebidanan yang berkualitas sesuai standar pelayanan kebidanan yaitu 24 standar. Pelayanan kesehatan selama kehamilan (ANC) adalah pemeriksaan rutin ibu hamil oleh tenaga kesehatan selama masa kehamilannya, sesuai Standar Pelayanan Kebidanan (SPK), dapat menilai tingkat kinerja klinis bidan dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya. Tujuan penelitian untuk mengetahui faktor – faktor yang berhubungan  dengan kinerja bidan dalam memberikan pelayanan kehamilan di wilayah kerja Puskesmas Andalas Kota Padang Tahun 2020. Jenis penelitian adalah mixed methods. Penelitian kuantitatif menggunakan desain cross sectional dan penelitian kualitatif dilakukan untuk menggali informasi mendalam mengenai pelayanan kehamilan oleh bidan. Instrumen pengumpulan data pada penelitian adalah kuesioner, pedoman wawancara dan telaah dokumen serta alat bantu lain berupa alat pencatat, kamera dan alat perekam. Berdasarkan hasil uji statistic menunjukkan 68,4% responden memiliki kinerja yang baik dalam memberikan pelayanan kehamilan. Hasil analisis bivariat menunjukkan tidak terdapat hubungan antara sikap (p=0,628) dan kompetensi (p=0,605) dengan kinerja bidan dalam memberikan pelayanan kehamilan. Mayoritas bidan sudah memberikan pelayanan kehamilan sesuai standar pelayanan maksimal. Implementasi pelayanan kehamilan oleh bidan berdasarkan presepsi informan yakni pelayanan kehamilan yang diberikan bidan sudah sesuai standar pelayanan maksimal. 

 

Kata Kunci : Pelayanan Kehamilan, Kinerja, Sikap,  Kompetensi


Keywords


Pelayanan Kehamilan, Kinerja, Sikap, Kompetensi

Full Text:

PDF

References


Ainy, Q., Khoiri, A., & Herawati, Y. T. (2016). Analisis Faktor yang Berhubungan dengan Kinerja Bidan dalam Pelayanan Antenatal Care di Wilayah Puskesmas Kabupaten Jember Tahun 2015 ( Analysis Of Factors Related To Midwifes Performance On Antenatal Care Services In Jember Districk Health Center Area In. 2015.

BKKBN, BPS, Kemenkes, U. (2018). . Survei Demografi dan Kesehatan Indonesia.

Dharma, S. (2018). Manajemen Kinerja.

Dinas Kesehatan Kota Padang. (2020). Profil Kesehatan Kota Padang Tahun 2019.

Elsi. (2016). Analisis Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Kinerja Bidan di Puskesmas dalam Pelayanan Antenatal Care (ANC) di Kabupaten Agam.

Kemenkes RI. (2020). Pedoman pelayanan antenatal, persalinan, nifas, dan bayi baru lahir di Era Adaptasi Baru.

Nurjasmi, E. (2020). Situasi Pelayanan Kebidanan pada Masa Pandemi COVID-19. Ibi.or.Id, 1–32. https://www.ibi.or.id/id/article_view/A20200611001/unduh-materi-webinar-ibi-usaid-jalin-seri-5-10-juni-2020.html

profil kesehatan indonesia. (2018). Provil Kesehatan Indonesia 2018 (Vol. 1227, Issue July). https://doi.org/10.1002/qj

Sobirin, A. (2014). Konsep dasar kinerja dan manajemen kinerja. Manajemen Kinerja. Jakarta: Universitas Terbuka.

Sriyanti, C. (2016). Mutu Layanan Kebidanan dan Kebijakan Kesehatan. Jakarta Selatan: Pusdik SDM Kesehatan.

World Health Organization (WHO). (2016). WHO recommendations on antenatal care for a positive pregnancy experience.




DOI: http://dx.doi.org/10.33757/jik.v5i1.374

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 JIK JURNAL ILMU KESEHATAN

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


E-ISSN : 2597-8594 (Online) P-ISSN : 2580-930X (Cetak)
Publish by STIKes Alifah Padang
Jl. Khatib Sulaiman No 52 B Kota Padang. Telp 0751-7059849. Fax 0751-7059849. Website: www.stikesalifah.ac.id
Email : jik@stikesalifah.ac.id