Efektifitas Metode Pembelajaran Simulasi Online Terhadap Kompetensi Mahasiswa Dalam Perawatan Berfokus Keluarga

Defrima Oka Surya, Afrizal Afrizal

Abstract


Pembelajaran keperawatan keluarga merupakan salah satu pendidikan keilmuan inti keperawatan. Pada saat kondisi pandemi COVID-19, metode pembelajaran dimodifikasi menjadi pembelajaran daring sehingga hal ini mempengaruhi pencapaian kompetensi mahasiswa khususnya dalam keperawatan keluarga. Penerapan metode simulasi pada umumnya digunakan pada pembelajaran klinis dan minim dimanfaatkan pada saat pembelajaran keperawatan keluarga. Simulasi online dengan menghadirkan keluarga di ruang zoom dalam praktik keperawatan keluarga diharapkan mampu meningkatkan kemampuan psikomotor, komunikasi, kemampuan pengambilan keputusan, dan nilai-nilai perilaku mahasiswa. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas metode pembelajaran simulasi online terhadap kompetensi mahasiswa dalam perawatan berfokus keluarga pada praktik keperawatan keluarga. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain quasi experiment dengan pendekatan pre dan post without control group design. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik consecutive sampling dengan besar sampel 10 orang. Kriteria inklusi penelitian adalah bersedia menjadi responden penelitian, mahasiswa mengambil mata kuliah keperawatan gerontik dan melakukan asuhan keperawatan lansia dalam keluarga. Hasil penelitian dianalisis menggunakan paired T-test karena data berdistribusi normal. Hasil penelitian ditemukan efektifitas metode pembelajaran simulasi online terhadap kompetensi mahasiswa dalam perawatan berfokus keluarga dengan p=0,00 (p<0,05). Dosen keperawatan dapat menerapkan simulasi sebagai salah satu metode  pembelajaran  sebagai  strategi  untuk  meningkatkan kompetensi mahasiswa dalam praktik keperawatan berfokus keluarga.


Keywords


simulasi ;keperawatan keluarga ; kompetensi mahasiswa

Full Text:

PDF

References


Allender, J.A., Rector, C.,& Warner, K.D. (2014).Community & Public Health Nursing Promoting The Public’s Health(8th ed.). Philadelphia: Lippincott Williams & Wilkins

Benner, P., Sutphen, M., Leonard, V., & Day, L. (2010). Educating nurses: A call for radical transformation. Washington, DC: CarnegieFoundation.

Dahlan, M. S. (2013). Besar sampel dan cara pengambilan sampel dalam penelitian kedokteran dan kesehatan. Jakarta: Salemba Medika.

Denham, S. A. (2016). Moving to family-focused care. In Denham, S. A., Eggenberger, P., Young, P., & Krumwiede, N. (Eds.), Family-focused nursing care. Philadelphia, PA: F.A. Davis. (pp. 116).

Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan DIKTI. (2014).Buku kurikulum pendidikan tinggi. Jakarta: DIKTI

Eggenberger, Sandra & Regan, Mary (2012), Expanding Simulation to Teach Family Nursing. Journal of Nursing Education. SLACK Incorporated.

Friedman, M.M., Bowden, V.R., & Jones, E.G. (2013). Keperawatan keluarga: riset, teori dan praktik (editor: Estu Tiar). New Jersey: Pearson Education.

Gaberson, Kathleen & Oermann, Marylin (2014), Clinical Teaching Streategies in Nursing. New York. Springer Publishing Company.

Hayden, J. K., Smiley, R. A., Alexander, M., Kardong-Edgren, S., &Jeffries, P. R. (2014). The NCSBN National Simulation Study: A longitudinal,randomized, controlled study, replacing clinical hours withsimulation in prelicensure nursing education. Journal of Nursing Education,5(2), S3-S64.

Jeffries, P. (2012). Simulation in nursing education: From conceptualization to evaluation.New York,NY: National League for Nursing.

Lane, D.S. and VSR. Defining competencies and performance indicators for physicians in medical management. Am J Prev Med. 1998;14:229–36.

Maris, J.,& Scallan, S (2012). High Fidelity Trainee Simulation to Improve Trainee Performances. The Clinical Teacher. Blackwell Publishing.

National Research Council (NRC). (2011). The future of nursing: Leadingchange, advancing health. Washington, DC: The National AcademiesPress. Retrieved from www.nap.edu/catalog.php?record_id¼12956.

Oermann, Marylin & Gaberson, Kathleen (2014), Evaluation and Testing In Nursing Education. New York. Springer Publishing Company.

Scheckel, Martha. (2016). Nursing education: Past, present, future. Retrieved from http://www.jblearning.com/samples/0763752258/52258_CH02_Roux.pdf

Sheahan, L., While, E., & Bloomfield, J. (2015). An exploratory trial exploring the use of a multiple intelligences teaching approach (MITA) for teaching clinical skills to first year undergraduate

Stanhope, M. & Lancaster, J. (2016). Public health nursing population centered health care in the community(9th ed.)Missouri: Elsevier

Sukmadinata N. S. & Syaodih, E. (2012). Kurikulum dan Pembelajaran Kompetensi. Bandung: Refika Aditama;

Van Gelderen, S., Krumwiede, N., & Christian, A. (2016). Teaching family nursing through simulation: family-care rubric development. Clinical Simulation in Nursing, 12(5), 159-170. http://dx.doi.org/10.1016/j.ecns.2016.01.002

Zavertnik, Jean, Huff, Tanya, & Munro, Cindy (2012). Innovative Approach to Teaching Communication Skills to Nursing Student. Journal Nursing Education. SLACK Incorporated.




DOI: http://dx.doi.org/10.33757/jik.v5i1.382

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 JIK JURNAL ILMU KESEHATAN

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


E-ISSN : 2597-8594 (Online) P-ISSN : 2580-930X (Cetak)
Publish by STIKes Alifah Padang
Jl. Khatib Sulaiman No 52 B Kota Padang. Telp 0751-7059849. Fax 0751-7059849. Website: www.stikesalifah.ac.id
Email : jik@stikesalifah.ac.id