Determinan Perilaku Safety Riding Pengemudi Ojek Daring di Kota Jambi

Muhammad Syukri Syukri, Atikah Rahmah, Guspianto Guspianto, Faisal Faisal

Abstract


Perilaku safety riding merupakan upaya pencegahan resiko dan menekan angka kecelakaan lalu lintas. Banyak faktor yang mempengaruhi perilaku safety riding. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui faktor yang berhubungan dengan perilaku safety riding pada pengemudi ojek daring di Kota Jambi. Penelitian ini menggunakan desain cross sectional. Populasi adalah seluruh pengemudi ojek daring di Kota Jambi. Jumlah sampel adalah 115 pengemudi yang diambil menggunakan teknik accidental sampling. Pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner yang sudah diuji validitas dan reliabilitas. Hasil penelitian menunjukkan 56,6% pengemudi ojek daring berperilaku berkendara tidak aman. Faktor yang berhubungan dengan perilaku safety riding yaitu pengetahuan (PR=2,865; 95% CI=1,038-7,904), sikap (PR=2,356; 95% CI= 1,435-3,866), ketersediaan APD (PR=2,133; 95% CI=1,322-3,418). Faktor yang tidak berhubungan dengan perilaku safety riding yaitu pengalaman kecelakaan, pengalaman ditilang, dan kondisi sepeda motor. Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat hubungan pengetahuan, sikap, dan ketersediaan APD dengan perilaku safety riding pada pengemudi ojek daring di Kota Jambi.

 


Keywords


Determinan, Perilaku Safety Riding, Ojek daring

Full Text:

PDF

References


Anindhita, W., Arisanty, M., & Rahmawati, D. (2016). Analisis penerapan teknologi komunikasi tepat guna pada bisnis transportasi online. Indocompac, 2, 712–729.

Ardi, S. Z., Arianto, M. E., & Nurdjannah, S. (2019). Pelatihan safety riding dan pembentukan perilaku sahara (sadar bahaya berkendara) pada siswa SMK Muhammadiyah 3 Kota Yogyakarta. Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan, September, 663–668.

Ariwibowo, R. (2013). Hubungan Antara Umur, Tingkat Pendidikan, Pengetahuan, Sikap terhadap Praktik Safety Riding Awareness pada Pengendara Ojek Sepeda Motor di Kecamatan Banyumanik. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 2(1), 1–10. http://ejournals1.undip.ac.id/index.php/jkm

Asmelya, E. P. (2017). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Perilaku Aman Berkendara (Safety Riding) Pada Mahasiswa Stie Sakti Alam Kerinci Kabupaten Kerinci Tahun 2017. Skripsi.

Aulia, S. N., Kurniawan, B., & Wahyuni, I. (2020). Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Perilaku Safety Riding Driver Ojek Online di Kota Semarang. Jurnal Kesehatan Masyarakat (e-Journal), 8(5), 625–631.

Axiery, R., Ginanjar, R., & Listyandini, R. (2019). Investigasi Kecelakaan Lalu Lintas pada Pengemudi Ojek Online di Kota Bogor Tahun 2019. Promotor (Jurnal Mahasiswa Kesehatan Masyarakat)., 2(6), 479–484. http://ejournal.uika-bogor.ac.id/index.php/PROMOTOR/article/view/3138

Aziz, C. P. (2020). Faktor dalam Perilaku Safety Riding yang Dapat Mengakibatkan Kecelakaan Lalu Lintas Pada Pengendara Ojek Online: Sebuah Kajian Literatur [Universitas Muhammadyah Surakarta]. http://eprints.ums.ac.id/85953/10/Artikel Chandra J410160023.pdf

Badan Pusat Statistik. (2018). Jumlah Kecelakaan, Korban Mati, Luka Berat, Luka Ringan, dan Kerugian Materi 2016-2018. https://www.bps.go.id/indicator/17/513/1/jumlah-kecelakaan-korban-mati-luka-berat-luka-ringan-dan-kerugian-materi.html

Dalimunthe, I. P., & Nofryanti. (2020). Perspektif Masyarakat Pengguna Jalan Atas Ojek Online : Sudut Pandang Kemacetan. Media Ekonomi, 20(1), 16–25. http://jurnalnasional.ump.ac.id/index.php/MEDEK/article/view/9513

Green, L. W. . (1984). Modifying and Developing Health Behaviour. Annual Review of Public Health, 5, 215. https://doi.org/10.1146/annurev.pu.05.050184.001243 %0A%0A

JEKTV. (2020). Angka Kecelakaan di Provinsi Jambi Meningkat. https://www.jektv.co.id/read/2019/12/30/461/angka-kecelakaan-di-provinsi-jambi-meningkat

Jusuf, A., Nurprasetio, I. P., & Prihutama, A. (2017). Macro data analysis of traffic accidents in Indonesia. Journal of Engineering and Technological Sciences, 49(1), 133–144. https://doi.org/10.5614/j.eng.technol.sci.2017.49.1.8

Kemenkes. (2018). Hasil Utama Riset Kesehata Dasar (RISKESDAS). 44(8), 1–200. https://doi.org/10.1088/1751-8113/44/8/085201

Kemp, S. (2020). Digital 2020: Global Digital Overview. Https://Wearesocial.Com/Blog/2020/01/Digital-2020-3-8-Billion-People-Use-Social-Media. https://wearesocial.com/digital-2020

Kurniati, N. L. W. R. (2017). Pengaruh Disiplin Pengendara Sepeda Motor, Kondisi Sepeda Motor dan Jalan Terhadap Keselamatan Berlalu Lintas di Kota Bogor Tahun 2016 (Survei Jalan Raya Tajur). Jurnal Penelitian Transportasi Darat, 19(3), 195–204. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Maharani, D. (2016). Faktor-faktor yang berhubungan dengan perilaku remaja berkendara sepeda motor disepanjang ruas jalan Matraman-Rawamangun, Jakarta Timur Tahun 2016. In Kesehatan Masyarakat. Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Manurung, J., Sitorus, M. E., & Rinaldi. (2019). Faktor yang Berhubungan dengan Perilaku Safety Riding Pengemudi Ojek Online (GoJek) di Kota Medan Sumatera Utara. Jurnal STIKes Sitihajar, 1(2), 91–99.

Mar’ati, N. C. (2016). Pengaruh Kualitas Layanan dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Jasa Transportasi Ojek Online (Studi Pada Konsumen Gojek di Surabaya). Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 4(3), 1–12.

Marsaid, Hidayat, M., & Ahsan. (2013). Faktor yang Berhubungan dengan Kejadian Kecelakaan Lalu Lintas pada Pengendara Sepeda Motor di Wilayah Polres Kabupaten Malang. Jurnal Ilmu Keperawatan, 1(2), 98–112. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.11606/issn.2176-7262.v49i5p475-482

Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 12 Tahun 2019, Mentri Perhubungan Republik Indonesia 13 (2019).

Notoatmodjo, S. (2010a). Ilmu Perilaku Kesehatan. Rineka Cipta.

Notoatmodjo, S. (2010b). Promosi Kesehatan Teori dan Aplikasi (Revisi 201). Rineka Cipta.

Polres Jambi. (2020). Laka lantas Polres Jambi 2019.

Prima, D. W., Kurniawan, B., & Ekawati. (2016). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Terhadap Perilaku Safety Riding Pada Mahasiswa Fakultas X Universitas Diponegoro. Jurnal Kesehatan Masyarakat (e-Journal), 3(3), 370–381.

Qurotulaeni. (2016). Faktor Yang Berhubungan Dengan Perilaku Safety Riding Pada Mahasiswa Kesehatan Masyarakat Sebagai Pengendara Sepeda Motor. Skripsi Kesehatan Masyarakat, 1–14.

Subdirektorat Statistik Transportasi. (2018). Statistik Transportasi Darat 2018. Bada Pusat Statistik Republik Indonesia, 1, 72.

Sutja A, I. (2019). Analisis Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Safety Riding Awareness Pada Pengendara Ojek Online di Kota Palembang [Fakulltas Kesehatan Masyarakat Universitas Sriwijaya]. https://repository.unsri.ac.id/3241/2/RAMA_13201_10011381419225_8856630017_01_front_ref.pdf

Taroreh, Y. V, Pinontoan, O. R., & South, L. F. (2019). Hubungan Antara Pengetahuan dan Sikap dengan Tindakan Safety Riding pada Komunitas Motor Honda CBR Manado Community (CMC). Kesmas, 8(4), 37–42.

WHO. (2018). Global Status Report on Road Safety 2018. In World Health Organization.

Widiyawati, N. (2018). Hubungan Tingkat Pengetahuan dengan Perilaku Safety Riding Pada Pengendara Ojek Online di Surakarta. Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2, 6–11. http://eprints.ums.ac.id/61374/1/NASKAH PUBLIKASI.pdf

Wulandari, S., Jayanti, S., & Widjasena, B. (2017). Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Perilaku Berkendara Aman (SAFETY RIDING) pada Kurir Pos Sepeda Motor di PT. POS Indonesia Cabang Erlangga Semarang. Jurnal Kesehatan Masyarakat (e-Journal), 5(5), 346–355.




DOI: http://dx.doi.org/10.33757/jik.v5i1.383

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.33757/jik.v5i1.383.g163

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


E-ISSN : 2597-8594 (Online) P-ISSN : 2580-930X (Cetak)
Publish by STIKes Alifah Padang
Jl. Khatib Sulaiman No 52 B Kota Padang. Telp 0751-7059849. Fax 0751-7059849. Website: www.stikesalifah.ac.id
Email : jik.alifah@gmail.com
Creative Commons License
This JIK Jurnal Ilmu Kesehatan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.