Analisis Faktor Penyebab Terjadinya Kekerasan Terhadap Remaja Di Kota Padang Tahun 2020

Lailatul Husni, Firdawati Firdawati, Abdiana Abdiana

Abstract


Kekerasan  terhadap remaja merupakan isu di semua negara baik itu di negara berkembang maupun negara maju dan harus segera diatasi. Komitmen dunia dalam mengatasi masalah kekerasan terhadap anak terdapat di dalam beberapa target pada Tujuan Pembangunan Berkelanjutan ( Sustanable Development Goals) dan didukung oleh target-target lainnya yang secara tidak langsung mendukung penghapusan kekerasan terhadap anak. Masa remaja (adolescence) merupakan masa pergantian  dari anak-anak menuju dewasa yang mencakup kematangan mental, emosional, dan fisik. Kebanyakan remaja mengalami kekerasan fisik, seksual dan psikologis baik itu di rumah maupun di sekolah, dalam sistem perawatan dan peradilan, di tempat-tempat kerja dan di komunitas mereka. Hal ini memiliki konsekuensi yang menghancurkan bagi kesehatan dan kesejahteraan mereka. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor penyebab tindakan kekerasan pada remaja di Kota Padang. Jenis penelitian adalah kuantitatif dengan desain cross sectional.  Populasi dalam penelitian ini adalah siswa – siswi SMA yang diambil dari SMA di tiga Kecamatan di Kota Padang yaitu SMA Negeri 4 Kecamatan Lubuk Begalung,  SMA Negeri 8 Kecamatan Koto Tangah, dan SMK Swasta Nasional Kecamatan Padang Barat dengan jumlah sampel 106 orang per sekolah. Hasil analisis kuantitatif menunjukkan bahwa yang berhubungan dengan faktor penyebab terjadinya kekerasan terhadap remaja adalah pengetahuan p = 0,009, pengalaman p = 0,000, dan lingkungan p = 0,000. Tidak ada hubungan antara sikap p = 0,930 dan status ekonomi p = 0,673.

Kata Kunci : Kekerasan terhadap remaja, pengetahuan, sikap, pengalaman, lingkungan, status ekonomi.

Keywords


Kekerasan terhadap remaja, pengetahuan, sikap, pengalaman, lingkungan, status ekonomi.

Full Text:

PDF

References


Farhan, Z. D. (2018). Faktor-faktor yang melatarbelakangi orang tua melakukan verbal abuse pada anak usia sekolah 6-12 tahun di Kabupaten Garut. Jkm, vol 3 no 2.

Fisnawati.S. ( 2016). Hubungan Pengetahuan Dan Sikap Orang Tua Tentang Kesehatan Seksual Pada Remaja Dalam Pencegahan Kekerasan Seksual.

Fitriana. Y, Pratiwi. K, & Sutanto. A. V. (2015). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Perilaku Orang Tua Dalam Melakukan Kekerasan Verbal Terhadap Anak Usia Pra-Sekolah. Jurnal Psikologi Undip, 14.

Indanah, d. ( 2018.). Child Abuse. The 8th University Research Colloquium 2018Universitas Muhammadiyah Purwokerto.

KPAI. (2018). Laporan Kinerja KPAI - 2018. Jakarta.

KPPA. (2018). Statistik gender tematik. Jakarta.

Mardina, R. (2018). Kekerasan Terhadap Anak dan Remaja. Jakarta: Pusat Data dan Informasi Kementrian Kesehatan RI.

Mardiyati, I. (2015. ). Dampak Trauma Kekerasan Dalam Rumah Tangga Terhadap Perkembangan Psikis Anak. . Raheema: Jurnal Studi Gender dan Anak.

Soeli. Y. M, Djunaid. R, Rizky. A, & Rahman. D. (2019.). Analisis Faktor Yang berhubungan dengan Kejadian Perilaku Kekerasan Pada Remaja. Jambura Nursing Journal.

Sulistiyo, F. S. (2014.). Pengaruh Lingkungan Sekolah Dan Pengetahuan TerhadapPerilaku Kekerasan Di kalanganPelajar.

UPPA. (2018). Laporan pengaduan kekerasan anak. Padang: Kepolisian Resort Padang.

UPPA. (2019). Laporan pengaduan kekerasan anak. Padang: UPPA Polda Sumatera Barat.

Yulisetyaningrum dan Suwarto, T. (2018. ). Faktor – faktor Yang Mempengaruhi Orang Tua Melakukan Verbal Abuse Pada Anaknya Di Desa Surodadi Kecamatan Gajah Demak. STIKes PKU Muhammadiyah Surakarta., The 7th University Research Colloqium 2018.




DOI: http://dx.doi.org/10.33757/jik.v5i1.386

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 JIK JURNAL ILMU KESEHATAN

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


E-ISSN : 2597-8594 (Online) P-ISSN : 2580-930X (Cetak)
Publish by STIKes Alifah Padang
Jl. Khatib Sulaiman No 52 B Kota Padang. Telp 0751-7059849. Fax 0751-7059849. Website: www.stikesalifah.ac.id
Email : jik@stikesalifah.ac.id