Analisis Pengaruh Pelayanan Puskesmas Terhadap Kepuasan Pasien BPJS

Dinda Ayu Anggraeni, Agus Aan Adriansyah

Abstract


Kepuasan pasien pada suatu instansi merupakan satu elemen yang penting dalam mengevaluasi kualitas layanan dengan mengukur respon pasien setelah menerima jasa. Puskesmas merupakan pusat pelayanan kesehatan yang paling dekat dengan masyarakat juga menjadi bagian pelaksana program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang harus dijamin oleh Badan penyelenggara Jaminan sosial (BPJS). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pelayanan Puskesmas terhadap kepuasan pasien BPJS. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif menggunakan studi survei analitik dengan pendekatan cross sectional. Besar sampel pada penelitian ini sebanyak 116 pasien BPJS di Puskesmas Taman Sidoarjo. Penelitian dilakukan pada bulan Juli tahun 2021 dengan pengambilan sampel secara systematic random sampling. Data primer diperoleh melalui lembar kuesioner pada pasien. Analisis data menggunakan uji regresi logistik biner. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien p = 0,026. Indikator dari variabel kualitas pelayanan yang berpengaruh terhadap kepuasan adalah indikator tanggap dengan p-value 0,001 < α = 0.05 dan indikator kelengkapan dengan p-value 0,012 < α = 0.05. Kesimpulan, semakin baik kualitas pelayanan yang diberikan oleh Puskesmas maka akan membuat pasien merasakan kepuasan didalam memanfaatkan pelayanan. Saran yang direkomendasikan oleh peneliti adalah Puskesmas dapat meningkatkan kualitas pelayanan dengan menambahkan fasilitas penunjang seperti, jumlah kursi tunggu pasien, dan kipas angin.


Keywords


BPJS, Kepuasan, Pelayanan

Full Text:

PDF

References


Anfal, A. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Citra Rumah Sakit Terhadap Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap RS Umum Sundari Medan Tahun 2018. Excellent Midwifery Jounal, 3(2), 1–19.

Antina, L. R. (2016). Analisis Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Peserta BPJS Di Puskesmas Pandian Kabupaten Sumenep. JPAP: Jurnal Penelitian Administrasi Publik, 2, 526–276.

BPJS. (2014). Panduan Praktis Pelayanan Kesehatan. Jakarta: BPJS Kesehatan.

Isvandiari, A., & Idris, B. Al. (2018). Pengaruh Kepemimpinan Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Pt Central Capital Futures Cabang Malang. Jurnal Ilmiah Bisnis Dan Ekonomi Asia, 12(1), 17–22.

Krisnawati, T., Utami, N. W., & Lasri. (2017). Hubungan Kinerja Perawat dengan Kepuasan Pasien Ruang Rawat Inap di Rumah Sakit Panti Waluya Malang. Nursing News, 2(2), 314–320.

Lestari, D. Y. (2019). Pengaruh Pelayanan Terhadap Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan Laboratorium Rumah Sakit Univeritas Muhammadiyah Malang. Medica Arteriana (Med-Art), 1(2), 28. https://doi.org/10.26714/medart.1.2.2019.28-34

Natassa, J. (2020). Hubungan Mutu Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan Di Instalasi Radiologi Sentral Rsud Arifin Achmad Pekanbaru Tahun 2015. 3(2), 1–10.

Nugroho, H. A., & Aryati, S. (2009). Hubungan antara komunikasi terapeutik perawat dengan kepuasan pasien di Rumah Sakit lslam Kendal. Jurnal Keperawatan, 2(2), 36–41.

Ramadhan, B., Rahmiati, & Maulana, A. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Rumah Sakit Umum Cut Meutia Aceh Utara. 01(i), 314–322.

Rumengan, D. (2015). Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Pemanfaatan Pelayanan Kesehatan Pada Peserta BPJS Kesehatan di Puskesmas Paniki Bawah Kecamatan Mapanget Kota Manado. Ejournal Unsrat, 5(2), 88–100.

Saprilla, A. N. (2018). Pengaruh Responsiveness Perawat Dalam Praktik Komunikasi Terapeutik Terhadap Kepuasan Pasien Instalasi Rawat Inap Rsu Haji Surabaya. Jurnal Administrasi Kesehatan Indonesia, 6(2), 173-179

Siswadhi, F. (2016). Analisa Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kinerja Karyawan Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Kerinci Terhadap Kepuasan Masyarakat. Jurnal Benefita, 1(3), 177–190.

Supartiningsih, & Solichah. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Pada Rawat Jalan Rumah Sakit Sarila Husada Sragen. Jurnal Medicoeticolegal Dan Manajemen Rumah Sakit, 5(2), 9–15.

Tjiptono, F., & Georgeous, C. (2016). Service, Quality & Satisfaction. Yogyakarta: ANDI.

Widyantara, F. R., Sudjiono, S., & Arifin, M. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Pada Rumah Sakit Kusta Kediri. JIMEK : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi, 1(2), 225. https://doi.org/10.30737/jimek.v1i2.312




DOI: http://dx.doi.org/10.33757/jik.v6i1.467

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JIK JURNAL ILMU KESEHATAN

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


E-ISSN : 2597-8594 (Online) P-ISSN : 2580-930X (Cetak)
Publish by STIKes Alifah Padang
Jl. Khatib Sulaiman No 52 B Kota Padang. Telp 0751-7059849. Fax 0751-7059849. Website: www.stikesalifah.ac.id
Email : jik@stikesalifah.ac.id