Studi Komparatif Prestasi Belajar Praktikum Ilmu Dasar Keperawatan bagi Mahasiswa yang Daring dan Mahasiswa yang Hybrid di Era New Normal

Muthmainnah Muthmainnah, Rahmi Muthia, Susmiati Susmiati, Nelwati Nelwati

Abstract


WHO mencatat hingga awal November 2021 terdapat 248 juta orang menderita Covid-19 di 223 negara. Sebanyak 5,01 juta masyarakat yang terkena Covid-19 meninggal dunia. Kasus terkonfirmasi COVID-19 Provinsi Sumatera Barat sampai tanggal 2 November 2021 sebanyak 89 ribu orang. Menuju era new normal, perlu adanya akselerasi menormalkan kehidupan kampus dengan mengkombinasikan pembelajaran daring dan luring (hybrid learning) termasuk mahasiswa keperawatan UNAND. Tujuan penelitian yaitu mengetahui perbandingan prestasi belajar mahasiswa setelah praktikum daring dan hybrid mata kuliah Ilmu Dasar Keperawatan. Metode yang digunakan kuantitatif non eksperimen dengan analisis komparasional. Sampel berjumlah 122 responden menggunakan teknik simple random sampling. Teknik analisis data menggunakan uji mann whitney. Hasil tes menunjukkan bahwa mahasiswa yang praktikum Ilmu Dasar Keperawatan daring memiliki nilai median 69,8, sedangkan mahasiswa yang praktikum Ilmu Dasar Keperawatan hybrid memiliki nilai median 74,6. Hasil analisis data dengan uji mann whitney menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan prestasi belajar mahasiswa yang praktikum Ilmu Dasar Keperawatan daring dengan mahasiswa yang praktikum Ilmu Dasar Keperawatan hybrid. Hal ini menunjukkan bahwa metode praktikum tidak mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar Ilmu Dasar Keperawatan.


Keywords


daring, hybrid, keperawatan, praktikum, prestasi

Full Text:

PDF

References


Agustina, A. N. (2021). Blended Learning Models to Improve Student Learning Outcomes During the Covid-19 Pandemic. KnE Life Sciences, 2021, 228–239. https://doi.org/10.18502/kls.v6i1.8607

Bappenas. (2021). No Title.

Barseli, M., Ahmad, R., & Ifdil, I. (2018). DENGAN HASIL BELAJAR. 40–47.

Christopher, R., Chts-cp, C., & Tantillo, L. De. (2020). Since January 2020 Elsevier has created a COVID-19 resource centre with free information in English and Mandarin on the novel coronavirus COVID- 19 . The COVID-19 resource centre is hosted on Elsevier Connect , the company ’ s public news and information . January.

Elmeida, I. F., & Pranajaya, R. (2017). Pengaruh Metode Pembelajaran Blended Learning Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Kebidanan Poltekkes Tanjungkarang. Jurnal Keperawatan, XIII(1), 35–41. http://www.ejurnal.poltekkes-tjk.ac.id/index.php/JKEP/article/view/848

Isolasi, P. D. A. N. (n.d.). Panduan bagi Keluarga dan Masyarakat MANDIRI ANAK DAN REMAJA.

Kemendikbud. (2020). Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia (pp. 2011–2013).

Muthmainnah, M., & Ananda, Y. (2021). Studi Fenomenologi: Pengalaman Mahasiswa Keperawatan Tentang Pembelajaran Daring dalam Situasi Penyakit COVID-19 Tahun 2020. Jik (Jurnal Ilmu Kesehatan …, 5(1), 33–38. http://jik.stikesalifah.ac.id/index.php/jurnalkes/article/view/357

Pemerintah ProvinsiSumbar. (2021). Website Corona Sumbar. https://corona.sumbarprov.go.id/

Rachman, A., Sukrawan, Y., & Rohendi, D. (2019). Penerapan Model Blended Learning Dalam Peningkatan Hasil Belajar Menggambar Objek 2 dDmensi. Journal of Mechanical Engineering Education, 6(2), 145–152.

Raymond. (2015). Computerized innovative item formats_ Achievement and credentialing.

Rizkiyah, A. (2013). Penerapan Blended Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ilmu Bangunan di Kelas X TGB SMK Negeri 7 Surabaya. Jurnal Kajian Pendidikan Teknik Bangunan, 1(1), 40–49. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-kajian-ptb/article/view/10264

Situasi COVID-19 _ Covid19. (n.d.).

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D – MPKK – Toko Buku Bandung.

Susilo, A., Rumende, C. M., Pitoyo, C. W., Santoso, W. D., Yulianti, M., Herikurniawan, H., Sinto, R., Singh, G., Nainggolan, L., Nelwan, E. J., Chen, L. K., Widhani, A., Wijaya, E., Wicaksana, B., Maksum, M., Annisa, F., Jasirwan, C. O. M., & Yunihastuti, E. (2020). Coronavirus Disease 2019: Tinjauan Literatur Terkini. Jurnal Penyakit Dalam Indonesia, 7(1), 45. https://doi.org/10.7454/jpdi.v7i1.415

Whittle, R. (2007). No Title.

World Health Organization. (2022). Pertanyaan jawaban terkait COVID-19 untuk publik. In World Health Organization. https://www.who.int/indonesia/news/novel-coronavirus/qa/qa-for-public

Yu, S., Suh, E. E., Kim, Y., Anh, T., Nguyen, P., Badamdorj, O., Seok, Y., Jang, S., & Ahn, J. (2021). Nurse Education in Practice Tablet PC-based competency evaluation for nursing students in three Asian countries : Cross-sectional comparative study. Nurse Education in Practice, 57, 103230. https://doi.org/10.1016/j.nepr.2021.103230




DOI: http://dx.doi.org/10.33757/jik.v6i1.469

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JIK JURNAL ILMU KESEHATAN

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


E-ISSN : 2597-8594 (Online) P-ISSN : 2580-930X (Cetak)
Publish by STIKes Alifah Padang
Jl. Khatib Sulaiman No 52 B Kota Padang. Telp 0751-7059849. Fax 0751-7059849. Website: www.stikesalifah.ac.id
Email : jik@stikesalifah.ac.id