Pengetahuan dan Dukungan Keluarga Terhadap Self Care pada Pasien Pasca Stroke

Milya Novera, Erni Musmiler, Nadya Nadya

Abstract


Stroke merupakan serangan akut mendadak dari disfungsi otak fokal dan global disebabkan oleh gangguan aliran darah ke otak. Dampak stroke meliputi perubahan kemampuan fisik, emosi, dan kehidupan sosial. Tujuan penelitian untuk mengetahui Hubungan Pengetahuan dan Dukungan Keluarga dengan Self – Care Pasien Pasca Stroke. Jenis penelitian kuantitatif dengan desain Deskriptif Analtik menggunakan rancangan Cross Sectional Study. Penelitian dilakukan di wilayah kerja Puskesmas Anak Air Kota Padang dari bulan April sampai Juli 2022. Populasi pada penelitian ini berjumlah 23 orang yang diambil secara total sampling.  Data diolah dengan komputerisasi yang dianalisa secara univariat dengan distribusi frekuensi dan bivariate dengan uji statistic Chi-Square. Hasil penelitian univariat didapatkan sebanyak 8 orang (40%) melakukan Self-Care secara mandiri, dukungan keluarga dengan pernyataan positif sebanyak sebanyak 11 orang (55%), Pengetahuan kurang sebanyak 9 orang (45%). Hasil penelitian bivariat berdasarkan uji statistic diperoleh hasil bahwa terdapat hubungan antara Pengetahuan (p=0,001) dan dukungan keluarga pada pasien pasca stroke dengan Self-Care (p=0,001) pada pasien pasca stroke di wilayah kerja Puskesmas Anak Air Kota Padang. Diharapkan kepada pihak Puskesmas agar memberikan pengetahuan dan motivasi yang baik kepada keluarga pasien pasca stroke, upaya mencapai Self-Care yang terlatih dan terorganisasi sehingga tercapainya perbaikan dalam perawatan diri dimasa mendatang.


Keywords


Self Care, pengetahuan, dukungan keluarga, stroke

Full Text:

PDF

References


Anggoniawan, M. S. (2018). Hubungan Dukungan Keluarga Dengan Self Care Pada Pasien Stroke Non Hemoragik (Di Ruang Flamboyan Rumah Sakit Umum Jombang). STIKES Insan Cendekia Medika Jombang,

Hariandja, J. R. O. (2013). Identifikasi Kebutuhan Akan Sistem Rehabilitasi Berbasis Teknologi Terjangkau Untuk Penderita Stroke di Indonesia. Research Report-Engineering Science, 2.

Hidayat, S. (2019). Hubungann Self-Managementi dengan Kualitas Hidupi Pasien Paska Stroke di Poli Neurologi Rumah Sakit Tk. II dr. Soepraoeni Malang. Universitas Brawijaya,

Ismatika, I., & Soleha, U. (2017). Hubungan self efficacy dengan perilaku self care pasien pasca stroke di Rumah Sakit Islam Surabaya. Journal of Health Sciences, 10(2).

Mutiarasari, D. (2019). Ischemic stroke: symptoms, risk factors, and prevention. Medika Tadulako: Jurnal Ilmiah Kedokteran Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan, 6(1), 60-73.

Nasution, L. (2020). Faktor–faktor yang mempengaruhi terjadinya stroke di ruang unit stroke Rsup H. Adam Malik Medan Tahun 2019.

Nugroho, v. a. (2020). Literature review stroke non hemoragik dengan hemiparasis. STIKES Muhammadiyah Klaten,

Puri, A. M., & Setyawan, D. (2020). Gambaran Self Care pada Pasien Paska Stroke di Wilayah Kerja Puskesmas Kedungmundu Semarang. Jurnal Ilmu Keperawatan Medikal Bedah, 3(1), 20.

Robby, A. (2019). Sikap keluarga dalam perawatan pasien stroke di ruang L Rsu X Tasikmalaya. Jurnal Kesehatan Komunitas Indonesia, 15(2).

Siregar, P. S., & Anggeria, E. (2019). Hubungan Antara Dukungan Keluarga Dengan Kemampuan Perawatan Diri (Self Care) Pada Pasien Pasca Stroke Di Rsud Pirngadi Kota Medan. Jurnal Keperawatan Priority, 2(2), 70-79.




DOI: http://dx.doi.org/10.33757/jik.v6i2.616

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JIK JURNAL ILMU KESEHATAN

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


E-ISSN : 2597-8594 (Online) P-ISSN : 2580-930X (Cetak)
Publish by STIKes Alifah Padang
Jl. Khatib Sulaiman No 52 B Kota Padang. Telp 0751-7059849. Fax 0751-7059849. Website: www.stikesalifah.ac.id
Email : jik@stikesalifah.ac.id