Dampak Toxic Game Terhadap Cyber Bullying

Rosa Wahyu Febrianti, Eppy Setiyowati

Abstract


Semakin berkembangnya teknologi saat ini, game online pun menambahkan fitur komunikasi dalam game online untuk mempermudah kerjasama tim. Namun, ternyata fitur ini disalahgunakan dan memicu terjadinya cyberbullying. Sebanyak 62% atau 14 juta gamer muda menjadi korban bullying dalam game online yang mereka mainkan. Penelitian ini dibuat untuk menjelaskan seberapa berdampaknya toxic game terhadap cyberbullying pada remaja. Desain kualitatif dengan data akan dikumpulkan melalui metode deskriptif dan deep interview terhadap informan secara langsung atau tatap muka bersama remaja yang berusia 13-18 tahun dengan jumlah sampel 10 informan di beberapa wilayah di Surabaya, Jawa timur. Cyberbullying sebuah perilaku penindasan dalam game online didasari emosional pelaku terhadap korban dan hal ini berdampak buruk untuk kesehatan mental, namun pernyataan dari informan menjelaskan bahwa di era sekarang cyberbullying wajar dilakukan sehingga tidak ada tindakan berarti yang dapat dilakukan korban. Kesimpulan didapatkan bahwa Cyberbullying ialah tindakan penindasan yang dilakukan melalui media online dengan motif yang beragam seperti emosi dalam diri pelaku terhadap korban. Dampak dari cyberbullying cukup berbahaya karena dapat mengganggu kesehatan mental bahkan membuat korban melakukan upaya bunuh diri. Akan tetapi, informan menyatakan bahwa tidak ada dampak atau pengaruh dari cyberbullying ke kehidupan pribadi.


Keywords


Cyberbullying, Game Online, Remaja, Toxic Behavior, Toxic Game

Full Text:

PDF

References


Adawiyah, S. R. (2019). Faktor-faktor yang mempengaruhi cyberbullying pada remaja. Prosiding Seminar Nasional Magister Psikologi Universitas Ahmad Dahlan, 398–403. http://seminar.uad.ac.id/index.php/snmpuad/article/view/3466

ADITYATAMA, M. F. (2022). HUBUNGAN PERILAKU CYBERBULLYING TERHADAP KESEHATAN MENTAL SISWA SMA MUHAMMADIYAH 1 SRAGEN [Universitas Muhammadiyah Surakarta]. http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/106630

Alfiasari, Z. M. (2018). Perilaku Cyberbullying pada Remaja dan Kaitannya dengan Kontrol Diri dan Komunikasi Orang Tua. Jurnal Ilmu Keluarga dan Konsumen, 11(2), 145–156. https://doi.org/https://doi.org/10.24156/jikk.2018.11.2.145

Aprilia, R., & Diany, R. (2022). Cyberbullying Menjadi Penyebab Utama Dalam Kasus Bunuh Diri. Hermina Health Sciences Journal, 2(1), 23–30. https://ejournal.poltekkeshermina.ac.id/index.php/hhsj/article/view/19

Arrasyid, M. H. (2020). Cyberbullying dalam Permainan Smartphone (Fenomena Cyberbullying di Kalangan Mahasiswa Universitas Sebelas Maret pada Permainan Mobile Legends) [Universitas Sebelas Maret Surakarta]. https://www.jurnalkommas.com/docs/Jurnal D0215066.pdf

Fadila, E., Robbiyanto, S. N., & Handayani, Y. T. (2022). Pengaruh Game Online Terhadap Perubahan Perilaku Remaja Influence of Games Online on Changes in Adolescent Behavior. JURNAL ILMIAH KEDOKTERAN DAN KESEHATAN, 1(2), 17–31. https://doi.org/https://doi.org/10.55606/klinik.v1i2.531

Fitri, E., Erwinda, L., & Ifdil, I. (2018). Konsep Adiksi Game Online dan Dampaknya terhadap Masalah Mental Emosional Remaja serta Peran Bimbingan dan Konseling. Jurnal Konseling dan Pendidikan, 4(3), 211–219. https://doi.org/https://doi.org/10.29210/127200

Kaiser, S., Kyrrestad, H., & Fossum, S. (2020). Cyberbullying status and mental health in Norwegian adolescents. Scandinavian Journal of Psychology, 61(5), 707–713. https://doi.org/https://doi.org/10.1111/sjop.12656

Kantono, Y. M., Yudani, H., & Wirawan, I. G. N. (2020). Perancangan Kampanye Sosial Untuk Mencegah Toxic Behaviour Pada Game Online. Jurnal DKV Adiwarna, 1(16), 9. https://publication.petra.ac.id/index.php/dkv/article/view/10363

LORD. (2021). Menurut Studi, Kasus Bully Terhadap Gamer Muda Cukup Mengerikan. GGWP.id. (Online) (https://ggwp.id/media/geek/game/bully-terhadap-gamer-muda, diakses tanggal 20 Desember 2022, Jam 08.00 WIB)

Maulizin, E. I. (2021). Pengaruh Pesan Toxic Dalam Game Online Terhadap Perilaku Bullying Pada Komunitas Sekawan Esport di Yogyakarta [Universitas Mercu Buana Yogyakarta]. http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/10437

Ningrum, F. S., & Amna, Z. (2020). Cyberbullying Victimization dan Kesehatan Mental pada Remaja. INSAN Jurnal Psikologi dan Kesehatan Mental, 5(1), 35. https://doi.org/10.20473/jpkm.v5i12020.35-48

Putri, D. M. P. (2017). Keperawatan Trankultural Pengerahuan dan Praktik berdasarkan Budaya (E. Elzha (ed.); 1 ed.). PUSTAKA BARU PRESS.

Riswanto, D., & Marsinun, R. (2020). Perilaku Cyberbullying Remaja di Media Sosial. Jurnal Magister Psikologi UMA Available, 12(2), 98–111. https://doi.org/10.31289/analitika.v12i2.3704

Rizqi, M., Firdaus, A., Studi, P., Komunikasi, I., Komunikasi, F., Informatika, D. A. N., & Surakarta, U. M. (2022). Perilaku Toxic Dalam Berkomunikasi di Game Online Counter Strike Global Offensive [Universitas Muhammadiyah Surakarta]. http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/101976

Sukmawati, A., & Kumala, A. P. B. (2020). DAMPAK CYBERBULLYING PADA REMAJA DI MEDIA SOSIAL. Alauddin Scientific Journal of Nursing, 1(1), 55–65. http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/asjn/article/download/17648/9946

Sunarko, & Wiragama, R. (2022). KEBIJAKAN UU ITE DALAM MENGATASI TINDAK PIDANA PELAKU CYBER BULLYING (PERUNDUNGAN DUNIA MAYA) DI SOCIAL MEDIA. FOCUS Jurnal of Law, 2(2), 9. https://doi.org/https://doi.org/10.47685/focus.v2i2.305

Utoyo, B., Wanto, S., & Aryani, F. D. (2020). PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP KORBAN CYBERBULLYING [Universitas Pascasakti Tegal]. http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/2268

Varas, D., & Mardhiah, D. (2022). Cyberbullying: Study Interaksi Simbolik Pada Mahasiswa Kota Padang Dalam Game PUBG Mobile. Jurnal Perspektif: Jurnal Kajian Sosiologi dan Pendidikan, 5(1), 116–125. http://perspektif.ppj.unp.ac.id/index.php/perspektif/article/view/603

Wicaksana, R. R., & Kristiana, N. (2021). Kampanye Sosial Stop Toxic Sebagai Upaya Membangun Sikap Positif Bermain Game. Jurnal Barik, 2(2), 202–214. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JDKV/article/view/41745




DOI: http://dx.doi.org/10.33757/jik.v7i1.652

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 JIK JURNAL ILMU KESEHATAN

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


E-ISSN : 2597-8594 (Online) P-ISSN : 2580-930X (Cetak)
Publish by STIKes Alifah Padang
Jl. Khatib Sulaiman No 52 B Kota Padang. Telp 0751-7059849. Fax 0751-7059849. Website: www.stikesalifah.ac.id
Email : jik@stikesalifah.ac.id