Evaluasi Program Pelayanan Kesehatan Peduli Remaja di Puskesmas Andalas Kota Padang

Laila Laila, Rafika Oktova, Afifa Humaira

Abstract


Pemerintah telah membentuk PKPR untuk mengatasi masalah remaja akan tetapi terus terjadi peningkatan permasalahan pada remaja. Survey awal menunjukkan belum dilakukan evaluasi terhadap program PKPR, sehingga tidak diketahui persentase pencapaian keberhasilan pada program PKPR. Puskesmas Andalas merupakan puskesmas yang memiliki jumlah remaja terbanyak di Kota Padang. Tujuan penelitian ini untuk mengevaluasi pelaksanaan program PKPR di Puskesmas Andalas tahun 2021. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif.  Pemilihan informan menggunakan teknik purposive sampling berjumlah 14 responden. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam, FGD dan telaah dokumen. Pengolahan dan analisa data menggunakan triangulasi sumber dan teknik dengan pendekatan sistem. Hasil penelitian terkait PKPR pada komponen input, sudah ada kebijakan yang mengatur PKPR, SDM sudah mencukupi, dana yang ada belum mencukupi, sarana seperti ruang khusus PKPR belum ada dan metode yang digunakan sudah sesuai SOP. Berdasarkan komponen proses, bagian perencanaan dan pengorganisasian sudah sesuai pedoman, sedangkan bagian pelaksanaan dan pengawasan belum terlaksana menyeluruh. Berdasarkan komponen output, program PKPR di Puskesmas Andalas belum mencapai target dalam SN-PKPR dikarenakan ada kegiatan yang belum terlaksana saat pandemi. Dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan PKPR di Puskesmas Andalas belum berjalan dengan baik karena banyak kegiatan yang tidak terlaksana. Diharapkan kedepannya puskesmas dapat meningkatkan kerjasama dengan Dinas Pendidikan.


Keywords


PKPR, Evaluasi, Pelaksanaan Program

Full Text:

PDF

References


Ahmad, Mukhlisiana. 2020. Buku Ajar Kesehatan Reproduksi. Media Sains Indonesia. Bandung.

Amieratunnisa, A. dan Indarjo, S. 2018. Implementasi Program Pelayanan Kesehatan Peduli Remaja. HIGEIA JOURNAL OF PUBLIC HEALTH RESEARCH AND DEVELOPMENT. 2(1): 69-79.

Badan Perencanaan Pembangunan Nasional. 2020. Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024. BAPENAS. Jakarta.

BPS, BKKBN, Kemenkes. 2018. Survei Demografi dan Kesehatan Indonesia 2017.BPS, BKKBN, Kemenkes. Jakarta.

Dhita, T.A. 2018. Analisis Pelaksanaan Program Pelayanan Kesehatan Peduli Remaja (PKPR) Di Puskesmas Selayo Kabupaten Solok Tahun 2018 (Doctoral dissertation, Universitas Andalas).

Fitriana, Pramardika, D.D. 2019. Evaluasi Program Tablet Tambah Darah pada Remaja Putri. MPPKI Vol. 2 No.3.

Kemenkes, 2019. Profil Kesehatan Tahun 2019. Dinas Kesehatan Kota Padang. Kota Padang.

Kemenkes, 2021. Profil Kesehatan Tahun 2020. Dinas Kesehatan Kota Padang. Kota Padang.

Kementerian Kesehatan RI. 2011. Modul Pelatihan Pelayanan Kesehatan Peduli Remaja (PKPR) Bagi Konselor Sebaya. Direktorat Bina Kesehatan Anak Kementerian Kesehatan RI. Jakarta.

Kementerian Kesehatan RI. 2018. Pedoman Standar Nasional Pelayanan Kesehatan Peduli Remaja (PKPR). Direktorat Bina Kesehatan Anak Kementerian Kesehatan RI. Jakarta.

Kementerian Kesehatan RI. 2019. Manajemen Terpadu Masalah Kesehatan Remaja Di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama. Kementerian Kesehatan RI. Jakarta.

Meilan, dkk. 2018. Kesehatan Reproduksi Remaja: Implementasi PKPR dalam Teman Sebaya. Wineka Media. Kota Malang.

Mumtazah, dkk. 2022. Evaluasi Program Pelayanan Kesehatan Peduli Remaja (PKPR) di Puskesmas.Media Kesehatan Masyarakat Indonesia, 21(5).

Arifin, dkk. 2016. Dasar-Dasar Manajemen Kesehatan. Pustaka Buana. Banjarmasin

Ningsih, Ermaya Sari. 2020. Gambaran Program dan Implementasi Program PKPR di Kabupaten Karawang. Jurnal Ilmiah Kesehatan Medika Drg. Suherman.Vol 2 No 2.

Peraturan Menteri Kesehatan No.75 Tahun 2014. Pusat Kesehatan Masyarakat. 17 Oktober 2014. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Jakarta.

Silvia, D. R. 2016. Evaluasi Pelaksanaan Program Pelayanan Kesehatan Peduli Remaja (PKPR) di Puskesmas Andalas dan SMA N 10 Kota Padang Tahun 2015. Skripsi. Program S1 Kesehatan Masyarakat Universitas Andalas. Kota Padang.

Siregar, P.A dkk. 2020. Promosi Kesehatan Lanjutan Dalam Teori dan Aplikasi. Kencana. Jakarta.

Suciana, S. Hasnita & Nurhayati, E. 2017. Evaluasi Pelaksanaan Program Kesehatan Peduli Remaja (PKPR) Di Sekolah Menengah Atas Kota Bukittinggi. Fakultas Ilmu Kesehatan. Universitas Abdurrab. Riau.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&B. Alfa Beta. Bandung.

WHO. 2020. WHO Adolescent health and development. https://www.who.int/westernpacific/news/q-a-detail/adolescent-health-and -development.

Yuliana, dkk. 2020. Remaja dan Konformitas Teman Sebaya. Ahli Media Press. Kota Malang.




DOI: http://dx.doi.org/10.33757/jik.v7i1.688

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 JIK JURNAL ILMU KESEHATAN

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


E-ISSN : 2597-8594 (Online) P-ISSN : 2580-930X (Cetak)
Publish by STIKes Alifah Padang
Jl. Khatib Sulaiman No 52 B Kota Padang. Telp 0751-7059849. Fax 0751-7059849. Website: www.stikesalifah.ac.id
Email : jik@stikesalifah.ac.id