Edukasi Seks Dini Menggunakan Media Puzzle Terhadap Pengetahuan Pencegahan Kekerasan Seksual Anak Usia Sekolah
Abstract
Pendidikan seks dianggap tabu terutama di Indonesia, tidak hanya tabu bahkan dianggap hal yang menyimpang. Pendidikan seksualitas yang tepat diperlukan selama masa anak usia sekolah, karena ini adalah periode penting dalam pengembangan emosi.. Dampak dari kurangnya pendidikan seks dini pada anak salah satunya adalah kekerasan seksual, penelitian ini bertujuan melihat pengaruh pendidikan seks (sex education) menggunakan media Puzzle terhadap tingkat pengetahuan tentang cara mencegah kekerasan seksual pada anak-anak usia sekolah di SDN 09 Kepahiang tahun 2023. Jenis penelitian menggunakan Pra-Eksperimental dengan rancangan one group pretest-postest. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anak usia sekolah berusia 10 tahun di SDN 09 Kepahiang. Sampel dalam penelitian diambil dengan tekhnik purposive sampling. Untuk memperoleh jumlah anak yang sama pada setiap kelas maka peneliti menggunakan rumus proporsional random sampling yang terdiri dari 34 responden. instrument penelitian mengunakan Puzzle sex education yang hasil pengembangan media pembelajaran oleh peneliti dan kuesioner yang telah tervalidasi, analisis data menggunakan uji Wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh terhadap pengetahuan anak tentang pencegahan kekerasan seksual, ini dibuktikan dengan nilai P-value 0.000 <0,005 berarti ada pengaruh signifikan pemberian sex education menggunakan media puzzle terhadap pengetahuan pencegahan kekerasan seksual pada anak usia sekolah di SDN 09 Kepahiang. Penelitian ini bertujuan agar anak usia sekolah di SDN 09 Kepahiang dapat terhindar dari kejadian kekerasan seksual melalui pemberian pendidikan sex dengan puzzle sex education.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abduh, M., & Wulandari, M. D. (2016). Model pendidikan seks pada anak sekolah dasar berbasis teori perkembangan anak
Agustina, L. S. S., Kusumawati, R. N., & Hardjono, H. (2022). Edukasi Seks Berbasis Permainan Puzzle untuk Meningkatkan Keterampilan Perlindungan Diri Anak. Intuisi: Jurnal Psikologi Ilmiah, 14(2), 49-61.
Azzahra, M., & Amaliyah, N. (2022). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Siswa Dalam Pembelajaran Tematik Di Kelas Iv Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(3), 851-859.
Bella, S. M., & Istianah, F. (2017). Pendidikan Seksualitas Sejak Dini sebagai Upaya Menghindarkan Anak-Anak Usia Sekolah Dasar dari Penyimpangan Seksualitas. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(3), 254539.
Chandra, R. D. A. (2019). Pengaruh Media Puzzle Terhadap Kemampuan Anak Mengenal Angka (1-10) Pada Anak Usia 4-5 Tahun Di Tk Nusa Indah Desa Gumuksari Kecamatan Kalisat Kabuaten Jember Tahun Pelajaran 2018/2019. Incrementapedia: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(01), 32-45.
Chasanah, I. (2018). Psikoedukasi pendidikan seks untuk meningkatkan sikap orangtua dalam pemberian pendidikan seks. JIP (Jurnal Intervensi Psikologi), 10(2), 133-150.
Chomaria Nurul. 2021. Pendidikan Seks Untuk Anak. Solo. Aqwam
Dermawan, V. I., Sukaesih, N. S., & Lindayani, E. (2023). Pengaruh Pendidikan Seksual Dengan Media Puzzle Telur Pintar Pada Anak Sekolah Dasar. Jurnal Kesehatan Tambusai, 4(2), 1086-1092
Hamed, A. F. 2012. Prevalence And Pattern Of Child Sexual Abuse Reported By Cross Sectional Study Among The University Students, Sohag University, Egypt. Egyptian Journal Of Forensic Sciences. 90-94
Holis, A. (2017). Belajar melalui bermain untuk pengembangan kreativitas dan kognitif anak usia dini. Jurnal Pendidikan UNIGA, 10(1), 23-37.
Iriyani, E. 2022. Pengaruh Sex Education Terhadap Pengetahuan Pencegahan Pelecehan Seksual Pada Siswa Sekolah Dasar.
JUSTICIA, Risty. Pandangan Orang Tua Terkait Pendidikan Seks Untuk Anak Usia Dini. Early Childhood: Jurnal Pendidikan, 2017, 1.2: 28-37.
Kemen PPA 2022. Profil Kementrian Pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak. Jakarta. KemenPPA
Khotimah, H., Supena, A., & Hidayat, N. (2019). Meningkatkan attensi belajar siswa kelas awal melalui media visual. Jurnal Pendidikan Anak, 8(1), 17-28.
Ligina, N. L., Mardhiyah, A., & Nurhidayah, I. (2018). Peran orang tua dalam pencegahan kekerasan seksual pada anak sekolah dasar di Kota Bandung. Ejournal Umm, 9(2), 109-118.
Muflihah, H. F., Shaluhiyah, Z., & Prabamurti, P. N. (2019). Pengaruh Permainan Puzzle Dan Metode Diskusi Terhadap Pengetahuan Dan Sikap Anak Usia Dini (5-6 Tahun) Mengenai Seksualitas (Studi Di Tk Kelurahan Bugangan, Semarang Timur, Kota Semarang). Jurnal Kesehatan Masyarakat (Undip), 7(1), 483-490.
Mulyaningsih, E., & Palangngan, S. T. (2021). Pengaruh permainan puzzle terhadap kemampuan mengenal lambang bilangan pada anak usia dini. AL-GURFAH: Journal of Primary Education, 1(1), 29-40.
Nugraha kunta Wibawa Dasa. 2021. Profil Kesehatan Indonesia tahun 2021. Jakarta. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.
Permata, Rista. Dewi. (2020). Pengaruh permainan puzzle terhadap kemampuan pemecahan masalah anak usia 4-5 tahun. PINUS: Jurnal Penelitian Inovasi Pembelajaran, 5(2), 1-10.
Pratiwi, Eka. 2020. Efektivitas Promosi Kesehatan Dengan Media Video Animasi Terhadap Pengetahuan Dan Sikap Tentang Pencegahan Kekerasan Seksual Pada Anak Di Sd Negeri 5 Kota Bengkulu. Bengkulu Skripsi tidak diterbitkan. Bengkulu: PPs Poltekkes Kemenkkes Bengkulu
Renteng, S., Nurmansyah, M., Ganika, L., & Mariana, D. (2022). Bemain Puzzle dalam Upaya Peningkatan Perilaku Cuci Tangan Pada Anak Usia Sekolah. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Sisthana, 4(2), 70-74.
Rohmah Nikmatur. 2018. Terapi Bermain Jember. LPPM Universitas Muhammadiyah Jember.
Senja Atreya. 2020. The Important Of Sex Education For Kids.Yoyakarta, Briliant
United Nations Children’s Fund (2020). Situasi Anak di Indonesia, Tren, Peluang, dan Tantangan Dalam Memenuhi Hak-Hak Anak. Jakarta: UNICEF Indonesia.
Yuli astuti. Cara Muda Asah Otak Anak (Kebiasaan-Kebiasaan Sepele Sehari-Hari Peningkat Kecerdasan Otak Kanan-Kiri Anak. (Yogyakarta: FlashBooks. 2016). h. 53
Zahirah, U Nurwati, N., & Krisnani, H. (2019). Dampak dan penanganan kekerasan seksual anak di keluarga. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 10.
DOI: http://dx.doi.org/10.33757/jik.v8i1.854
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 JIK JURNAL ILMU KESEHATAN
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
E-ISSN : 2597-8594 (Online) P-ISSN : 2580-930X (Cetak)
Publish by STIKes Alifah Padang
Jl. Khatib Sulaiman No 52 B Kota Padang. Telp 0751-7059849. Fax 0751-7059849. Website: www.stikesalifah.ac.id
Email : jik@stikesalifah.ac.id