Perilaku Bullying dan Aktivitas Belajar pada Anak Usia Sekolah di SD Suradadi Kabupaten Tegal

Susi Muryani, Nurhakim Yudhi Wibowo, Khodijah Khodijah, Ismi Auliya Rahmawati

Abstract


Bullying dapat terjadi pada anak-anak maupun orang dewasa, dengan banyaknya bullying dapat berdampak pada akademik anak. Dapat menurunkan motivasi dan prestasi belajar, hal tersebut dapat mempengaruhi aktivitas belajar anak. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui hubungan perilaku bullying dengan aktivitas belajar pada anak usia sekolah di SD Suradadi Kabupaten Tegal. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan rancangan deskriptif korelasi dengan pendekatan Cross Sectional, penelitian dilaksanakan pada tanggal 26-27 Mei 2023, tenik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan total sampling dengan jumlah 83 responden. Hasil analisa menggunakan uji Kendall’s tau menunjukkan ada hubungan antara perilaku bullying dengan aktivitas belajar dengan nilai P value 0,015<0,05. Pada penelitian ini diperoleh hasil mayoritas responden mengalami perilaku bullying sedang dan aktivitas belajarnya rendah sebanyak 66,7%. Dengan adanya hubungan antara perilaku bullying dengan aktivitas belajar disarankan anak-anak untuk saling peduli dan menjauhi apapun bentuk bullying agar aktivitas belajar menjadi aman dan nyaman.


 


Keywords


Perilaku Bullying, Aktivitas Belajar, Anak Usia Sekolah

Full Text:

PDF

References


Analiya, T. R., & Arifin, R. (2022). Perlindungan Hukum Bagi Anak dalam Kasus Bullying Menurut Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2014 tentang Perlindungan Anak di Indonesia. Journal of Gender And Social Inclusion In Muslim Societes, 3(1), 125–144. http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/psga/article/view/10950

Bili, F. G., & Sugito, S. (2020). Perspektif Orang Tua Tentang Perilaku Bullying Anak TK: ditinjau dari Tingkat Pendidikan. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1644–1654. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.939

Borualogo, I. S., Wahyudi, H., & Kusdiyati, S. (2020). Prediktor perundungan siswa sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 8(1), 35. https://doi.org/10.22219/jipt.v8i1.9841

Dewi, S. K., & Indriyany, I. A. (2021). Peningkatan Kepedulian tentang Pencegahan Bullying pada Siswa Sekolah Dasar di SDN Sumber Agung Serang, Provinsi Banten. Komunitas : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 33–41. https://doi.org/10.31506/komunitas:jpkm.v1i1.11675

Gularso, D., & Indrianawati, M. (2022). Kenakalan Siswa Di Sekolah Dasar. Taman Cendekia: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 6(1), 54–63. https://doi.org/10.30738/tc.v6i1.12205

Hanifah, P., Sofia, L., & Ramadhani, A. (2022). Gambaran Pemaafan Pada Korban Perundungan. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 10(2), 345. https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v10i2.7616

Kennedy, R. S. (2020). A meta-analysis of the outcomes of bullying prevention programs on subtypes of traditional bullying victimization: Verbal, relational, and physical. Aggression and Violent Behavior, 55, 101485. https://doi.org/10.1016/j.avb.2020.101485

Khaulani, F., Neviyarni, S., & Murni, I. (2020). Fase Dan Tugas Perkembangan Anak Sd. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(1), 51–59.

Nirmalasari, N., Hasmiati, H., & Nurjannah, N. (2021). Fenomena Bullying Pada Teman Sebaya Di Sdn No 123 Tanassang. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 6(2), 153. https://doi.org/10.25078/aw.v6i2.2340

Nurhayaty, E., & Mulyani, A. S. (2020). Pengenalan Bulliying dan Dampaknya Pada Pelaku dan Korban. Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 173–179. https://doi.org/10.31294/jabdimas.v3i2.8013

Oktavia, T., Sakarsari, N., Nanda, V. P., Jannah, M., & Pratiwi, N. A. (2022). Studi Kasus Perundungan Terhadap Belajar Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(6), 1707–1715.

Rachmadifa, C. F., & Borualogo, I. S. (2019). Studi deskriptif perbedaan resiliensi pada siswa SD dan SMP korban perundungan. Prosiding Psikologi, 6(2), 95–99. https://doi.org/10.29313/.v6i2.22305

Rahmawati, S., & Christiana, E. (2020). Studi Kasus Kesadaran Peserta Didik Sd Negeri Pelang Lor 1 Tentang Adanya Tindak Perundungan Verbal. Jurnal BK UNESA, 11(3), 260–273.

Wijayanti, Citra Putri;Uswatun, A. T. (2019). Perangi Tindak Perundungan (Bullying) dengan Penanaman Pendidikan Karakter Sejak Dini Pada Peserta Didik Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Pagelaran Pendidikan Dasar Nasional (Ppdn) 2019, 1(1), 16–26.

Zakiyah, E. Z., Fedryansyah, M., & Gutama, A. S. (2018). the Impact of Bullying Againts Teen Development Victims of Bullying. 1, 265–279.




DOI: http://dx.doi.org/10.33757/jik.v7i2.914

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 JIK JURNAL ILMU KESEHATAN

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


E-ISSN : 2597-8594 (Online) P-ISSN : 2580-930X (Cetak)
Publish by STIKes Alifah Padang
Jl. Khatib Sulaiman No 52 B Kota Padang. Telp 0751-7059849. Fax 0751-7059849. Website: www.stikesalifah.ac.id
Email : jik@stikesalifah.ac.id