Implementasi Kebijakan Pendidikan Kesehatan pada Anak Berkebutuhan Khusus di SLB YPPLB Padang

Wilda Tri Yuliza, Meyi Yanti, Febry Handiny

Abstract


Permasalahan dalam dunia pendidikan khususnya di Sekolah Luar Biasa (SLB) adalah kurang berjalannya implementasi kebijakan pendidikan kesehatan pada Anak Berkebutuhan Khusus (ABK). Terbatasnya akses bagi ABK dalam mendapatkan pelayanan pendidikan yang layak dan bermutu berdampak pada kemampuan ABK dalam mengelola kesehatan secara mandiri. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi kebijakan pendidikan kesehatan pada ABK di SLB YPPLB Padang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus menggunakan metode kualitatif deskriptif, pengumpulan data menggunakan teknik wawancara mendalam, observasi, dan telaah dokumen mengenai pendidikan kesehatan pada ABK. Analisis data dengan membuat transkrip wawancara, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, sedangkan uji keabsahan menggunakan triangulasi sumber dan teknik.  Pendidikan kesehatan di SLB YPPLB Padang dilakukan dengan pendekatan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) yang pelaksanaannya dilakukan secara komprehensif dan berkesinambungan, masih ditemukan kendala dalam pelaksanaan kebijakan pendidikan kesehatan yaitu guru pendidik yang belum kompeten, kurangnya dukungan atau peran orang tua, terbatasnya dana dan sarana. Saran diharapkan pihak sekolah untuk tetap konsisten dalam menyelenggarakan pendidikan kesehatan bagi ABK, baik dilakukan secara terintegrasi dengan mata pelajaran maupun berbagai kegiatan pembinaan dan penyuluhan dari lintas sektor.


Keywords


Anak berkebutuhan khusus, kebijakan, pendidikan kesehatan

Full Text:

PDF

References


Dianasari, E. L. (2019). Implementasi Identifikasi, dan Asesmen ABK Di Sekolah Inklusif SDN 003 Tebing Kabupaten Karimun. Khazanah Ilmu Berazam, 2(1 Maret), 107–114.

Hakim, A. R. (2018). Mendorong Perkembangan Kognitif Anak Tunagrahita Melalui Permainan Edukatif. Jurnal Ilmiah PENJAS, 4(3), 11–20.

Kemendikbud. (2016). Gambaran Sekolah Inklusif di Indonesia (Tinjauan Sekolah Menengah Pertama). Kementerian Pendidikan Budaya Riset dan Teknologi.

Kemendikbud. (2021). Portal Data Kementerian Pendidikan Budaya Riset dan Teknologi. Kementerian Pendidikan Budaya Riset dan Teknologi. https://data.kemdikbud.go.id/

Kemenkes. (2018). Pedoman Pelayanan Kesehatan Anak di Sekolah Luar Biasa (SLB). Direktorat Bina Kesehatan Anak Kementerian Kesehatan RI.

Komalawati, V., & Siahaan, Y. E. L. (2020). Pemenihan Hak Atas Kesehatan Bagi Anak Berkebutuhan Khusus Dalam Perspektif Hukum Keluarga Indonesia. Aktualita, 3(1). https://ejournal.unisba.ac.id/index.php/aktualita/article/view/6509

Savira, I. S., Wagino, & Laksimati, H. (2019). Apa yang Berbeda? Kemampuan Kognitif Pada Anak Tunanetra Tanpa Pengalaman Visual (Congenital Visual Impairment). Jurnal Pendidikan Inklusi, 3, 20–39. https://journal.unesa.ac.id/index.php/ji/article/view/5826/3041

Suharsiwi. (2017). Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus. CV. Prima Print.

Tilaar, & Nugroho. (2019). Kebijakan Pendidikan: Pengantar Untuk Memahami Kebijakan Pendidikan dan Kebijakan Pendidikan Sebagai Kebijakan Publik. Pustaka Pelajar.

Yumnah. (2022). Psikologi Pendidikan. Cipta Media Nusantara.




DOI: http://dx.doi.org/10.33757/jik.v7i2.957

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 JIK JURNAL ILMU KESEHATAN

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


E-ISSN : 2597-8594 (Online) P-ISSN : 2580-930X (Cetak)
Publish by STIKes Alifah Padang
Jl. Khatib Sulaiman No 52 B Kota Padang. Telp 0751-7059849. Fax 0751-7059849. Website: www.stikesalifah.ac.id
Email : jik@stikesalifah.ac.id