Mindfulness Kombinasi Musik Instrumental Terhadap Kemampuan Remaja Dalam Mengendalikan Stres
Abstract
Percepatan perkembangan fisik mental dan emosional yang terjadi pada remaja merupakan faktor yang menyebabkan seringnya remaja dilanda permasalahan yang kemudian membuat remaja stress. Remaja yang mengalami stress akan berdampak pada fisik dan psikologis yang memberikan efek buruk pada remaja. Akibat dari stres, remaja akan mengalami ketidakseimbangan emosional karena dipicu oleh lingkungan dan diri sendiri dan stresor lainnya. Remaja akan merasakan tidak dapat mengendalikan dirinya sehingga remaja akan berprilaku agresif. Penelitian ini bertujuan.untuk mengetahui pengaruh terapi Mindfulness Terhadap Kemampuan Remaja Dalam Mengendalikan Stres. Jenis penelitian quasi eksperimental design dengan pendekatan one group pre-test post-test, dilaksanakan pada tanggal 11-27 Oktober 2023. Sampel digunakan sebanyak 12 orang yang diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling, Penelitian ini dilaksanakan di Pondok Pesantren Madrasah Tarbiyah Islamiah Lubuk Begalung Padang Instrument yang akan digunakan pada penelitian ini adalah Depresion Anxietas Stress Scale (DASS) untuk menentukan skor stres yang dirasakan oleh responden. Hasil penelitian akan diolah menggunakan uji T test. Hasil penelitian didapatkan rerata stres sebelum diberikan intervensi sebesar 22,25 dan standar deviasi 5,529. Rerata stress sesudah diberikan intervensi 17,92 dan standar deviasi 3,502. Terdapat pengaruh sebelum dan sesudah diberikan terapi mindfulness dengan kombinasi musik instrumental.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S. (2006) Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik. Revisi
VI. Jakarta: Rineka Cipta.
A.octavia. (2020).Buku Motivasi Belajar Dalam Perkembangan Remaja. Sleman: CV Budi Utama
Badan Pusat Statistik. (2021).
Jumlah Penduduk Menurut Umur dan Jenis Kelamin.https://www.bps.go.id/indikator/indi kator/view_data_pub/. Diakses 23 Maret 2022
Badan Pusat Statistik Provinsi Sumatera Barat. (2020). Jumlah Penduduk Menurut Kabupaten/ Kota dan Jenis Kelamin di Provinsi Sumatera Barat (Jiwa).
Dwiyanti, Meidiyana. (2018).Minfulnes untul Self Care. Semarang: Undip Pres
Erford, Bradley.T (2016). 40 Teknik Yang Harus Diketahui Konselor. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Einstein, P. A. and Mohanasundari, S. K. (2018) ‘Teknik Visual Imagery dalam Merawat Anak “ Imajinasi Lebih Kuat dari Teknik Visual Imagery dalam Merawat Anak “Imajinasi lebih banyak”.
Firtiani, L. (2021) ‘Hubungan Tingkat Stres Remaja dengan Kemampuan Beradaptasi di Pondok Pesantren Kota Tangerang’, Jurnal Kesehatan Pertiwi.
Handayani, P. A., Dwidiyanti, M. and Mu’in,
M. (2021) ‘Pengaruh Mindfulness Terhadap Tingkat Stres Pada Ibu Yang Bekerja Sebagai Perawat
Critical Care’, Indonesian Journal of Nursing Research (IJNR), 4(1), p. 24. doi: 10.35473/ijnr.v4i1.879.
Hidayah, N. (2016) Konsep Stres. Available at: https://aepnurulhidayat.wordpress.co m/2016/11/30/konsep-stress-by-aep- nurul-hidayah/.
Hopper, S. I. et al. (2019) ‘Efektivitas pernapasan diafragma untuk mengurangi stres fisiologis dan psikologis pada orang dewasa : tinjauan sistematis kuantitatif’.
Keliat A, B (2012) Buku Keperawatan Kesehatan Jiwa Komunitas CMHN Basic Course.Jakarta:EGC
Kemenkes RI. Pusat Data Dan Informasi (2021) Stress. Available at: http://p2ptm.kemkes.go.id/informasi-p2ptm/stress#:~:text=KEMENTERIA N KESEHATAN REPUBLIK INDONESIA&text=Stres adalah reaksi seseorang baik,yang mengharuskan seseorang menyesuaikan diri. (Accessed: 22 February 2022).
Kemenkes RI (2019). Profil Kesehatan Indonesia 2018 [Indonesia Health Profile 2018].Available at: http://www.depkes.go.id/resources/do wnload/pusdatin/profil-kesehatan- indonesia/Data-dan-Informasi_Profil- Kesehatan-Indonesia-2018.pdf.
Nisrina. P. Utami. (2022). The Art of Self Talk- ing. PT Elex Media Komputindo: Kompas Gramedia
Notoadmodjo, S. (2010) Metode Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.
Nurjannah, Marini. (2018). Efektifitas Teknik Midfulnes Untuk Menurunkan Stres Remaja. Skripsi. Surabaya: Universitas Negeri Sunan Ampel
Pestana-Santos, M. et al. (2021) ‘Effectiveness of non-pharmacological interventions to manage anxiety in adolescents in the perioperative period: A systematic review protocol’, JBI Evidence Synthesis, 19(10), pp. 2863–2869. doi: 10.11124/JBIES-20-00359.
amadhani, A. H. and Hendrati, L. Y. (2019) ‘Hubungan Jenis Kelamin Dengan Tingkat Stres Pada Remaja Siswa Sma di Kota Kediri Tahun 2017’, Jurnal Keperawatan Muhammadiyah, 4(2), pp. 177–181.
Reddy, K. J., Menon, K. R. and Thattil, A. (2018) ‘Academic stress and its sources among university students’, Biomedical and Pharmacology Journal, 11(1), pp. 531–537. doi: 10.13005/bpj/1404.
Romadhoni, R. W. and Widiatie, W. (2020) ‘Pengaruh terapi mindfulness terhadap tingkat stres remaja di panti asuhan Al-Hasan Watugaluh Diwek Jombang’, JURNAL EDUNursing, 4(2), pp. 77–86. Available at: https://journal.unipdu.ac.id.
Ross, D. A. et al. (2020) ‘Adolescent Well- Being: A Definition and Conceptual Framework’, Journal of Adolescent Health, 67(4), pp. 472–476. doi: 10.1016/j.jadohealth.2020.06.042.
Rowlands, S. and Permezel, M. (1998) ‘Physiology of pain in labour’, Bailliere’s Clinical Obstetrics and Gynaecology, 12(3), pp. 347–362. doi: 10.1016/S0950-3552(98)80071- 0.
Sambo, M., Riskyanti, N. W. and Bamba, N.
S. (2021) ‘Social Distancing dan Tingkat Stress Pada Remaja Usia Sekolah di SMP Frater Mamasa’, 4(1), pp. 41–45. doi: 10.52774/jkfn.v4i1.63.
Stockburger, S. (2015) ‘Part II - Stress and Stress Management Strategies in Adolescents’, Pediatrics Faculty Publications., 184.
Sugiyono (2014) Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Smith, Kathleen. (2020). 6 Common Triggers of Teen Stress. https://www.psycom.net/common- triggers-teen-stress
DOI: http://dx.doi.org/10.33757/jik.v8i1.1019
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 JIK JURNAL ILMU KESEHATAN
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
E-ISSN : 2597-8594 (Online) P-ISSN : 2580-930X (Cetak)
Publish by STIKes Alifah Padang
Jl. Khatib Sulaiman No 52 B Kota Padang. Telp 0751-7059849. Fax 0751-7059849. Website: www.stikesalifah.ac.id
Email : jik@stikesalifah.ac.id