Analisis Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Antenatal Care di Praktek Mandiri Bidan Delima Sumatera Barat

Laila Laila, Miranie Safaringga, Uliy Iffah, Feby Suryafma, Tiara Wulandari, Putri Novelin

Abstract


Angka Kematian Ibu (AKI) di Indonesia terus meningkat. Kematian ibu disebabkan oleh perdarahan pasca persalinan, pre-eklampsia dan sepsis.. Ketidakpuasan pasien terhadap pelayanan Antenatal care menjadi penyebab tidak langsung dari tingginya angka kematian ibu. Kepuasan pasien terbagi menjadi 5 dimensi yaitu tangible, reliability, responsiveness, assurance, dan empathy. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kepuasan pasien terhadap pelayanan antenatal care di Praktek Mandiri Bidan Delima di Wilayah Sumatera Barat. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kombinasi (Mix Methode) dengan model urutan pembuktian (sequential explanatory). Penelitian dilakukan di beberapa Praktek Mandiri Bidan Delima di Wilayah Sumatera Barat pada bulan September-Oktober Tahun 2023. Pengambilan data dilakukan melalui pengisian kuesioner secara online oleh responden. Sampel pada penelitian ini berjumlah 106 responden dengan  metode Accidental sampling. Informan pada penelitian kualitatif ini adalah 3 orang ibu hamil yang melakukan ANC dan 3 orang keluarga ibu hamil. Dilakukan analisa data dengan metode triangulasi. Hasil penelitian didapatkan sebagian besar Ibu hamil yang menerima pelayanan Bidan Delima  di wilayah Sumatera Barat sangat puas dengan pelayanan ANC yang diberikan. Tingkat kepuasan yang baik menunjukkan mutu pelayanan yang baik. Hasil penelitian kualitatif menunjukkan bahwa pelayanan Bidan Delima sudah baik.


Keywords


Kepuasan pasien, Antenatal care, Bidan delima, Praktek Mandiri Bidan

Full Text:

PDF

References


Agustina, D., Zahara, A., Septiani, S., dan Syahri, M. (2023). Pengaruh Mutu Pelayanan Dan Tingkat Kepuasan Pasien Puskesmas Di Indonesia. Jurnal Kesehatan Tambusai, 4(2), 1553-2558.

Amalia., M. (2017). Konsep Kebidanan. Cetakan pertama. Cirebon : LovRinz Publishing

Dinas Kesehatan kota padang. (2020). Profil Kesehatan tahun 2020. Dinas Kesehatan Kota Padang.Padang

Fachtoni, L. M. (2022). PA: Rancang Bangun Aplikasi Pelayanan Berbasis Android pada Klinik Bersalin Bidan Delima (Doctoral dissertation, Universitas Dinamika).

Hastuti, Widi S., Mudayana, Ahid A, Nurdhila, Puteri A. Hubungan Mutu Pelayanan Dengan Kepuasan Pasien Rawat Inap Di Rumah Sakit Umum Daerah Tamiang Layang. Kes Mas J Fak Kesehat Masyarakat. 2017;11(2):161–8.

Helvian, F.A. (2016) . Studi Mengenai Tingkat Kepuasan Pasien Antenatal Care (ANC) Terhadap mutu Pelayanan Kesehatan Wilayah Kerja Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa Tahun 2016. Skripsi. Universitas Islam Negeri Alaudin Makassar.

Herudiansyah, G., Fitantina., Suandini., M. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan Reliability, Responsiveness dan Assurance Terhadap Kepuasan Pasien di Rumah Sakit Muhammadiyah. Jurnal Kesehatan. 8(1) : 120-125.

Ikatan Bidan Indonesia. (2015). Bidan Delima. Diakses pada tanggal 4 Maret 2023 Jam 22.11

Jacobis R. (2013). Faktor-Faktor Kualitas Pelayanan Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Peserta Jamkesmas Di BLU RSUP Prof.Dr. R.D. Kandou Manado. Jurnal Ris Ekon Manajemen, Bisnis dan Akunt.;1(4):619–29.

Kementrian Kesehatan RI. (2021). Profil Kesehatan Indonesia Tahun 2020. Jakarta : Kementrian Kesehatan RI

Khoeriah, Y., Dinengsih, S., dan Choerunnisa, R. (2021). Analisis Kualitas Pelayanan Antenatal Care (ANC) Terhadap Tingkat Kepuasan Ibu Hamil di Poli Kebidanan. Jurnal Kebidanan Malahayati, 7(4), 620-625.

Kosnan W. (2020) Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Di Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Merauke. Jurnal Ekon Bisnis, dan Akunt. 21(4).

Kotler, P., dan Keller, K. L. (2012). Marketing management 14th edition. Pearson education.

Kurniati, C. H. (2020). Hubungan antara kualitas bidan dalam pelayanan antenatal care terhadap persepsi ibu hamil. Infokes: Jurnal Ilmiah Rekam Medis dan Informatika Kesehatan, 10(1), 36-40.

Lupiyoadi, R., dan Hamdani, A. (2006). Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta :Salemba Empat

Lupiyoadi, R., (2018). Manajemen Pemasaran Jasa, Edisi 3, Jakarta: Salemba Empat

Maryono, M., Putri, I. R. R., dan Inayati, A. (2020). Hubungan Pemberian Informasi pada Pasien Rawat Inap dengan Kepuasan Mutu Pelayanan Pasien di Unit Admisi RSUP DR. Sardjito Yogyakarta. Indonesian .Journal of Hospital Administration, 3(1), 27-35.

Maulana, A. F. (2017). Gambaran Kualitas Pelayanan Antenatal Pada Ibu Hamil Di Puskesmas Pagedangan Kabupaten Tangerang Tahun 2017 (Bachelor's thesis, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta: Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan, 2017).

Nuraini, I. (2015). Mutu Pelayanan Bidan Praktek Mandiri Kota Surabaya. Embrio: Jurnal Kebidanan, 7, 22-43.

Pekkaya, M., Pulat İmamoğlu, Ö., & Koca, H. (2019). Evaluation of healthcare service quality via Servqual scale: An application on a hospital. International Journal of Healthcare Management, 12(4), 340-347.

Rochmatin, H. (2019). Gambaran Determinan Kematian Ibu di Kota Surabaya Tahun 2015-2017. Jurnal Biometrika Dan Kependudukan, 7(2), 178.

Setiati, T.N. (2023). Hubungan Pengalaman Kerja Dengan Kemampuan Perawat Melakukan Tindakan Keperwatan. Skripsi. Program Studi S1 Keperawatan. Fakultas Ilmu Keperawatan. Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

Sulaiman S, Anggriani A. (2019). Hubungan Mutu Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien di Poli Fisioterapi RSU Siti Hajar. J Endur : 4(2):252

Sundari, L. (2017). Hubungan Kepuasan Pasien dengan Kualitas Pelayanan Antenatal Care (ANC) oleh Bidan Jejaring BPJS di Wilayah Kerja Puskesmas Warungasem Kabupaten Batang (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Semarang).

WHO. (2019). Maternal mortality. https://www.who.int/en/news-room/fact- sheet/detail/maternalmortality. Diakses 20 Desember 2021




DOI: http://dx.doi.org/10.33757/jik.v8i2.1032

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 JIK JURNAL ILMU KESEHATAN

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


E-ISSN : 2597-8594 (Online) P-ISSN : 2580-930X (Cetak)
Publish by STIKes Alifah Padang
Jl. Khatib Sulaiman No 52 B Kota Padang. Telp 0751-7059849. Fax 0751-7059849. Website: www.stikesalifah.ac.id
Email : jik@stikesalifah.ac.id