Prosedur Pelayanan dan Ketersediaan Fasilitas dengan Kepuasan Pasien di Puskesmas

Gusrianti Gusrianti, Fadillah Ulva, Nizwardi Azka

Abstract


Standar kepuasan pasien di pelayanan kesehatan ditetapkan secara nasional oleh Departemen Kesehatan. Menurut Peraturan Kementrian Kesehatan Republik Indonesia Tahun 2016 tentang Standar Pelayanan Minimal untuk kepuasan pasien yaitu diatas 95%. Bila ditemukan pelayanan kesehatan dengan tingkat kepuasaan pasien berada dibawah 95%, maka dianggap 6 pelayanan kesehatan yang diberikan tidak memenuhi standar minimal atau tidak berkualitas.  Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan prosedur pelayanan dan ketersedian fasilitas dengan kepuasan pasien yang mendapat pelayanan kesehatan di Puskesmas. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain studi cross sectional. Penelitian dilaksanakan di Kota Padang dengan studi kasus di Puskesmas X. Penelitian dilaksanakan pada bulan Agustus – Desember 2023. Populasi pada penelitian ini adalah pasien yang berkunjung ke Puskesmas X sebanyak 129.199 kunjungan. Sampel didapatkan dengan metode accidental sampling berjumlah 44 responden. Data yang dikumpulkan berupa data primer dengan menggunakan kuesioer. Data dianalisis secara univariat dan bivariat. Berdasarkan hasil penelitian diketahui 54,5% responden tidak puas dalam mendapatkan pelayanan kesehatan, 59,1% responden mengatakan prosedur pelayanan kurang baik, dan 59,1% responden mengatakan ketersediaan fasilitas kurang baik. Berdasarkan uji statistik, terdapat hubungan yang bermakna antara prosedur pelayanan (p-value : 0,0001) dan ketersediaan fasilitas (p-value : 0,008) dengan kepuasan pasien di Puskesmas.


Keywords


Kepuasan Pasien, Ketersediaan fasilitas, Prosedur Pelayanan

Full Text:

PDF

References


Arifin, S., Rahman, A., Muhyi, R., Octaviana, A. P., & Hardianor, H. (2019). Hubungan Usia, Tingkat Pendidikan, Fasilitas Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien Di Puskesmas Muara Laung. Jurnal Publikasi Kesehatan Masyarakat Indonesia, 6(2), 40–45.

Bustami. (2011). Penjaminan Mutu Pelayanan Kesehatan dan Akseptabilitasnya.

Evisusanti, S. (2020). Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Pasien di Puskesmas Tiban Baru Tahun 2020. Jurnal Ilmu Keperawatan, 1(9).

Hasa, B. M., & Amrianti. (2022). Pengaruh Ketersediaan Fasilitas dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pasien Puskesmas Moncongloe. Journal of Management, 5(1).

Imam, C. W., & Rahayu, R. P. (2022). Pendampingan Masyarakat Tentang Alur Pelayanan Rawat Jalan Pada Rumah Sakit Selaparang. Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 6(1), 298–302.

Indayani, N., & Komalasari, E. (2023). Tingkat Kepuasan Pasien terhadap Pelayanan Masa Nifas di PMB Erna KOmalasari Tahun 2023. Journal of Scientech Research and Development, 5(2), 169–174.

Karsintapura, N. A., Z, Z. A., & Endang, N. P. (2015). Analisis Sistem Dan Prosedur Pelayanan Jasa Pengobatan Rawat Inap Dan Rawat Jalan Dalam Meningkatkan Pengendalian Intern (Studi Pada Puskesmas Bandar Kedung Mulyo Kab.Jombang). Jurnal Administrasi Bisnis, 22(1).

Kemenkes. (2016). Peraturan Menteri Kesehatan No 43 Tahun 2016 tentang Standay Pelayanan Minimal.

Ringgi, M., Susana, I., Nua, E. N., & Y. P. P., R. (2020). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Pasien di Unit Rawat Jalan Puskesmas Watubaing Kecamatan Talibura Kabupaten Sikka. Jurnal Keperawatan Dan Kesehatan Masyarakat, 7(1), 46–55.

Santoso, T. (2021). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Kepuasan Pasien Dalam Pelayanan Kesehatan di Puskesmas aur Beduri Kecamatan Nalo Tantan Kabupaten Merangin Tahun 2021. Jurnal Kesehatan Dan Sains Terapan, 7(1), 1–6.

Syukri, M. (2021). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kesehatan. Jurnal Pendidikan Keperawatan Dan Kebidanan, 1(2).

Tjiptono, F. (2016). Service, Quality & Satisfaction (4th ed.). Andi Offset.

Wijaya, L. D. A. (2017). Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Tingkat Kepuasan Pasien dalam Mendapatkan Pelayanan Kesehatan di Puskesmas Lubuk Buaya Kota Padang Tahun 2017.




DOI: http://dx.doi.org/10.33757/jik.v8i2.1093

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 JIK JURNAL ILMU KESEHATAN

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


E-ISSN : 2597-8594 (Online) P-ISSN : 2580-930X (Cetak)
Publish by STIKes Alifah Padang
Jl. Khatib Sulaiman No 52 B Kota Padang. Telp 0751-7059849. Fax 0751-7059849. Website: www.stikesalifah.ac.id
Email : jik@stikesalifah.ac.id