Kejadian Cyberbullying dan Kecemasan Pada Mahasiswa
Abstract
Meningkatnya penggunaan internet dikalangan mahasiswa menyebabkan ketersediaan media sosial semakin meningkat. Penggunaan media sosial di Indonesia mencapai 49,52% pada kelompok usia 15-25 tahun, mahasiswa merupakan demografi terbesar pada kelompok usia tersebut. Seiring perkembangan teknologi, pengguna internet dapat dengan mudah menemukan informasi yang mereka butuhkan di media sosial. Penggunaan media sosial secara berlebihan oleh mahasiswa dapat menimbulkan dampak negatif, diantaranya adalah cyberbullying yang berdampak pada masalah kesehatan mental yaitu kecemasan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara cyberbullying dengan tingkat kecemasan mahasiswa baru. Jenis penelitian yang digunakan deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional study. Penelitian dilakukan di STIKes Alifah Padang pada bulan September 2023. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa baru Prodi Keperawatan STIKes Alifah, berjumlah 243 Orang dengan jumlah sampel 112 orang. Teknik pengambilan sampel yaitu Simple Random Sampling yaitu pengambilan sampel secara acak. Instrumen yang digunakan cyberbullying dengan RCBI (Revised Cyber Bullying Inventory) Kecemasan dengan HARS (Hamilton Ansietas Rating Scale). Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari kurang dari separuh mahasiswa mengalami cemas sebanyak (47,3 %), kurang dari separuh mengalami kecemasan sebanyak (83,0 %). Ada hubungan yang signifikan antara cyberbullying siswa baru dan kecemasan, dengan p-value 0,003. Diharapkan kepada bagian kemahasiswaan STIKes Alifah Padang untuk dapat memberikan materi pembelajaran dalam mengatasi masalah psikososial (kecemasan) pada saat pengenalan kehidapan kampus bagi mahasiswa baru (PKKMB).
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Andini, L. S., & Kurniasari, K. (2021). Bullying berhubungan dengan kejadian gangguan cemas pada pelajar SMA. Jurnal Biomedika Dan Kesehatan, 4(3), 99–105. https://doi.org/10.18051/jbiomedkes.2021.v4.99-105
APJII. (2018). Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia Indonesia. https://apjii.or.id/survei
Asriyah Jamil. (2021). HUBUNGAN PERILAKU CYBERBULLYING DI MEDIA SOSIAL DENGAN TINGKAT KECEMASAN PADA MAHASISWA KEPERAWATAN UMKT SKRIPSI. Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur.
Defwanti, E. (2023). Pengaruh Cyberbullying Terhadap Depresi Pada Remaja Di Smkn 2 Medan (Vol. 5) [Universitas Islma Sumatera Utara]. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK558907/
Destin, P. (2022). PENGARUH MORAL DISENGAGEMENT , PARENTAL ATTACHMENT , DAN JENIS KELAMIN TERHADAP.
Felisca Novitria. (2022). PERBEDAAN KECEMASAN AKADEMIK PADA MAHASISWA BARU JURUSAN PSIKOLOGI DITINJAU DARI JENIS KELAMIN. 9(1), 11–20.
Gusdiansyah, E. (2023). Penatalaksanaan Masalah Psikososial Ansietas pada Remaja dengan Kejadian Cyberbullying di Wilayah Kerja Puskesmas Andalas Management of Psychosocial Anxiety Problems in Adolescents with Cyberbullying Incidents in the Working Area of the Andalas Public Hea. JPIK (Jurnal Pengabdian Ilmu Kesehatan), 2(2), 109–113.
Gusdiansyah, E., & Susanti, A. (2020). Pengaruh Terapi Suportif Terhadap Penurunan Ansietas Pada Narapidana Remaja Di Lembaga Pemasyarakatan Kelas Ii a Padang. Jurnal Kesehatan Medika Saintika Desember, 11(2), 9–17. http://dx.doi.org/10.30633/jkms.v11i1.615
Hanika, I. M., Witjaksono, A. A., & Pratiwi, S. I. (2021). Fenomena Cyberbullying pada Mahasiswa di Jakarta Selatan. Jurnal Ilmiah Media, Public Relations, Dan Komunikasi (IMPRESI), 2(1), 15. https://doi.org/10.20961/impresi.v2i1.53136
Muliani, N., Ginanjar, A. P., & . Y. (2020). Bullying Meningkatkan Kecemasan Siswa Smk Muhammadiyah 1 Padang Ratu Lampung Tengah. Jurnal Ilmiah Kesehatan, 9(2), 83–87. https://doi.org/10.52657/jik.v9i2.1234
Noviato, I. (2022). Perilaku penggunaan internet di kalangan mahasiswa. 1–40.
Putri, H. E., & Hayyun, M. (2023). Edukasi Bahaya Cyberbullying Terhadap Pelahjar di MTS As-Sa’adah Desa Sasak Panjang. Prosiding Seminar Nasional LPPM UMJ, 1–6. http://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaskat
Riswanto, D., & Marsinun, R. (2020). Perilaku Cyberbullying Remaja di Media Sosial. Analitika, 12(2), 98–111. https://doi.org/10.31289/analitika.v12i2.3704
Stuart. (2016). Principles and Practice of Psychiatric Nursing ((5 Edition). Mosby.
Watie, E. D. S. (2016). Komunikasi dan Media Sosial (Communications and Social Media). Jurnal The Messenger, 3(2), 69. https://doi.org/10.26623/themessenger.v3i2.270
DOI: http://dx.doi.org/10.33757/jik.v8i2.1160
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 JIK JURNAL ILMU KESEHATAN
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
E-ISSN : 2597-8594 (Online) P-ISSN : 2580-930X (Cetak)
Publish by STIKes Alifah Padang
Jl. Khatib Sulaiman No 52 B Kota Padang. Telp 0751-7059849. Fax 0751-7059849. Website: www.stikesalifah.ac.id
Email : jik@stikesalifah.ac.id