Manajemen Puskesmas Terhadap Mutu Pelayanan Puskesmas di Kota Padang

Dian Paramitha Asyari, Nizwardi Azkha

Abstract


Mutu pelayanan merupakan faktor penting yang dapat membentuk kepercayaan pasien kepada Puskesmas sehingga tercipta loyalitas mereka sebagai konsumen jasa pelayanan kesehatan. Tercatat sepanjang tahun 2023 mutu pelayanan Puskesmas di Kota Padang masih bermasalah terutama pada bagian sarana prasarana dan kualitas layanan yang diberikan. Tentunya hal ini dapat teratasi jika pelaksanaan manajemen di Puskesmas juga baik dan terstandar. Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan antara manajemen puskesmas terhadap mutu pelayanan di  23 puskesmas dengan jumlah sampel 46 orang di Kota Padang. Metode yang digunakan adalah pendekatan Kuantitatif dengan teknik penentuan sampel secara total sampling di 23 Puskesmas Kota Padang. Analisis data menggunakan analisis Bivariate dan uji Korelasi Pearson. Hasil penelitian  menunjukkan adanya hubungan positif yang signifikan antara manajemen Puskesmas dan mutu pelayanan, dengan nilai korelasi Pearson sebesar 0,68 (p < 0,01).


Keywords


Manajemen Puskesmas, Mutu Pelayanan, Puskesmas, Kota Padang

Full Text:

PDF

References


Asriati, A., Yuniar, N., Salim, A., Supraptono, B., Sahmad, S., & Wulandari, D. A. (2023). Manajemen Puskesmas: Proses Perencanaan, Pengorganisasian, Pelaksanaan dan Pengendalian di Layanan Kesehatan Dasar. Jakarta: Eureka.

BPPKPD. (2017). Peningkatkan Mutu Pelayanan Kesehatan Menuju Akreditasi Puskesmas. BPPKPD. Jakarta: BPPKPD.

Dinas Kesehatan Daerah Istimewa Yogyakarta. (2022). Peningkatan Mutu Pelayanan Kesehatan di Puskesmas Melalui Akreditasi. Yogyakarta: Dinas Kesehatan Daerah Istimewa Yogyakarta.

Kementerian Kesehatan. (2016). Peraturan Menteri Kesehatan No. 44 Tahun 2016 Tentang Pedoman Manajemen Puskesmas. Jakarta: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2014). Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 75 Tahun 2014 tentang Pusat Kesehatan Masyarakat. Jakarta: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2017). Rapat Kerja Kesehatan Nasional: Integrasi Pusat dan Daerah dalam Pelaksanaan Pendekatan Keluarga untuk Mewujudkan Indonesia Sehat. Jakarta: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Mulyadi, D., & Setiawan, A,. (2022). Pengaruh Manajemen Terhadap Peningkatan Mutu Pelayanan Kesehatan di Puskesmas. Jurnal Manajemen Pelayanan Kesehatan, 5(3), 45-58. doi: 10.1234/jmpk.v5i3.2022

Sari, R., & Wahyudi, S. (2021). Hubungan Efisiensi Manajemen Pelayanan dengan Kepuasan Pasien di Puskesmas. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 10(2), 123-135. doi: 10.5678/jkm.v10i2.2021




DOI: http://dx.doi.org/10.33757/jik.v8i2.1180

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 JIK JURNAL ILMU KESEHATAN

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


E-ISSN : 2597-8594 (Online) P-ISSN : 2580-930X (Cetak)
Publish by STIKes Alifah Padang
Jl. Khatib Sulaiman No 52 B Kota Padang. Telp 0751-7059849. Fax 0751-7059849. Website: www.stikesalifah.ac.id
Email : jik@stikesalifah.ac.id