Pemberian ASI Eksklusif dan Pola Asuh dengan Kematangan Emosi pada Anak Usia 5-6 Tahun

Afrira Esa Putri, Edison Edison, Desmiwarti Desmiwarti

Abstract


Pemberian ASI Eksklusif dapat mempengaruhi kematangan emosi anak. Rasa aman dan nyaman pada saat disusui meningkatkan kematangan emosi anak. Pola asuh juga akan mempengaruhi perilaku seperti kompetensi emosi, sosial dan intelektual anak. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan pemberian ASI ekslusif dan pola asuh dengan kematangan emosi pada anak usia 5-6 tahun. Desain penelitian ini cross sectional dengan 77 responden dengan teknik systematic random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara lansung kepada responden, pada variabel pola asuh menggunakan Parental Authority Questionaire (PAQ). Kematangan emosi dan pemberian ASI eksklusif menggunakan kuisioner yang dirancang oleh peneliti. Sebagian besar ibu memberikan Asi ekskusif, menerapkan pola asuh demokratif dan sebagian besar anak dengan kematangan emosi yang tinggi. Terdapat hubungan yang signifikan pemberian ASI eksklusif dengan kematangan emosi p=0,009 serta memiliki hubungan yang bermakna dengan nilai C=0,400 dan terdapat hubungan yang signifikan antara pola asuh dengan kematangan emosi dengan nilai p=0,004 dan memiliki hubungan yang bermakna dengan nilai C=0,309 dan nilai OR=1,544 untuk faktor yang paling berpengaruh terhadap kematangan emosi anak adalah ibu yang bekerja. Kesimpulan penelitian pemberian ASI eksklusif dan pola asuh demokratif dapat mengembangkan kematangan emosi pada anak.


Keywords


ASI Eksklusif, Pola Asuh, Kematangan Emosi

Full Text:

PDF

References


Beck, A., Cooper, C., Mclanahan, S., & Brooks-gun, J. (2010). Relationship Transitions And Maternal Parenting. NCBI, 219-233.

Eni, A. (2019). Pola Asuh Orang Tua Berhubungan Dengan Perkembangan Emosi (Eq) Anak. Jurnal Keperawatan Stikes William Booth, 26-33.

Hsin, A., & Christina, F. (2014). When Does Time Matter? Maternal Employment, Children’s Time With Parents, and Child Development. Demography, 1867-1894.

Hurlock, E. (2014). Psikologi Perkembangan. Jakarta: Erlangga.

Lewis, M., & Haviland, J. J. (2012). Hand Of Emotions (Vol. 3). New Jersey: The Guillford Press.

Mashar, R. (2011). Emosi Anak Usia Dini dan Strategi Pengembangannya. Jakarta: Kencana.

Metwally, A. M., Salah El-Din, E. M., & Shehata, M. A. (2016). Early Life Predictors of Socio-Emotional Development in a Sample of Egyptian Infants. Plos One.

Nezhad, M. Z., Aunola, K., Kiuru, N., Mulola, S., & Goodarzi, A. M. (2015). Parenting Style and Children's Emotional Development During The Firstgrade; The Moderating Role Of Child Temperament. Journal of Psychology and Psychoterapy, 5(5), 1-12.

Pant, K., & Singh, R. (2017). Educational status of parents as a predictor of social and emotional maturity of adolescents. International journal Of Environment Ecology Family and Urban Studies (IJEEFUS), 2250-2265.

Pendidikan Kota Padang, D. (2019). Peserta Didik PAUD Berdasarkan Usia. Padang: Departemen Pendidikan Kota Padang.

Roesli, U. (2009). Inisiasi Menyusui Dini Plus ASI Eksklusif. Jakarta: Pustaka Bunda.

Santrock, J. W. (2011). Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga.

Santrock, J. W. (2017). Perkembangan Masa Hidup. Jakarta: Erlangga.

Trillingsgaard, T., & Sommer, D. (2016). Associations Between older maternal age, use of sanctions, and children’s socio-emotional development through 7, 11, and 15 years. European Journal Of Developmental Psychology, 141-155.




DOI: http://dx.doi.org/10.33757/jik.v5i1.375

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 JIK JURNAL ILMU KESEHATAN

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


E-ISSN : 2597-8594 (Online) P-ISSN : 2580-930X (Cetak)
Publish by STIKes Alifah Padang
Jl. Khatib Sulaiman No 52 B Kota Padang. Telp 0751-7059849. Fax 0751-7059849. Website: www.stikesalifah.ac.id
Email : jik@stikesalifah.ac.id