Hubungan Stimulasi Orang Tua Terhadap Perkembangan Bicara Dan Bahasa Anak Usia Batita

Fenny Fernando, Etriyanti Etriyanti, Melia Pebrina

Abstract


Perkembangan bicara dan bahasa anak yang optimal tidak lepas dari cara orang tua dalam menstimulus anaknya.. Anak yang  memperoleh stimulus  yang  terarahkan lebih cepat berkembang dibandingkan anak yang kurang memperoleh stimulus dan apa bila orang tua mematikan inisiatif anak, maka hal tersebut akan membuat anak bersalah. Tujuan penelitian diketahuinya  hubungan stimulasi orang tua dengan perkembangan bicara dan bahasa anak usia batita di Wilayah Kerja Puskesmas Tanah Garam Kota Solok tahun 2018. Penelitian ini menggunakan desain Deskriptif Analitik dengan rancangan Cross Sectional. Populasi penelitian adalah seluruh orang tua yang memiliki anak batita jumlah 109 di Wilayah Kerja Puskesmas Tanah Garam Kota Solok, dengan sampel orang tua dan balita sebanyak 86 orang. Analisa hasil dilakukan dengan menggunakan Uji Chi-square. Hasil penelitian ini didapat data bahwa anak balita yang mengalami suspek dalam perkembangan bicara dan bahasa sebanyak 42%, dan 58% orang tua kurang optimal melakukan stimulasi kepada anak batita.Hasil analisis statistik chi square diperoleh p=0,000 (p<0,05), terdapat hubungan antara stimulasi terhadap perkembangan bicara dan bahasa anak batita di Wilayah Kerja Puskesmas Tanah Garam Kota Solok tahun 2018. Dapat  disimpulkan bahwa pemberian stimulasi akan mengoptimalkan perkembangan bicara dan Bahasa anak batita. Disarankan kepada orang tua agar selalu memberikan sentuhan saat berbicara dengan anak.

Kata Kunci :  Stimulasi, perkembangan bicara, bahasa.


Full Text:

PDF

References


Christiari AY. Ramzis, I. F. (2013). Hubungan Pengetahuan Ibu Tentang Stimulasi Dini Dengan Perkembangan Motorik Pada Anak Usia 6-24 Bulan Di Kecamatan Mayang Kabupaten Jember. Pustaka Kesehatan.

Depkes, R. (2012). Pedoman Pelaksanaan Stimulasi. Deteksi Dan Intervensi Dini Tumbuh Kembang Anak Ditingkat Pelayanan Kesehatan Dasar. Jakarta: Depkes RI.

Hartanto. Selina, Zubrial & Fitra, S. (2011). Pengaruh Perkembangan Bahasa Terhadap Perkembangan Kongitifanak Usia 1-3 Tahun. Sari Pedriatri.

Kemenkes, R. (2015). Data Dan Informasi Tahun 2014. (ProfiI Kesehatan Indonesia). Jakarta: Kemenkes RI.

Putra, AY. Yudiemawati, A. Maemunah, N. (2018). Pengaruh Pemberian Simulasi Oleh Orang Tua Terhadap Perkembangan Bahasa Pada Anak Usia Toddler di PAUD Asparaga Malang. Nursing News, 3(1).

Soetjiningsih. (2013). Tumbuh Kembang Anak (2nd ed.). Jakarta: Salemba Medika.

Suryani. (2013). Pengetahuan Stimulasi Orang Tua Dengan Perkemnang Anak 1-3 Tahun Dikelurahan Pringapus kecamatan Pringapus Kabupaten Semarang.

Widiantoro, E & Prawesti, D. (n.d.). Pemberian Stimulasi Terhadap Perkembangan Anak Usia 3-5 Tahun. STIKES, 6(1).

Yektiningsih. (2010). Hubungan Pemberian Simulasi Oleh Orang Tua Dengan Perkembangan Bahasa Anak Usia Pra Sekolah 3-5 tahun di Taman Kanak-kanak Al Fath Pare. AKP, 2.

Yusuf, R. N. (2017). Analisis Tingkat Pengetahuan Ibu Tentang Tumbuh Dan Kembang Pada Anak Balita Usia 3-5 tahun. Medika Saintika, 8(2).

Yusuf, S. (2011). Perkembanga Anak Dan Remaja. Bandung: Pr Raja Frafindo Persada.




DOI: http://dx.doi.org/10.33757/jik.v3i2.144

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 JIK JURNAL ILMU KESEHATAN

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


E-ISSN : 2597-8594 (Online) P-ISSN : 2580-930X (Cetak)
Publish by STIKes Alifah Padang
Jl. Khatib Sulaiman No 52 B Kota Padang. Telp 0751-7059849. Fax 0751-7059849. Website: www.stikesalifah.ac.id
Email : jik@stikesalifah.ac.id