FAKTOR RISIKO GEJALA SICK BUILDING SYNDROME PADA PEGAWAI BPPSDM KESEHATAN RI

Saffanah Siti, Rafiah Maharani Pulungan

Abstract


Sick Building Syndrome merupakan salah satu fenomena masalah kesehatan yang diakibatkan oleh lingkungan kerja yang buruk. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor risiko gejala sick building syndrome pada pegawai BPPSDMK RI. Desain penelitian dengan pendekatan cross sectional. Teknik pemilihan sampel dengan sampling purposive dan besar sampel 53 responden. Metode analisis data menggunakan analisis univariat dan analisis bivariat dengan uji Chi-square. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara faktor demografi yaitu faktor umur (p-value 0,014) dan faktor-faktor terkait dengan pekerjaan yaitu faktor sistem ventilasi (kecepatan aliran udara) (p-value 0,036) dengan gejala sick building syndrome pada pekerja. Saran yang dapat diberikan yaitu menyempatkan membuka jendela atau pintu sebelum menggunakan AC, melakukan pemeriksaan kualitas fisik udara secara berkala, mempertimbangkan pergantian penggunaan AC sentral dengan AC lokal ditiap ruang, serta meningkatkan pemeliharaan sistem ventilasi dalam ruangan.


Full Text:

PDF

References


AIRHA, 2016, Indoor Air Quality Handbook, Australian Building Codes Board (ABCB), Australia.

American Society for Heating, Refrigerating and Air Conditioning Engineers (ASHRAE), 2013, Standard for Acceptable Indoor Air Quality, ASHRAE Standard: 62-1989, America.

Antoniusman, M, 2013, Hubungan Jumlah Koloni Bakteri Patogen Udara Dalam Ruang Dan Faktor Demografi Terhadap Kejadian Gejala Sick Building Syndrome (SBS) Pada Responden Penelitian Di Gedung X Tahun 2013, Skripsi, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Aryanti, H.A, 2016, Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Keluhan Sick Building Syndrome Pada Karyawan Bank Papua Cabang Jakarta Pusat Tahun 2016, Skripsi, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta.

Dewi, F.G, 2012, Pengaruh Kecepatan Dan Arah Aliran Udara Terhadap Kondisi Udara Dalam Ruangan Pada Sistem Ventilasi Alamiah, Jurnal Rekayasa Mesin Vol.3, No. 2 Tahun 2012:299-304, Universitas Brawijaya Malang.

Dumbela, N, 2014, Alokasi Waktu Kerja Pada Usahatani Padi Sawah Di Kecamatan Telaga Kabupaten Gorontalo, Thesis, Universitas Negeri Gorontalo.

Fauzi, M, 2014, Hubungan Faktor Fisik, Biologi dan karakteristik individu dengan Kejadian Sick Building Syndrome pada Pegawai di Gedung Pandanaran Kota Semarang, Skripsi, Universitas Negeri Semarang.

Franswijaya dan Kusnoputranto, 2012, Kualitas Udara Dalam Ruang Dengan Kejadian SBS Di Gedung 4 Kantor Pusat Badan Pusat Statistik, Jakpus, Tahun 2012, Jurnal, Universitas Indonesia.

Juarsih, 2013, Pengaruh Kualitas Fisik Udara Dalam Ruangan Ber AC Terhadap Kejadian Sick Building Syndrome (SBS) Pada Pegawai Di Gedung Pusat Teknologi Informasi Dan Komunikasi (PUSTIKOM) Universitas Negeri Gorontalo, Jurnal, Universitas Gorontalo.

Kemenkes, Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 48 Tahun 2016, Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia tentang standar keselamatan dan kesehatan kerja perkantoran, Jakarta.

Laila, N.N, 2011, Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Keluhan Sick Building Syndrome (SBS) Pada Pegawai Di Gedung Rektorat Syarif Hidayatullah Jakarta Tahun 2011, Skripsi, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Lisyastuti, E, 2010, Jumlah Koloni Mikroorganisme Udara Dalam Ruang Dan Hubungannya Dengan Kejadian Sick Building Syndrome (SBS) Pada Pekerja Balai Besar Teknologi Kekuatan Struktur (B2TKS) BPPT Di Kawasan Puspiptek Serpong Tahun 2010, Tesis, Universitas Indonesia.

Nizarofah, D.R, 2016, Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Kejadian Sick Building Syndrome Pada Pekerja Di PT Sai Apparel Industries Semarang, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Semarang.

Rahman, dkk., 2013, Studi Tentang Keluhan Sick Building Syndrome (SBS) Pada Pegawai di Gedung Rektorat Universitas Hasanuddin Makassar, Jurnal, Universitas Hasanudin Makassar.

Ruth, S, 2009, Gambaran Kejadian Sick Building Syndrome (SBS) dan Faktor- faktor yang berhubungan pada Karyawan PT Elnusa Tbk di Kantor Pusat Graha Elnusa Tahun 2009, Skripsi, S1 Fakultas Kesehatan Masyarakat UI Depok.

Yulianti, dkk. 2012. Sick Building Syndrome. Jurnal CDK-189/ vol. 39 no. 1, th. 2012.

Zaelani, A. 2015. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kejadian Sick Building Syndrome Pada Pegawai Di Departemen Distribusi Wilayah 1 Graha Sarana PT.Petrokimia Gresik. Skripsi, Universitas Jember.




DOI: http://dx.doi.org/10.33757/jik.v3i1.161

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 JIK JURNAL ILMU KESEHATAN

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


E-ISSN : 2597-8594 (Online) P-ISSN : 2580-930X (Cetak)
Publish by STIKes Alifah Padang
Jl. Khatib Sulaiman No 52 B Kota Padang. Telp 0751-7059849. Fax 0751-7059849. Website: www.stikesalifah.ac.id
Email : jik@stikesalifah.ac.id