Pengaruh Pemberian Minuman Jahe (Zingiber Officinale Var. Rubrum) Terhadap Penurunan Emesis Gravidarum Trimester Pertama

Ika Putri Ramadhani, Fanny Ayudia

Abstract


Morning sickness atau emesis gravidarum adalah suatu kondisi yang terjadi  pada usia kehamilani 4 minggu  dan berakhir pada usia kehamilan 14 sampai 16 minggu . Untuk mengatasi mual muntah bisa secara non farmakologi. Minuman teh jahe, memakan permen jahe ataupun minum air rebusan jahe  merupakan salah satu  pengobatan tradisional untuk mengurangi mual muntah. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi eksperiment dengan rancangan two control group pre-post test design. Populasi dalam penelitian ini yaitu ibu hamil dengan emesis gravidarum dan diberi perlakukan minuman jahe, populasi kontrol yaitu ibu yang mengalami emesis gravidarum yang diberi air putih dan gula. Sampel  pada penelitian ini sebesar 34. Tekhnik analaisa data adalah analisis univariat dan analisis bivariat. Tekhnik analisa data bivariat yang digunakan adalah independent t test dan paired t test. Hasil penelitian ini didapatkan frekuensi emesis gravidarum pada ibu hamil sebelum diberikan minuman jahe sebanyak 3,65 kali/hari dan sesudah diberikan minuman jahe menurun menjadi 2,18 kali/hari. Hasil analisis menggunakan paired t test dengan nilai hitung 8,452 dan p value = 0.000 (α = 0.05). ini menunjukan bahwa adanya perbedaan yang signifikan frekuensi emesis gravidarum sebelum dan sesudah diberikan minuman jahe.

Kata kunci: Morning sickness, Jahe (Zingiber officinale)


Full Text:

PDF

References


Aini, Z. W. K. (2010). . Pengaruh pemberian air rebusan jahe terhadap mual muntah pada ibu yang mengalami emesis gravidarum di wilayah kerja Puskesmas Wirobrajan Yogyakarta.

Ardani, A. (2014). Perbandingan Efektifitas Pemberian Terapi Minuman Jahe dengan Minuman Kapulaga terhadap Morning Sickness pada Ibu Hamil Trimester I di Kelurahan Ngempon Kecamatan Bergas Kabupaten Semarang.

Booth, T. (2008). Tanya Jawab Seputar Kehamilan. Jakarta: Bhuana Ilmu Populer.

Choiriyah, Zumrotul., dan A. T. (2013). Efektifitas Konsumsi Ekstrak Jahe dengan Frekuensi Mual Muntah pada Ibu Hamil di Wilayah Kerja Puskesmas Ungaran.

Hasanah. (2014). Efektivitas Pemberian Wedang Jahe (Zingiber Officinale Var. Rubrum) Terhadap Penurunan Emesis Gravidarum Pada Trimester Pertama. Jurnal Biometrika Dan Kependudukan, 3(1).

Hutahaen. (2013). Perawatan Antenatal. Jakarta: Salemba Medika.

Koswara, S., A. D. dan S. (2011). Panduan Proses Produksi Minuman Jahe Merah Instan. Bogor: Lembaga Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat Institut Pertanian Bogor.

Koswara, S., A. D. dan S. (2012). Panduan proses produksi minuman jahe merah instan. Lembaga Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat Institut Pertanian Bogor. Bogo. Lembaga Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat Institut Pertanian Bogor.

Manuaba. (2010). Ilmu kebidanan, peyakit kandungan dan kb (2nd ed.). Jakarta: EGC.

Myles. (2011). Buku ajar bidan. Jakarta: EGC.

Rufaridah, D. (2019). Pengaruh Seduhan Zingiber Offcinale (Jahe) Terhadap Penurunan Emesis Gravidarum. Jurnal Endurance : Kajian Ilmiah Problema Kesehatan, 4(1).

Sarberi F, Sadat Z, Abedzadeh M, T. M. (2013). Acupressure and Ginger to Relieve Nausea and Vomiting in Pregnancy: a Randomized Study. Iranian Red Crescent Medical Journal.

Sukarni. (2013). Kehamilan, persalinan dan nifas. Yogyakarta: Nusa Medika.

Viljoen, E. Visser, J. Koen, N. Musekiwa, A. (2014). ). A Systematic Review And Meta-Analysis Of The Effect And Safety Of Ginger In The Treatment Of Pregnancy-Associated Nausea And Vomiting. Nutrition Journal.

Vutyavanich, T., Theerajan, K., Rung-Aroon, R. (2001). Ginger For Nausea and Vomiting in Pregnancy Randomized-Double-Masked, Placebo- Controlled-Trial. Department of Obstetrics and Gynaecology, Chiang Mai University Thailand, 97(04).

Wiraharja, Regina Satya. Heidy, Selfi Rustam, M. I. (2011). Kegunaan Jahe Untuk Mengatasi Gejala Mual dalam Kehamilan. DAMIANUS Journal of Medicine, 10(3), 161–170.




DOI: http://dx.doi.org/10.33757/jik.v3i2.231

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 JIK JURNAL ILMU KESEHATAN

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


E-ISSN : 2597-8594 (Online) P-ISSN : 2580-930X (Cetak)
Publish by STIKes Alifah Padang
Jl. Khatib Sulaiman No 52 B Kota Padang. Telp 0751-7059849. Fax 0751-7059849. Website: www.stikesalifah.ac.id
Email : jik@stikesalifah.ac.id