Penurunan Skala Nyeri Dismenorea Dengan Pijat Endorphine Pada Mahasiswa STIKes Alifah yang Mengalami Dismenorea

Ika Putri Ramadhani

Abstract


Menstruasi merupakan indikator kematangan seksual yang terjadi pada masa pubertas seorang wanita.Dismenorea atau istilah medisnya catmenial pelvic pain, adalah keadaan dimana seorang perempuan mengalami nyeri saat menstruasi yang dapat mengganggu aktifitas sehari-hari. Penelitian ini bertujuan mengetahui penurunan skala nyeri dismenorea dengan pijat endorphine pada mahasiswa yang mengalami dismenore. Penelitian ini menggunakan quasi eksperimen dengan bentuk Non equivalent Control Group Design. Tekhnik pengambilan sampel adalah purposive sampling dengan sampel sebanyak 24 responden yang terdiri dari 12 orang kelompok kontrol dan 12 orang kelompok intervensi. Uji statistik yang digunakan adalah T-test dependent. Hasil penelitian didapatkan p= 0.000 (p < 0.05) dimana terdapat perbedaan yang signifikan antara pijat endorphine terhadap skala nyeri dismenore. Sehingga dapat disimpulkan ada pengaruh pijat endorphine terhadap skala nyeri dismenore pada mahasiswa Stikes Alifah. Diharapkan bagi tenaga kesehatan hendaknya mulai menerapkan terapi pijat endorphine saat dismenorea daripada menggunakan obat-obatan penurun rasa nyeri.


Full Text:

PDF

References


Afiyanti & Anggi. (2016). Seksualitas dan Kesehatan Reproduksi Perempuan. Jakarta: Pt Rajagrafindo Persada.

Annisa, E. &. (2017). Pengaruh Pijat Endorphine Terhadap Skala Nyeri Pada Siswi SMA yang Mengalami Dismenore. Jurnal Iptek Terapan.

Anurogo, D. & Wulandari, A. (2011). Cara Jitu Mengatasi Nyeri Haid. Yogyakarta: ANDI Yogyakarta.

Anwar M, Baziad A, P. R. (2014). Ilmu Kandungan(3rd ed). Jakarta: Bina Pustaka Sarwono Prawirohardjo.

Aprillia, Y. (2012). Hypnosetri: Rileks, Nyaman, AmanSaatHamildanMelahirkan. Jakarta: Gagas Medika.

Asri Rahayu, Sinar Pertiwi, S. P. (2017). No Title. Midwife Journal, 3(2).

Bakhtshirin, F et al. (2015). The effect of aromather¬apy massage with lavender oil on the severity of pri¬mary dysmenorrhea in Arsanjan students. Iran J Nurs Midwifery Re.

Evira M., T. A. (2018). Pengaruh Pijat En¬dorphine terhadap Skala Nyeri pada Siswi SMA yang Mangalami Disminore. Jurnal IPTEK Terapan. Research of Applied Science and Education.

Gumangsari, N. M. G. (2016). Pengaruh Massage Counterpressure Terhadap Penurunan Tingkat Nyeri Haid Pada Remaja Putri di SMA N 2 Ungaran Kabupaten Semarang.

Kartika Sari dan Apriliya. (2016). Pengaruh Endorphin Massage Terhadap Penurunan Intensitas Nyeri Punggung Ibu Hamil. RAKERNAS AIPKEMA 2016.

Sari, P. I. (2015). Perbedaan Tingkat Nyeri Disminorea dengan Senam Disminorea, Murot¬tal Al-Qur’an, dan Senam Disminorea kombina¬si Murottal Al-Qur’an. Http://Thesis.Umy.Ac.Id/ Datapublik/T53076.Pdf.




DOI: http://dx.doi.org/10.33757/jik.v4i1.253

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 JIK JURNAL ILMU KESEHATAN

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


E-ISSN : 2597-8594 (Online) P-ISSN : 2580-930X (Cetak)
Publish by STIKes Alifah Padang
Jl. Khatib Sulaiman No 52 B Kota Padang. Telp 0751-7059849. Fax 0751-7059849. Website: www.stikesalifah.ac.id
Email : jik@stikesalifah.ac.id