Senam Lansia Terhadap Tekanan Darah pada Lansia Hipertensi

Meyi Yanti, Alkafi Alkafi, Defi Yulita

Abstract


Abstrak

Menurut Dinkes Kota Padang (2016), Hipertensi esensial di Kota Padang tahun 2016 untuk prevalensi kasus sebesar 1,96%, dibandingkan dengan tahun 2015 menurun sebesar 2,00%. Pengetahuan masyarakat untuk menjaga kesehatan dan perilaku hidup yang tidak sehat serta kurangnya kesadaran merupakan kemungkinan salah satu faktor penyebabnya. Salah satu faktor resiko Penyakit Jantung Koroner (PJK) adalah Tekanan darah tinggi karena tekanan darah yang meninggi akan mempersempit pembuluh-pembuluh nadi dan merusak dinding pembuluh nadi dan mempercepat proses penebalan (aterosklerosis). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh senam lansia terhadap tekanan darah pada Lansia Hipertensi di Kelurahan Dadok Tunggul Hitam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah ”Quasi experimental pre-post test”. Sampel dalam penelitian ini adalah lansia di Kelurahan Dadok Tunggul Hitam, yang berjumlah 32 responden, 16 untuk kelompok kontrol dan 16 untuk kelompok intervensi. Analisis data yang digunakan adalah Univariat dan Bivariat, diamana analisis bivariat menggunakan Independent t test. Pada kelompok intervensi sebelum dilakukan senam didapatkan nilai rata-rata tekanan darah adalah 180,5 mmHg dan sesudah senam sebanyak 130 mmHg. Pada kelompok kontrol sebelum dilakukan senam didapatkan nilai rata-rata tekanan darah adalah 176 mmHg dan sesudah senam sebesar 150 mmHg. Berdasarkan uji statistik terdapat pengaruh senam lansia terhadap tekanan darah pada Lansia Hipertensi dengan nilai p = 0,001. Senam lansia merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menurunkan tekanan darah pada Lansia Hipertensi. Sangat diperlukan aktifitas fisik seperti senam dilakukan pada lansia yang mengalami Hipertensi. Pengelolaan Lansia yang mengalami Hipertensi dapat dilaksanakan oleh tenaga kesehatan melalui kegiatan sosialisasi dan pelatihan ketrampilan pelaksanaan senam lansia.

Kata kunci: Senam Lansia, Hipertensi, Lansia

 

ELDERLY EXERCISE ON BLOOD PRESSURE IN ELDERLY WITH HYPERTENSION

 

Abstract

According to the Padang City Health Office (2016), the prevalence of essential hypertension cases in Padang City in 2016 was 1.96% decreased compared to 2015 which was 2.00%. This might be due to a lack of awareness, community knowledge to maintain health and unhealthy living behaviors. High blood pressure is considered to increase risk factors for coronary heart disease (CHD) because elevated blood pressure will damage the artery walls and accelerate the process of thickening (atherosclerosis) and narrow the arteries. The method used in this study is "Quasi experimental pre-post test". The study was conducted in December 2017 until April 2018 in the Subdistrict of Dadok Tunggul Hitam, Padang City. The average blood pressure in the intervention group before Exercise was 184.2 mmHg. The average value of blood pressure in the intervention group after exercise was 140 mmHg ,. There is an influence of elderly exercise on blood pressure in elderly hypertension with a p value of 0,0001. Elderly exercise is one of the factors that influence the decrease in blood pressure in elderly hypertension. It is very necessary physical activity such as exercise performed in the elderly who experience hypertension. Health workers need to conduct socialization and skills training on the implementation of the elderly so that they can carry out management

Key Words:. Elderly Exercise, Hypertension, Elderly


Keywords


Senam Lansia, Hipertensi, Lansia

Full Text:

PDF

References


Ann A Erwianto, dkk. 2015. Pedoman Tatalaksana Hipertensi pada Penyakit Kardiovaskuler. Jakarta: Perhimpunan Dokter Spesialis Kardiovaskuler Indonesia.

Astari, dkk. 2013. “Pengaruh Senam Lansia Terhadap Tekanan Darah Lansia Dengan Hipertensi Pada Kelompok Senam Lansia Di Banjar Kaja Sesetan Denpasar Selatan.” ojs.unud.ac.id. http://ojs.unud.ac.id/index.php/coping/article/download/6132/4623.

Harrison, I., Wilson, B.W., & Kasper, M.F. 2005. Prinsip-prinsip ilmu penyakit dalam, edisi 13 volume 3. Jakarta: EGC.

Henuhili, dkk. 2011. “Pola Pewarisan Penyakit Hipertensi dalam Keluarga sebagai Sumber Belajar Genetika.” Prosiding Seminar Nasional Penelitian dan Penerapan MIPA, Fakultas MIPA, Universitas Negeri.

Ilkafah. 2014. “Pengaruh Latihan Fisik (Senam Lansia) Terhadap Penurunan Tekanan Darah Pada Lansia Dengan Hipertensi Ringan – Sedang Di Rektorat Unibraw Malang.” Jurnal Surya, Vol 2 Nomer IV, Malang.

Kasron. 2012. Kelainan dan Penyakit Jantung. Yogyakarta: Nuha Medika.

Mauk, K.L. 2017. Gerontological Nursing Competemcies for Care (nd Ed). Sandbury: James and Barlett Publisher.

Parwati, Ini Made, dkk. 2013. “Senam Tera Indonesia Meningkatkan Kebugaran Jantung Paru Lansia di Panti Werdha Wana Seraya Denpasar.” http://media.neliti.com/media/publications.

Praseto, Didik. 2017. Olahraga bagi Penderita Hipertensi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Keperawatan UNY.

Riset Kesehatan Dasar. 2013. Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementerian Kesehatan RI. https://www.depkes.go.id/reseources/download/general/Hasil Riskesdas 2013.pdf. .

Saftarina, dkk. 2015. “Hubungan senam lansia terhadap kualitas hidup lansia yang menderita Hipertensi di Klinik HC UMMI Kedaton Bandar Lampung.” Eprint UMS. http://eprints.ums.ac.id/49740/1/naspub 2.pdf.

Sari, Kurniati Maya. 2018. “Pengaruh Senam Yoga terhadap Penurunan Tekanan Darah pada Lansia di Kelurahan Kampung Jawa Wilayah Kerja Puskesmas Tanjung Paku Kota Solok 2017.” Jurnal UMSB. http://jurnal.umsb.ac.id/index.php/menarailmu/article/download/711/636.

Setiawan, IWA, Yunani dan Kusyati. 2014. “Hubungan Frekuensi Senam Lansia Terhadap Tekanan Darah Dan Nadi Pada Lansia Hipertensi.” Prosiding Konferensi Nasional II PPNI Jawa Tengah. https://jurnal.unimus.ac.id/index.php/psn12012010/article/view/1147.

Sherwood, Lauralee. 2005. Fisiologi Kedokteran : Dari Sel Ke Sistem. Jakarta.

Smeltzer, S & G. Bare. 2011. Buku Ajar Keperawatan Medikal Bedah. Edisi 8 volume 3. Jakarta: EGC.

William, Palmer A and. 2007. Simple Guide Tekanan Darah Tinggi. Jakarta: Erlangga.




DOI: http://dx.doi.org/10.33757/jik.v5i1.361

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 JIK JURNAL ILMU KESEHATAN

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


E-ISSN : 2597-8594 (Online) P-ISSN : 2580-930X (Cetak)
Publish by STIKes Alifah Padang
Jl. Khatib Sulaiman No 52 B Kota Padang. Telp 0751-7059849. Fax 0751-7059849. Website: www.stikesalifah.ac.id
Email : jik@stikesalifah.ac.id