Persepsi Tentang Mutu Pelayanan Kesehatan Terhadap Minat Kunjung Ulang Pasien Rawat Inap di RSUD Dr. R.M. Djoelham Binjai

Sinta Veronica

Abstract


Persepsi konsumen yang baik terhadap layanan harus kembangkan terus menerus dan berkesinambungan dengan orientasi kepada pelanggan itu sendiri. RSUD DR R.M Djoelham Binjai berusaha memberikan nilai-nilai positif yaitu mutu pelayanan kepada pelanggan supaya pelanggan merasa citra rumah sakit tersebut apabila didengar sudah ada terbentuk persepsi bagaimana pelayanan kesehatannya dan mau berminat untuk berkunjung ulang kembali.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh persepsi pasien tentang mutu pelayanan kesehatan terhadap minat kunjung ulang pasien rawat inap di RSUD DR. R.M. Djoelham Binjai. Jenis penelitian adalah explanatory research. Populasi adalah seluruh pasien rawat inap sebanyak 1.345 orang dan jumlah sampel 90 orang. Data dikumpulkan melalui kuesioner, dianalisis secara univariat, bivariat, dan multivariat dan diuji menggunakan uji statistik regresi logistic berganda pada taraf kemaknaan α = 0,05. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh persepsi tentang mutu pelayanan kesehatan berdasarkan kehandalan, ketanggapan, jaminan,  empati, dan bukti fisik terhadap minat kunjung ulang pasien rawat inap. Variabel empati dominan memengaruhi  minat kunjung ulang pasien rawat inap di RSUD DR. R.M. Djoelham Binjai Tahun 2013.

 

Kata Kunci : Persepsi, Mutu Pelayanan Kesehatan, Minat Kunjung Ulang


Keywords


Persepsi, Mutu Pelayanan Kesehatan, Minat Kunjung Ulang

Full Text:

PDF

References


Aini, & Nur. (2018). Model Keperawatan Beserta Aplikasinya Dalam Keperawatan. Universitas Muhammadiyah Malang.

Alwy, S. N. A. (2018). Analisis Kepuasan Pasien Rawat Inap Di RSUD Haji Makasar. Hasanuddin.

Idris, H. (2019). Mutu Pelayanan Kesehatan.

Kemenkes, R. (2019). Standar Teknis Pemenuhan Mutu Pelayanan Dasar No.4 tahun 2019.

Kemenkes, R. (2020). Standar Akreditasi Rumah Sakit No.12 tahun 2020.

Krowinsi, & Steiber. (1999). Measuring and Managing Patient Satisfaction. American Hospital Publishing.

Notoatmodjo, S. (2018). Metodologi Penelitian Kesehatan. Rineka Cipta.

Pangerapan, D. T., Palandeng, O. E. L. I., & Rattu, A. J. M. (2018). Hubungan antara Mutu Pelayanan dengan Kepuasan Pasien Di Poliklinik Penyakit Dalam Rumah Sakit Umum GMIM Pancaran Kasih Manado. JKK UNSRAT.

Rahmiati, R., & Temesveri, N. (2019). Hubungan Dimensi Kualitas Pelayanan dengan Minat Kunjungan Ulang Pasien Di Intalasi Rawat Jalan RSU Kabupaten Tanggerang. Jurnal Kesehatan UMS.

Setyo, P. E. (2017). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Best Autoworks. Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis (1st ed.).

Sintya, K. (2019). Analisis Kepuasan Pasien Rawat Inap Terhadap Mutu Pelayanan Di RS UKI Jakarta Timur. Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi Univrab. Kristen Indonesia.




DOI: http://dx.doi.org/10.33757/jik.v5i1.392

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 JIK JURNAL ILMU KESEHATAN

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


E-ISSN : 2597-8594 (Online) P-ISSN : 2580-930X (Cetak)
Publish by STIKes Alifah Padang
Jl. Khatib Sulaiman No 52 B Kota Padang. Telp 0751-7059849. Fax 0751-7059849. Website: www.stikesalifah.ac.id
Email : jik@stikesalifah.ac.id