Pengaruh Senam Nifas Terhadap Involusi Uterus Ibu Post Partum

Fatmi Nirmala Sari, Binarni Suhertusi

Abstract


Kasus kematian pada ibu utamanya disebabkan oleh perdarahan (37%), infeksi (22 %), dan tekanan darah tinggi saat kehamilan (14 %) menurut Survei Demografi dan Kesehatan Indonesia (SDKI) 2016. Upaya pencegahan perdarahan postpartum dapat latihan/ senam yang dilakukan pada masa nifas. Senam Nifas juga berperan dalam proses involus uterus. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh Senam nifas terhadap involusi uterus pada ibu post partum. Jenis penelitian ini adalah post test only control design. Dalam penelitian ini terdapat dua kelompok yaitu kelompok intervensi dan kelompok kontrol. Populasi dalam penelitian ini adalah semua ibu bersalin dengan jumlah 30 orang. Sampel dalam penelitian ini adalah semua ibu bersalin di Bidan Praktek Mandiri kota Padang yang terdiri dari 15 orang kelompok intervensi dan 15 orang kelompok kontrol. Hasil dari penelitian di dapatkan bahwa pada responden yang diberikan pijat oksitosin dengan minyak lavender mengalami involusi lebih normal (76, 6%) dan pada responden tanpa dilakukan senam nifas mengalami involusi uteri tidak normal (76,6%), ada hubungan yang bermakna antara senam nifas dengan involusi uterus yang ditunjukkan dengan nilai p <0.05. Disarankan kepada ibu postpartum untuk melakukan senam nifas agar mempercepat involusi uteri.


Keywords


Post Partum Gymnastics, Uteri involution

Full Text:

PDF

References


Hamranani, S. (2010). Pengaruh Pijat Oksitosin Terhadap Involusi Uterus Pada Ibu Post Partum Yang Mengalami Persalinan Lama Di Rumah Sakit Wilayah Kabupaten Klaten. Depok: Universitas Indonesia.

Lestari, I. (2016). pengaruh pijat oksitosin terhadap kelancaran produksi kolostrum pada ibu post partum di Puskesmas Rasa Bou Kecamatan Hu"u Kabupaten Dompu. Jurnal Ilmu Kesehatan Mataram, 85-97.

Muarif. (2002). Pengaruh Tetes Oksitosi Untuk Induksi Persalinan. Jakarta.

Rusli, U., & Yohmi, E. (2013). Manajemen Laktasi. Jakarta: IDAI.

SDKI. (2012). BPSBKKBN. Jakarta: CF International.

Setyowati, H., Andayani, A., & Widyawati, W. (2015). Perbedaan Produksi ASI pada ibu post Partum Setelah Pemberian Pijat Oksitosin. Soedirman Jurnal of Nursing, 188-195.

Stanton, K. C., Newton, S., Mullany, C. L., Cofie, P., & Tawiah, A. (2013). Effect On Postpartum Hemorrhage of Prophylactic Oxytocin (10IU)by Injection by Community Health Officers In Ghana. PLoS Medicine, 10.

Ummah, F. (2013). Pijat oksitosin untuk mempercepat pengeluaran ASI pada ibu pasca salin normal di Dusun Sono Desa Ketanen Kecamatan Panceng Gresik. Journal Of Chemical Information And Modeling, 9.

Wada. (2014). Pengaruh Pijat Oksitosi Terhadap Involusi Uterus pada Ibu Pospartum Primigravida di RSUD Panembahan Senopati Bantul Yogyakarta. Yogyakarta: Universitas Muhammadiyah.




DOI: http://dx.doi.org/10.33757/jik.v5i2.425

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 JIK JURNAL ILMU KESEHATAN

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


E-ISSN : 2597-8594 (Online) P-ISSN : 2580-930X (Cetak)
Publish by STIKes Alifah Padang
Jl. Khatib Sulaiman No 52 B Kota Padang. Telp 0751-7059849. Fax 0751-7059849. Website: www.stikesalifah.ac.id
Email : jik@stikesalifah.ac.id