Pelaksanaan Ronde Keperawatan terhadap Tingkat Pengetahuan Perawat Di Ruang Rawat Inap RSU Aisyiyah Padang

Yuanita Ananda, Mulyanti Roberto Muliantino, Muthmainnah Muthmainnah, Nelwati Nelwati

Abstract


Pelayanan keperawatan sering dijadikan tolak ukur citra dan mutu sebuah Rumah Sakit di mata masyarakat Ronde keperawatan merupakan salah satu metode pada manajemen keperawatan yang dapat meningkatkan kualitas pelayanan perawat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelaksanaan ronde keperawatan terhadap tingkat pengetahuan perawat di ruang rawat inap Rsu Aisyiyah Padang. Jenis penelitian ini menggunakan pre-experimental design dengan rancangan yang digunakan One Group Pretest- Postest Design. Penelitian dilaksanakan di ruang rawat inap RSU Aisyiyah Padang. Populasi penelitian adalah seluruh perawat yang berada di ruang rawat inap RSU Aisyiyah Padang.Teknik pengambilan sampel dengan total sampling. Pengumpulan data melalui angket menggunakan kuesioner, analisis penelitian menggunakan analisis univariat dan analisis bivariat menggunakan uji uji paired samples t-test. Penelitian ini menunjukkan menunjukkan perbedaan rerata tingkat pengetahuan sebelum dan sesudah dilakukan ronde keperawatan. Hasil uji statistik dengan menggunakan paired samples T-test didapatkan nilai p value = 0,000 (<0,05), maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh pelaksanaan ronde keperawatan terhadap tingkat pengetahuan perawat ruang rawat inap RSU Aisyiyah Padang. Diharapkan para manajer di Rumah Sakit melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan ronde keperawatan yaitu melalui kegiatan supervisi sehingga kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar dan simultan



Keywords


ronde keperawatan, pengetahuan, perawat

Full Text:

PDF

References


Abela-dimech, F, and Vuksic, O. (2018). Improving The Practice Of Handover For Psychiatric Inpatient Nursing Staf, Archivers Of Psychiatric Nursing. W.B Sounders. https://doi.org/10.1016/J.APNU.2018.04.004

Agustina, V., Agustian, D. And Ibrahim, F. (2016). Hubungan Tingkat Pengetahuan dengan Sikap Perawat dalam Pelaksanaan Ronde Keperawatan di ruang Aster dan ICCU RSUD dr. Diris Sylvanus. Dinamika Kesehatan, 7(1).

Arin, S. (2015). Pelatihan Ronde Kasus Untuk Meningkatkan Kinerja Staf Keperawatan Di Rumah Sakit Umum PKU Muhammadya. Jurnal Muahamadya Surakarta.

Kozier, B., Erb, G., & Berman, A. (2004). Fundamental Of nursing: Concept, Proses & Practice (7 Th Ed). Person Prentice Hall.

Negarandeh, R., Hooshmand Bahadi, A, and Aliheydari Mamaghani, J. (2014). Impact Of Regular Nursing Rounds On Patient Satisfaction wiht nursing Care. Asian Nursing Research, Elsevier, 8(4). https://doi.org/10.1016/j.anr.2014.10.005

Nursalam. (2014). Manajemen Keperawatan Aplikasi dalam Praktek Keperawatan Professional (Edisi 4). Salemba Medika.

Saleh, Z. (2018). Pengaruh Ronde Keperawatan Terhadap Kepuasan Kerja Perawat Pelaksana Diruang Rawat Inap RSUD Abdul Wahab Sjarahnie Samarinda. Universitas Indonesia.

Siahaan, J. V, Albiner, S and Bukit, E. C. (2018). Pengaruh Pelatihan Ronde Keperawatan Terhadap Kinerja Perawat Dalam Asuhan Keperawatan Di Rumah Sakit Royal Prima Medan. Jumantik, 3(2), 1–15.

Syella, T. (2018). Pengaruh Pelatihan Terhadap Pengetahuan Pelaksanaan Ronde keperawatan Di RSUD Maria Walanda Maramis Airmadidi. Buletin Sariputra, 8.

Weiss, S, A and Tappen, R, M. (2015). Nursing Leadership and Management Nursing Leadership.

World Health Organization (WHO). (2018). World Health Statistic.




DOI: http://dx.doi.org/10.33757/jik.v5i2.427

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.33757/jik.v5i2.427.g179

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


E-ISSN : 2597-8594 (Online) P-ISSN : 2580-930X (Cetak)
Publish by STIKes Alifah Padang
Jl. Khatib Sulaiman No 52 B Kota Padang. Telp 0751-7059849. Fax 0751-7059849. Website: www.stikesalifah.ac.id
Email : jik.alifah@gmail.com
Creative Commons License
This JIK Jurnal Ilmu Kesehatan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.