Musik Klasik Terhadap Konsentrasi Belajar Mahasiswa Keperawatan

Olgrid Algarini Allo, Sugiyanto Sugiyanto, Agustina Palamba

Abstract


Musik klasik merupakan salah satu cara yang dapat digunakan untuk meningkatkan konsentrasi belajar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Pengaruh Musik Klasik Terhadap Konsentrasi Belajar Mahasiswa STIKES Tana Toraja. Penelitian ini menggunakan Desain Quasi Eksperimen Design dengan rancangan randomized pretest-posttest control group design, jumlah sampel 29 kelompok intervensi dan 29 kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner Test Army Alpha. Analisa data menggunakan uji statistik Uji Wilcoxon dan Mann Whitney. Hasil Uji Wilcoxon pada kelompok intervensi didapatkan nilai p value = 0.000 atau p < α=0.05 yang berarti terdapat perbedaan bermakna tingkat konsentrasi pre-test dan post-test setelah diberikan musik klasik. Sedangkan hasil perbedaan tingkat konsentrasi belajar kelompok intervensi musik klasik dan kelompok kontrol dengan menggunakan Uji Mann Whitney didapatkan hasil nilai p=0.168 atau nilai p > α=0.05 artinya tidak ada pengaruh yang signifikan antara post test pada kelompok intervensi dan kelompok kontrol. Kesimpulan: terdapat perbedaan tingkat konsentrasi pada kelompok intervensi setelah diberikan intervensi musik klasik, tetapi tidak ada Pengaruh Musik Klasik Terhadap Konsentrasi Belajar Mahasiswa STIKES Tana Toraja.

 


 


Keywords


Musik Klasik, Konsentrasi Belajar.

Full Text:

PDF

References


Aviana, R., & Hidayah, F. F. (2015). Pengaruh Tingkat Konsentrasi Belajar Siswa Terhadap Daya Pemahaman Materi Pada Pembelajaran Kimia Di SMA Negeri 2 Batang. Jurnal Pendidikan Sains, 03(1), 30–33. Retrieved from https://jurnal.unimus.ac.id/index.php/JPKIMIA/article/view/1657

Faridah, Yuliva, & Oknalia, V. (2020). Kecanduan Game Online Dengan Prestasi Belajar. JIK (Jurnal Ilmu Kesehatan), 4(2), 136–140. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.33757/jik.v4i2.302.g135

Hadina, Mangun, M., S Effendi, J., & Susiarno, H. (2018). Faktor Yang Memengaruhi Tingkat Kelulusan Mahasiswa D-Iii Kebidanan Pada Uji Kompetensi Di Poltekkes Kemenkes Palu. Poltekita : Jurnal Ilmu Kesehatan, 12(01), 34–44. https://doi.org/10.33860/jik.v12i01.99

Hidayat, S., & Marettih, A. K. E. (2013). Pengaruh Musik Klasik Terhadap Daya Tahan Konsentrasi dalam belajar. Jurnal Psikologi, 164–176. Retrieved from https://www.academia.edu/5379178/164PENGARUH_MUSIK_KLASIK-176

Hidayati, E. (2018). Pengaruh Musik Klasik Untuk Meningkatkan Konsentrasi Belajar Siswa (Universitas Muria Kudus; Vol. 6). Retrieved from http://journals.sagepub.com/doi/10.1177/1120700020921110%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.reuma.2018.06.001%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.arth.2018.03.044%0Ahttps://reader.elsevier.com/reader/sd/pii/S1063458420300078?token=C039B8B13922A2079230DC9AF11A333E295FCD8

Ihsan, A., Sugiyanto, & Sumarlan. (2021). Hubungan Interaksi Sosial, Spiritual Dan Psikologis Di Dusun Keppe Desa Rantebelu Kecamatan Larompong Kabupaten Luwu Tahun 2021. Jurnal Kesehatan Luwu Raya, 8(1), 93–98. Retrieved from https://jurnalstikesluwuraya.ac.id/index.php/eq/article/view/91

Jacko, A. R. (2016). Pengaruh musik klasik terhadap konsentrasi belajar siswa. Universitas Katolik Soegijapranata.

Janah, S. N., Nurhayati, T., & Masdudi. (2016). Penerapan Terapi Musik Instrumental Klasik Untuk Meningkatkan Konsentrasi Belajar Siswa Padamata Pelajaran Ips Di Smpn 1 Talun Kabupaten Cirebon. Jurnal Edueksos, V(2), 207–215. Retrieved from http://download.portalgaruda.org/article.php?article=471297&val=9452&title=implementasi gemar membaca melalui program pojok baca dalam mata pelajaran ips pada siswa kelas viii di smpn 2 sumber.

Martha Christianti. (2019). Pengaruh Musik Instrumental terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar. Staffnew. Retrieved from http://staffnew.uny.ac.id/upload/132319834/penelitian/2.Pengaruh Musik Instrumental terhadap Hasil Belajar Matematika.pdf

Nurhayati, E., & Homdijah, O. S. (2020). Penggunaan Brain Gym Untuk Meningkatkan Konsentrasi Belajar Anak Dengan Hambatan Kecerdasan Ringan. Jassi Anakku, 21(1), 13–20. Retrieved from https://journals.ums.ac.id/index.php/indigenous/article/view/1558

Prihastuti. (2015). Pengaruh Braingym Terhadap Peningkatan Kecakapan Berhitung Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Cakrawala Pendidikan, XXVIII(1), 1–13. Retrieved from https://journal.uny.ac.id/index.php/cp/article/view/45/pdf_2

Prima, E. (2018). Pengaruh Ritme Otak dan Musik dalam Proses Belajar. KOMUNIKA: Jurnal Dakwah Dan Komunikasi, 12(1), 43–57. https://doi.org/10.24090/komunika.v12i1.1351

Riyani. (2012). Faktor yang Berhubungan dengan Konsentrasi Belajar Mahasiswa PSIK UMY Lingkungan. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Salim, D. (2010). Pengaruh Musik terhadap Konsentrasi Belajar Siswa Kelas 2 SMUK 1 Salatiga. Jurnal Musik, 2(1), 23–32. Retrieved from http://repository.uksw.edu/bitstream/123456789/530/2/ART_Danny Salim_Pengaruh musik terhadap konsentrasi_Full text.pdf

Somantri, Sutjihati. (2012). Psikologi Anak Luar Biasa. Bandung : Refika Aditama

Sugiyanto. (2021). Analisa Kejadian Insomnia Pada Lansia Di Wilayah Kerja Puskesmas Moroangin Kota Palopo. Jurnal Kesehatan Luwu Raya, 7(2), 191–196. Retrieved from https://jurnalstikesluwuraya.ac.id/index.php/eq/article/view/100

Surya, D. O., & Afrizal, A. (2021). Efektifitas Metode Pembelajaran Simulasi Online Terhadap Kompetensi Mahasiswa Dalam Perawatan Berfokus Keluarga. Jik (Jurnal Ilmu Kesehatan), 5(1), 97–102. https://doi.org/10.33757/jik.v5i1.382.g162

Wattimena, T. Z. (2017). PENGARUH Kemandirian Belajar Mahasiswa Terhadap Hasil Belajar Dengan Pemanfaatan Schoology Sebagai Alat Evaluasi (Studi Pada Mata Kuliah Administrasi Pendidikan Ptik Fti-Uksw. Jurnal Sosial Humaniora, 8(2), 126. https://doi.org/10.30997/jsh.v8i2.886

Yulianto. (2016). PENGARUH MUSIK KLASIK (MOZART) TERHADAP PERUBAHAN DAYA KONSENTRASI ANAK AUTIS. Jurnal Keperawatan Dan Kebidanan, 57–68. Retrieved from https://adoc.pub/pengaruh-musik-klasik-mozart-terhadap-perubahan-daya-konsent6338a82b37b81a3b8e15764ea1c64b5c25259.html




DOI: http://dx.doi.org/10.33757/jik.v5i2.455

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 JIK JURNAL ILMU KESEHATAN

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


E-ISSN : 2597-8594 (Online) P-ISSN : 2580-930X (Cetak)
Publish by STIKes Alifah Padang
Jl. Khatib Sulaiman No 52 B Kota Padang. Telp 0751-7059849. Fax 0751-7059849. Website: www.stikesalifah.ac.id
Email : jik@stikesalifah.ac.id