Efektifitas Metode Demonstrasi dan Bedside Teaching terhadap Keterampilan Pemeriksaan Haemoglobin pada Mahasiswa Tingkat I Semester II Prodi D III Kebidanan STIKes Kendedes Malang

Miftakhul Mahfirah Ermadona, Indah Mauludiyah

Abstract


Sikap professional dibutuhkan untuk meningkatkan mutu pelayanan, oleh karena itu bidan harus kompeten dalam bidang pengetahuan, keterampilan, pendidikan dan sikap, yang mana ketiga aspek tersebut dapat dicapai dalam proses pendidikan. Metode pembelajaran merupakan seperangkat komponen yang telah dikombinasikan secara optimal untuk pembelajaran yang berkualitas. Agar tujuan pembelajaran dapat tercapai, pemilihan metode pembelajaran harus dilakukan secara tepat. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektifitas metode demonstrasi dan bedside teaching terhadap keterampilan pemeriksaan haemoglobin. Desain penelitian menggunakan analitik komparatif. Sampel berjumlah 44 responden dengan menggunakan purposive sampling yang kemudian dibagi menjadi 2 kelompok yang masing-masing kelompok beranggotakan 22 responden. Teknik analisis data menggunakan uji Mann Whitney U Test. Hasil penelitian menunjukan metode demonstrasi 15 responden (34,1%) memiliki kemampuan keterampilan baik dan 7 responden (15,9%) memiliki kemampuan keterampilan cukup dalam keterampilan pemeriksaan haemoglobin, sedangkan metode bedside teaching 19 responden (43,2%) memiliki kemampuan keterampilan baik dan 3 responden (6,8%) memiliki kemampuan keterampilan cukup. Hasil analisa data menggunakan Mann Whitney U Test didapatkan hasil U yang lebih kecil digunakan untuk pengujian dan dibandingkan dengan U Table. Sehingga dapat disimpulkan bahwa metode bedside teaching lebih efektif dibandingkan metode demontrasi tehadap keterampilan pemeriksaan Haemoglobin. Disarankan kepada pengajar agar lebih menerapkan lagi metode bedside teaching pada praktikum khususnya Pemeriksaan Haemoglobin.


Keywords


Metode Demonstrasi, Metode Bedside Teaching, Keterampilan Pemeriksaan Haemoglobin

Full Text:

PDF

References


Amalia, e., & Ibrahim, i. (2017). efektivitas pembelajaran fiqih dengan mengunakan metode demonstrasi di madrasah ibtidaiyah negeri desa penggage-muba. jip (jurnal ilmiah pgmi), 3(1), 98-107.

Desvitasari, H. (2019). efektivitas pembelajaran klinik model bedside teaching dalam meningkatkan kemampuan psikomotorik mahasiswa. Jurnal Kesehatan Karya Husada, 7(1), 128-135.

JNPK-KR. (2007). Buku Acuan Asuhan Persalinan Normal. Jakarta: Jaringan Nasional Pelatihan Klinik.

Kurniawati, F. (2014). Perbandingan Efektivitas Metode Bedside Teaching Dan Ceramah Terhadap Kompetensi Manajemen Aktif Kalaiii Mahasiswa Kebidanan Di Rsud Pandan Arang Boyolali (Doctoral dissertation, UNS (Sebelas Maret University)). Retrieved from digilib.uns.ac.id/dokumen/detail/36555/Perbandingan-Efektivitas-Metode-Bedside-Teaching-Dan-Ceramah-Terhadap-Kompetensi-Manajemen-Aktif-Kalaiii-Mahasiswa-Kebidanan-Di-Rsud-Pandan-Arang-Boyolali

Martinis, Y. (2007). Profesionalisasi Guru dan Implementasi KTSP. Jakarta: Gaung Persada.

Ten Hoope-Bender, P., Nove, A., Sochas, L., Matthews, Z., Homer, C. S., & Pozo-Martin, F. (2017). The ‘Dream Team’for sexual, reproductive, maternal, newborn and adolescent health: an adjusted service target model to estimate the ideal mix of health care professionals to cover population need. Human Resources for Health, 15(1), 1-17.

Tuegeh, L. J., Rumapea, P., & Kolondam, H. (2018). Pengaruh Profesionalisme Bidan Terhadap Kualitas Pelayanan Kesehatan Ibu Dan Anak Di Puskesmas Tatelu. Jurnal Administrasi Publik, 49(4).

Who. (2011). Haemoglobin concentrations for the diagnosis of anaemia and assessment of severity. Vitamin and Mineral Nutrition Information System. Geneva, Switzerland: World Health Organization.




DOI: http://dx.doi.org/10.33757/jik.v6i2.569

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JIK JURNAL ILMU KESEHATAN

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


E-ISSN : 2597-8594 (Online) P-ISSN : 2580-930X (Cetak)
Publish by STIKes Alifah Padang
Jl. Khatib Sulaiman No 52 B Kota Padang. Telp 0751-7059849. Fax 0751-7059849. Website: www.stikesalifah.ac.id
Email : jik@stikesalifah.ac.id