Ekstrak Daun Sirih untuk Keputihan pada Wanita Usia Subur di SMA Negeri 1 Wanayasa Purwakarta

Lia Yulianti, Sri Rahayu, Wahidin Wahidin, Dina Raidanti

Abstract


Keputihan merupakan masalah kesehatan yang sering ditemukan pada wanita. Penyebab keputihan adalah masalah kebersihan pada area organ intim seperti kurang bersih pada saat membersihkan organ intim setelah buang air kecil dan buang air besar. Daun sirih mengandung minyak atsiri, chavikol yang menyebabkan daun sirih memiliki bau yang khas dan memilik khasiat untuk membunuh bakteri yang merupakan tanaman obat tradisional yang telah diketahui efektif dalam mengobati berbagai jenis penyakit secara tradisional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manfaat ekstra daun sirih hijau untuk keputihan pada wanita usia subur di SMA Negeri 1 Wanayasa Purwakarta.  penelitian ini adalah rancangan Pra Eksperimen (Pre-Experiment Design) dengan menggunakan desain penelitian Case Control, jumlah sampel yang di ambil yaitu sebanyak 30 orang responden dengan menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan rata-rata keputihan yang dialami sebelum diberikan perlakuan adalah 60.00. Setelah dilakukan perlakuan meminum daun sirih dua kali sehari selama jangka waktu seminggu rata-rata keputihan yang dialami adalah 86.7. p-value 0,041. Kesimpulan penelitian ini yaitu  ada efek meminum air rebusan daun sirih terhadap keputihan pada siswi SMA 1Wanayasa Purwakarta. Dapat disarankan kepada wanita usia subur perlu memanfaatkan ekstra daun siri untuk mengurangi masalah keputihan salah satu caranya dengan meminum air rebusan daun sirih.


Keywords


Daun Sirih, Wanita Usia Subur, Keputihan

Full Text:

PDF

References


Aziz Djamal, Cimi Ilmiwati, Rahmatini, & Septriana Putri. (2015). Perbandingan Daya Hambat Larutan Antiseptik Povidone iodine dengan Ekstrak Daun Sirih terhadap Candidan albicans secara In Vitro. Jurnal Kesehatan Andalas. 2015; 4 (3).

Baety, D. N., Riyanti, E., & Astutiningrum, D. (2019). Efektifitas Air Rebusan Daun Sirih Hijau dalam Mengatasi Keputihan Kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Gombong. Proceeding of The URECOL, 48-58.

Irianto, K. (2015). Kesehatan Reproduksi. Bandung : Alfabeta.

Isti. (2010). Khasiat daun sirih untuk mimisan, luka bakar, dan penghilang bau badan. Diperoleh pada tanggal 15 Maret 2017, dari : http://www.klipingku.com

Kerthyasa, T. G., & Yuliani, I. (2013). Sehat holistik secara alami: gaya hidup selaras dengan alam. Bandung: PT. Mizan Pustaka.

Koensoemardiyah, S. (2010). A to Z Minyak Atsiri. Yogyakarta : Lily Publisher.

Maytasari, G. M. (2010). Perbedaan Efek Antifungi Minyak Atsiri Daun Sirih Hijau, Minyak Atsiri Daun Sirih Merah dan Resik-V Sabun Sirih Terhadap Pertumbuhan Candida Albicans Secara In Vitro. Surakarta : Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret. perpustakaan.uns.ac.id.

Passe, R., Sampara, N., & Lestari, A. (2021). Pengaruh Penggunaan Air Rebusan Daun Sirih Merah (Piper Crocatum) Terhadap Keputihan Pada Wanita Usi Subur (Wus) Di Wilayah Kerja Puskesmas Antang Perumnas Makassar. Jurnal Antara Kebidanan, 4(2), 72-75.

Purwanto, B. (2013). Herbal dan Keperawatan Komplementer. Yogyakarta: Nuha Medika.

Sari, N. H., Misrawati, M., & Woferst, R. (2011). Efek rebusan daun sirih untuk mengurangi keputihan pada wanita. Jurnal Ners Indonesia, 2(1), 79-89.

Sunyoto. (2014). Kesehatan Organ Reproduksi Wanita. Jogjakarta: Saufa.




DOI: http://dx.doi.org/10.33757/jik.v6i2.584

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JIK JURNAL ILMU KESEHATAN

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


E-ISSN : 2597-8594 (Online) P-ISSN : 2580-930X (Cetak)
Publish by STIKes Alifah Padang
Jl. Khatib Sulaiman No 52 B Kota Padang. Telp 0751-7059849. Fax 0751-7059849. Website: www.stikesalifah.ac.id
Email : jik@stikesalifah.ac.id