Efikasi Diri dan Stres Akademik pada Mahasiswa Tahun Awal di Fakultas Keperawatan Universitas Andalas

Feri Fernandes, Yuanita Ananda, Fitri Tirta Rahmili

Abstract


Stres akademik muncul apabila adanya ketidaksesuaian antara tekanan dan tuntutan akademik yang dianggap sebagai beban sehingga merasa tidak yakin dan tidak sesuai dengan kemampuan yang mahasiswa miliki. Hal ini yang mendasari mahasiswa harus memiliki efikasi yang tinggi untuk mengatasi stres tersebut. Efikasi diri merupakan salah satu faktor internal yang mempengaruhi mahasiswa tahun awal untuk menghadapi lingkungan atau sistematis di perguruan tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan efikasi diri dengan stres akademik pada mahasiswa tahun awal di Fakultas Keperawatan Universitas Andalas Tahun 2022. Penelitian ini dilakukan dari Mei – Juli 2022. Jenis Penelitian adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain cross sectional jumlah sampel 121 orang mahasiswa tahun awal fakultas keperawatan dengan menggunakan teknik proportional stratified sampling dan dianalisis menggunakan uji alternatif yaitu Fisher’s Exact Test. Instrumen penelitian menggunakan Self-efficacy Scale dan Students Academic Stress Scale. Hasil penelitian ini menunjukkan sebagian besar mahasiswa memiliki efikasi diri sedang (82,6%) dan sebagian besar mengalami stres akademik rendah (85,1%). Adanya hubungan antara efikasi diri dengan stres akademik pada mahasiswa tahun awal Fakultas Keperawatan Universitas Andalas (p–value = 0,016). Saran dari penelitian ini pihak institusi untuk menyediakan layanan konseling dan pembimbing akademik lebih perhatian terhadap anak bimbing akademik, serta memotivasi diri untuk menumbuhkan rasa minat dalam belajar agar menghindari kenaikan pada tingkat stres akademik.

Keywords


Efikasi Diri, Mahasiswa Tahun Awal, Stres Akademik

Full Text:

PDF

References


Adrian, F. A., Putri, V. S., & Suri, M. (2021). Hubungan belajar online di masa

pandemi covid 19 dengan tingkat stress mahasiswa S1 keperawatan STIKes Baiturrahim Jambi. Jurnal Akademika Baiturrahim Jambi, 10(1), 66–73

Alqurashi, E. (2016). Self-Efficacy In online learning environments : a literature review. Contemporary Issues in Education Research - First Quarter 9 (1), 45- 46.

Avianti, D., Setiawati, O. R., Lutfianawati, D., & Putri, A. M. (2021). Hubungan efikasi diri dengan stres akademik pada mahasiswa fakultas kedokteran Universitas Malahayati program studi pendidikan dokter. PSYCHE: Jurnal Psikologi, 3(1), 83–93

Hasbi, M. (2020). Skripsi : Gambaran stres akademik mahasiswa asal papua di sumatera barat

Khaq, Ahmad Amirul, dkk. (2015). Analisis hubungan antara efikasi diri pada stres melalui dukungan sosial sebagai variabel moderasi (studi pada mahasiswa Unnes fakultas ekonomi jurusan manajemen angkatan 2011). Semarang :Universitas Negeri Semarang [Skripsi]

Krisniawan, E. (2014). Hubungan antara self- efficacy dengan komunikasi interpersonal pada mahasiswa psikologi Universitas Kristen Satya WacanaSalatiga. Skripsi. Salatiga : Fakultas Psikologi Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga.

Komarraju, Meera., Jane Swanson., & Dustin Nadler. (2013). Increased career self-efficacy predicts college students motivation and course and major satisfaction. Ournal of career assesment, 22(3) 420 432.

Lal, K., & Rohtak, D. R. (2014). Academic Stres Among Adolescent In Relation To, 123–129

Larasati, A. (2021). Skripsi : Gambaran stres akademik pada mahasiswa keperawatan Universitas Andalas di masa pandemi covid-19.

Nadirawati, R. (2018). Skripsi : Hubungan efikasi diri dengan stres akademik pada mahasiswa baru fakultas keperawatan Universitas Jember. Repository UNEJ.

https://repository.unej.ac.id/handle/1 23456789/86415

Nasrani, Lusia. (2015). Perbedaan tingkat stres antara laki-laki dan perempuan pada peserta yoga dikota Denpasar.E-Journal Medika Udayana.Vol-4 (12)

Papadopoulus, C & Nasreen Ali. (2013). Stress levels and their risk / protective factors among MSc public health students. Journal of pedagogic development. 3 (2), pp.5-10

Papilaya, J. O., & Huliselan, N. (2016). Identifikasi gaya belajar mahasiswa. Jurnal Psikologi Undip, 15(1), 56–63

Pathmanathan, V & Husada, S. (2013). Gambaran tingkat stres pada mahasiswa fakultas kedokteran Universitas Sumetera Utara semester ganjil tahun akademik 2012/2013. E- Journal FK USU 1(1), 2013

Purwati & Rahmandani. (2018). Hubungan antara kelekatan pada teman sebaya dengan stres akademik pada mahasiswa teknik

Perencanaan wilayah dan kota Universitas Diponegoro Semarang. Jurnal Psikologi Undip. 7(2), 28-39

Ramayani, R. D., Liza, R. G. and Syah, N.A (2019). Gambaran tingkat stres berdasarkan stressor pada mahasiswa kedokteran tahun pertama program studi profesi dokter fakultas kedokteran Universitas Andalas Angkatan 2017.[skripsi]

Santrock., J.W. (2007). Adolescence Perkembangan Remaja. Jakarta : Erlangga

Sarkoshi, M & Rezaee, A.A. (2014). How does University Teachers Emotional Intelligence Relate to Their Self Efficacy Beliefs? Portal. Linguarium21. http:// www.ugres/.../PL.../6%20%20mEH DI.PDF November 10, 2015

Sasmita, Ida Ayu G.H.D & I Made R. (2015). Peran efikasi diri dan dukungan sosial teman sebaya terhadap penyesuaian diri mahasiswa tahun pertama profram studi pendidikan dokter fakultas kedokteran, Universitas Udayana

Shudifat, R. M., & Al-Husban, R. Y. (2015). Perceived sources of stress among first-year nursing students in jordan. Journal of Psychosocial Nursing andMental Health Services, 53(6), 37–43.doi:10.3928/02793695-

-01

Sutjiato, Margareth, G,D. Kandou, A.A.T.Tucunan (2015). Hubungan faktor internal dan eksternal dengan tingkat stres pada mahasiswa fakultas kedokteran Universitas Sam Ratulangi Manado. [Skripsi]

Ulfa, D. Z., & Mikdar, U. Z. (2020). Dampak pandemi covid-19 terhadap perilaku belajar, interaksi sosial dan kesehatan bagi mahasiswa FKIP Universitas Palangka Raya. Journal Of Sport Science And Education

Uzoka, Z. A. Lekkas, E., Mwanakayaya, N., & Ogie-Osahon, C. (2016). Experiences of Newly Admitted Nursing Students in Theoretical and ClinicalPractice. Bachelor’s Thesis JAMK University of Applied Scienes

Widianti, F. P., Dewi, D. K. (2020). Perbedaan perceived academic stress ditinjau dari tahun angkatan kedua dan ketiga pada mahasiswa fakultas X Universitas Negeri Surabaya. Jurnal Penelitian Psikologi, 7(3), 37–42.

Wulandari, P.W., Stella, S., & Sarwilly, I. (2021). Hubungan ketidaksesuaian jurusan dengan stres mahasiswa dalam menjalankan kegiatan perkuliahan. Jurnal Interprofesi Kesehatan Indonesia, 1(2), 88-94




DOI: http://dx.doi.org/10.33757/jik.v7i2.603

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 JIK JURNAL ILMU KESEHATAN

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


E-ISSN : 2597-8594 (Online) P-ISSN : 2580-930X (Cetak)
Publish by STIKes Alifah Padang
Jl. Khatib Sulaiman No 52 B Kota Padang. Telp 0751-7059849. Fax 0751-7059849. Website: www.stikesalifah.ac.id
Email : jik@stikesalifah.ac.id