Efikasi Diri dan Stres Akademik pada Mahasiswa Tahun Awal di Fakultas Keperawatan Universitas Andalas
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adrian, F. A., Putri, V. S., & Suri, M. (2021). Hubungan belajar online di masa
pandemi covid 19 dengan tingkat stress mahasiswa S1 keperawatan STIKes Baiturrahim Jambi. Jurnal Akademika Baiturrahim Jambi, 10(1), 66–73
Alqurashi, E. (2016). Self-Efficacy In online learning environments : a literature review. Contemporary Issues in Education Research - First Quarter 9 (1), 45- 46.
Avianti, D., Setiawati, O. R., Lutfianawati, D., & Putri, A. M. (2021). Hubungan efikasi diri dengan stres akademik pada mahasiswa fakultas kedokteran Universitas Malahayati program studi pendidikan dokter. PSYCHE: Jurnal Psikologi, 3(1), 83–93
Hasbi, M. (2020). Skripsi : Gambaran stres akademik mahasiswa asal papua di sumatera barat
Khaq, Ahmad Amirul, dkk. (2015). Analisis hubungan antara efikasi diri pada stres melalui dukungan sosial sebagai variabel moderasi (studi pada mahasiswa Unnes fakultas ekonomi jurusan manajemen angkatan 2011). Semarang :Universitas Negeri Semarang [Skripsi]
Krisniawan, E. (2014). Hubungan antara self- efficacy dengan komunikasi interpersonal pada mahasiswa psikologi Universitas Kristen Satya WacanaSalatiga. Skripsi. Salatiga : Fakultas Psikologi Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga.
Komarraju, Meera., Jane Swanson., & Dustin Nadler. (2013). Increased career self-efficacy predicts college students motivation and course and major satisfaction. Ournal of career assesment, 22(3) 420 432.
Lal, K., & Rohtak, D. R. (2014). Academic Stres Among Adolescent In Relation To, 123–129
Larasati, A. (2021). Skripsi : Gambaran stres akademik pada mahasiswa keperawatan Universitas Andalas di masa pandemi covid-19.
Nadirawati, R. (2018). Skripsi : Hubungan efikasi diri dengan stres akademik pada mahasiswa baru fakultas keperawatan Universitas Jember. Repository UNEJ.
https://repository.unej.ac.id/handle/1 23456789/86415
Nasrani, Lusia. (2015). Perbedaan tingkat stres antara laki-laki dan perempuan pada peserta yoga dikota Denpasar.E-Journal Medika Udayana.Vol-4 (12)
Papadopoulus, C & Nasreen Ali. (2013). Stress levels and their risk / protective factors among MSc public health students. Journal of pedagogic development. 3 (2), pp.5-10
Papilaya, J. O., & Huliselan, N. (2016). Identifikasi gaya belajar mahasiswa. Jurnal Psikologi Undip, 15(1), 56–63
Pathmanathan, V & Husada, S. (2013). Gambaran tingkat stres pada mahasiswa fakultas kedokteran Universitas Sumetera Utara semester ganjil tahun akademik 2012/2013. E- Journal FK USU 1(1), 2013
Purwati & Rahmandani. (2018). Hubungan antara kelekatan pada teman sebaya dengan stres akademik pada mahasiswa teknik
Perencanaan wilayah dan kota Universitas Diponegoro Semarang. Jurnal Psikologi Undip. 7(2), 28-39
Ramayani, R. D., Liza, R. G. and Syah, N.A (2019). Gambaran tingkat stres berdasarkan stressor pada mahasiswa kedokteran tahun pertama program studi profesi dokter fakultas kedokteran Universitas Andalas Angkatan 2017.[skripsi]
Santrock., J.W. (2007). Adolescence Perkembangan Remaja. Jakarta : Erlangga
Sarkoshi, M & Rezaee, A.A. (2014). How does University Teachers Emotional Intelligence Relate to Their Self Efficacy Beliefs? Portal. Linguarium21. http:// www.ugres/.../PL.../6%20%20mEH DI.PDF November 10, 2015
Sasmita, Ida Ayu G.H.D & I Made R. (2015). Peran efikasi diri dan dukungan sosial teman sebaya terhadap penyesuaian diri mahasiswa tahun pertama profram studi pendidikan dokter fakultas kedokteran, Universitas Udayana
Shudifat, R. M., & Al-Husban, R. Y. (2015). Perceived sources of stress among first-year nursing students in jordan. Journal of Psychosocial Nursing andMental Health Services, 53(6), 37–43.doi:10.3928/02793695-
-01
Sutjiato, Margareth, G,D. Kandou, A.A.T.Tucunan (2015). Hubungan faktor internal dan eksternal dengan tingkat stres pada mahasiswa fakultas kedokteran Universitas Sam Ratulangi Manado. [Skripsi]
Ulfa, D. Z., & Mikdar, U. Z. (2020). Dampak pandemi covid-19 terhadap perilaku belajar, interaksi sosial dan kesehatan bagi mahasiswa FKIP Universitas Palangka Raya. Journal Of Sport Science And Education
Uzoka, Z. A. Lekkas, E., Mwanakayaya, N., & Ogie-Osahon, C. (2016). Experiences of Newly Admitted Nursing Students in Theoretical and ClinicalPractice. Bachelor’s Thesis JAMK University of Applied Scienes
Widianti, F. P., Dewi, D. K. (2020). Perbedaan perceived academic stress ditinjau dari tahun angkatan kedua dan ketiga pada mahasiswa fakultas X Universitas Negeri Surabaya. Jurnal Penelitian Psikologi, 7(3), 37–42.
Wulandari, P.W., Stella, S., & Sarwilly, I. (2021). Hubungan ketidaksesuaian jurusan dengan stres mahasiswa dalam menjalankan kegiatan perkuliahan. Jurnal Interprofesi Kesehatan Indonesia, 1(2), 88-94
DOI: http://dx.doi.org/10.33757/jik.v7i2.603
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 JIK JURNAL ILMU KESEHATAN
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
E-ISSN : 2597-8594 (Online) P-ISSN : 2580-930X (Cetak)
Publish by STIKes Alifah Padang
Jl. Khatib Sulaiman No 52 B Kota Padang. Telp 0751-7059849. Fax 0751-7059849. Website: www.stikesalifah.ac.id
Email : jik@stikesalifah.ac.id