FAKTOR - FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEJADIAN BULLYING PADA ANAK KELAS IV, V, DAN VI SD, DI SD X KOTA PADANG

lola felnanda amri, Zulharmaswita Zulharmaswita

Abstract


Abstrak

 

Perilaku kekerasan antar siswa disekolah akhir – akhir ini semakin meningkat. Perilaku kekerasan yang ditampilkan tidak hanya dilakukan oleh peserta didik tingkat SMA dan SMP, bahkan di tingkat SD pun sudah banyak terjadi. Perilaku kekerasan antar siswa ini lebih dikenal dengan nama Bullying. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan kejadian Bullying Pada Anak Kelas IV, V, Dan VI SD, Di SD X Kota Padang. Rancangan penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang menggunakan desain penelitian deskriptif korelasi dengan pendekatan cross sectional dengan  sampel penelitian sebanyak 129 siswa dengan metode proportional sampling. Data dianalisis dengan menggunakan uji statistik Chi Square dan analisis regresi logistik ganda. Hasil analisis penelitian menunjukkan variabel yang paling besar pengaruhnya terhadap kejadian Bullying adalah faktor lingkungan dengan P Value 0,073 (OR = 4,092) dan dapat diartikan bahwa jika siswa SD terpapar faktor lingkungan yang beresiko Bullying sebanyak satu kali, maka siswa SD tersebut akan beresiko untuk berperilaku Bullying sebanyak 4 kali. Disarankan elemen pendidikan yang meliputi guru-guru dan perangkat sekolah, keluarga, siswa untuk memutus rantai kekerasan ini, sehingga bullying tidak dianggap sebagai hal yang lumrah dan dilakukan pembiaran terhadap perilaku ini.

 

Kata kunci: perilaku kekerasan; bullying; siswa

Full Text:

PDF

References


Adilla, Nissa. (2009). Pengaruh Kontrol Sosial Terhadap Perilaku Bullying Pelajar Di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Kriminologi Indonesia vol.5 No.I : 55-66. http://journal.ui.ac.id/index.php/jki/article/viewFile/1256/1161

American As Sociation of School Administrators. 2009. Bullying at School and online. Education.com Holdings, Inc.

Anderson, C.A & Bushman,B.J.(2002). Annual Reviews Psychology, Human Aggression. Vol.53, Hal.27-51.

Andina, Elga. (2014). Budaya Kekerasan Antar Anak Di Sekolah Dasar. Info Singkat Kesejahteraan Sosial. Kajian Singkat Terhadap Isu-Isu Terkini. http://berkas.dpr.go.id/puslit/files/info_singkat/Info%20Singkat-VI-9-I-P3DI-Mei-2014-63.pdf

Bauman, S. 2008. The Role of Elementary School Counselors in Redusing School Bullying, the Elemantary School Journal Vol.108. No.5. Hal.362-375.

Dake, J.A., Price, J.H. & Telljohann, S.K. (2003). The Nature and extent of bullying at school. The Journal of School Health, 73 (3): 173

Dewi, Dewa Ayu Putu Indah saraswati. (2014). Gambaran Kejadian Dan Karakteristik Bullying Pada Anak Usia Sekolah Dasar Wilayah Kerja Puskesmas I Pekutatan Kabupaten Jembrana Bali. ISSN: 2089-9084 ISM, VOL. 8 NO.1, JANUARI-MARET, HAL 1. http://isainsmedis.id/ojs/

Diyantini, Yanti. Lismawati. 2015. Hubungan karakteristik dan kepribadian anak dengan Kejadian bullying pada siswa kelas V Di SD “X” di Kabupaten Badung. COPING Ners Journal ISSN: 2303-1298 Vol 3, No. 3 Edisi September-Desember 2015.

Eukaristia. 2012. Perilaku bullying pada anak SD. Online, diunduh tanggal 24 Maret 2017

Hastono, S. P. (2007). Basic Data Analysis for Health research Training: Analisis Data Kesehatan. Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia.

Heath,M.A,.& Sheen,D. (2005). School-based crisi intervention: preparing all personel to assist. New York: the Gilford Press.

Hidayati, Nurul. (2012). Bullying Pada Anak : Analisis Dan Alternatif Solusi. Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Gresik INSAN Vol. 14 No. 01, April 2012. journal.unair.ac.id/filerPDF/artikel 5-14-1.pdf

Jing, W.,Ronal J.I. & Nansel T.R. (2009). School bullying among adolescent in the united states: Physical, verbal, rational, and cyber. Journal of Adolescent Health, 45:368 – 375

KNEP Litbang Depkes. (2005). Ethical Principles and Guidelines for the Protection of Human Subjects of Research. http://www.knepk.litbang.depkes.go.id.

KNEPK DepKes RI (2007). Pedoman Nasional Etik Penelitian Kesehatan : Suplemen V. Etika Penelitian Epidemiologi. Jakarta.

Langdon, S.W, & Preble, W. (2008). The Relationship Between Levels Of Perceived Respect And Bullying In 5th Through 12th Grades. Adolescence, 43,171, 486-503

Latifah, Fika. 2012. Hubungan Karakteristik Anak Usia Sekolah dengan Kejadian Bullying di Sekolah Dasar di Bogor. Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan UI

Lemeshow, S.,Hosmer, D.W, & Klar, J. (1997). Besar Sampel dalam Penelitian Kesehatan (Dibyo Pramono, Penerjemah). Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Magfirah, Ulfah & Rachmawati, Mira Eliza. ( 2009). Hubungan antara iklim sekolah dengan kecenderungan perilaku bullying. http://setiabudi.ac.id/jurnalpsikologi/images/files/Jurnal%201(1).pdf

Murphy, A.G. (2009). Character education: Dealing with bullying. New York: Chelsea House Publishers

Namie, Gary. 2014. WBI U.S. Workplace Bullying Survey. Workplace Bullying Institute.

National Crime Prevention Centre. (2008). Bullying Prevention : Nature and Extent of Bullying in Canada. Online, diunduh tanggal 24 Maret 2017

Ningrum, Anindita Widya, dkk (2015). Studi Tentang Perilaku Bullying Di Sekolah Menengah Pertama Se-Kecamatan Prajurit Kulon Kota Mojokerto Serta Penanganan Oleh Guru BK. Jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/articel/pdf

Novianti, Langgersari Elsari. (2009). Makalah Perkembangan Sosial Pada Anak Homeschooling Usia Sekolah Dasar (6-12 Tahun). Suatu Kajian Pustaka Terhadap Fenomena Homeschooling Pada Usia Sekolah Dasar. Fakultas Psikologi Universitas Padjadjaran Bandung. http://pustaka.unpad.ac.id/wp-content/uploads/2009/12/perkembangan_sosial_pada_anak_homeschooling.pdf

Pratiwi., Puspita & Rosalina. Hubungan Peran Teman Sebaya Dengan Perilaku Bullying Pada Anak Usia Sekolah Kelas 5 Dan 6 Di Sd Sriwedari 02 Kecamatan Jaken Kabupaten Pati. http://perpusnwu.web.id/karyailmiah/dokuments/4214.pdf

Polit, D.F., & Beck, C.T (2004). Nursing Research: principles and Methods (7th ed). Philadelphia: Lippincott Williams & Wilkins

Polit & Hungler (1999). Nursing Research. Principles and Methods. Philadelphia: Lippincott.

Potter, P. A., dan Perry, A. G. (2009). Buku Ajar Fundamental Keperawatan: Konsep, Proses dan Praktik, Edisi 4, Vol. 1. Jakarta: EGC.

Purwanto, Edi. (2101). Alternatif Pemecahan Perilaku Bullying Pada Anak Sekolah Dasar. https://jendelapemikiran.wordpress.com/2010/12/01/alternatif-pemecahan-perilaku-bullying-pada-anak-sekolah-dasar/

Rachmijati, Cynantia. (2015). Bullying Dalam Dunia Pendidikan. Jurnal : Bullying Dalam Dunia Pendidikan. http://cynantia-rachmijati.dosen.stkipsiliwangi.ac.id/2015/01/jurnal-bullying-dalam-dunia-pendidikan.

Rigby, K. (2002). New Perspectives on Bullying. London : Jessica Kingsley.

Robison, Kathy. (2010). Bullies and Victims: A Primer for Parents. National Association of School Psychologists.

Saifullah, Fitrian.(2016). Hubungan Antara Konsep Diri Dengan Bullying Pada Siswa-Siswi SMP. eJournal Psikologi, 2016, 4 (2): 200- 214 ISSN 2477-2674, ejournal.psikologi.fisip-unmul.ac.id © Copyright 2016

Sasroasmoro, S., & Ismael, S (2010). Dasar-dasar Metodologi Penelitian Klinis. Ed.3. Jakarta: Sagung seto.

Setyawan, David. 2014. KPAI. Kasus Bullying dan Pendidikan Karakter. Online, diunduh tanggal 24 Maret 2017

Siswati & Widayanti, Costrie Ganes. 2009. Fenomena Bullying Di Sekolah Dasar Negeri Di Semarang: Sebuah studi deskriptif. http://eprints.undip.ac.id/8336/1/fenomena_bullying_di_sekolah_dasar_negeri_di_semarang.pdf

Smokowski, P.R. & Kopasz, K.H. (2005). Bullying in school: An overview of types, effects, family charateristics, and intervention strategies. Children & School Journal, 27 (2): 101-109.

Soedjatmiko, dkk. (2013). Gambaran Bullying dan Hubungannya dengan Masalah Emosi dan Perilaku pada Anak Sekolah Dasar. Sari Pediatri, Vol. 15, No. 3, Oktober 2013. saripediatri.org/index.php/sari-pediatri/article/download/.

Uba, Yacoob & Juhari. (2010). Bullying and it’s Relationship with Depression among Teenagers. J Psychology, 1(1): 15-22.

Wong, Donna L., et al. (2009). Buku Ajar Keperawatan Pediatrik, Ed. 6. Jakarta: EGC.




DOI: http://dx.doi.org/10.33757/jik.v2i1.67

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 JIK JURNAL ILMU KESEHATAN

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


E-ISSN : 2597-8594 (Online) P-ISSN : 2580-930X (Cetak)
Publish by STIKes Alifah Padang
Jl. Khatib Sulaiman No 52 B Kota Padang. Telp 0751-7059849. Fax 0751-7059849. Website: www.stikesalifah.ac.id
Email : jik@stikesalifah.ac.id