Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan di Instalasi Radiologi RSUD M. Zein Painan

Santa Mareta, Tari Putri Pertama

Abstract


Kepuasan pasien adalah suatu tingkat perasaan pasien yang timbul sebagai akibat dari kinerja layanan kesehatan yang diperoleh setelah pasien membandingkan dengan apa yang diharapkannya. Di RSUD. M. Zein Painan terjadinya penurunan jumlah kunjungan pasien rawat jalan pada bulan Agustus sampai Oktober 2020. Pada bulan Agustus kunjungan pasien sebanyak 331 orang, September 2020 sebanyak 291 orang dan bulan Oktober 2020 sebanyak 260 orang, serta peneliti telah mewawancarai 10 pasien rawat jalan yang datang ke Instalasi Radiologi yang menyatakan bahwa pasien 8 orang pasien menyatakan bahwa kurang nyaman terhadap lingkungan di Instalasi Radiologi RSUD M. Zein Painan seperti ruang tunggu yang kurang bersih dan banyaknya petugas lain atau pasien lain yang lewat disana. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persentase tingkat kepuasan pasien berdasarkan standar Kemenkes Nomor: 129/Menkes/SK/II/2008 di instalasi radiologi RSUD M. Zein Painan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Teknik sampel menggunakan metode Accidental Sampling pada 87 pasien rawat jalan pengumpulan data menggunakan kuesioner dan pengolahan data dilakukan  dengan sistem komputerisasi dan dianalisis dengan analisa univariat. Hasil penelitian menunjukkan 79,2% responden merasa puas dengan pelayanan instalasi radiologi RSUD M. Zein Painan. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa tingkat kepuasan pasien di instalasi radiologi RSUD M. Zein Painan belum memenuhi SK Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor: 129/Menkes/SK/II/2008 tentang Standar Pelayanan radiologi menyatakan Standar Kepuasan Pelanggan ≥80%.


Keywords


Kepuasan Pasien, Radiologi, Rumah Sakit

Full Text:

PDF

References


Armen, Fakhni. (2010). Dasar-Dasar Manajemen Keuangan Rumah Sakit. Padang: Universitas Baiturrahmah.

Azwar, AH. (1996). Menjaga Mutu Pelayanan Kesehatan. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.

Depkes, RI (2009). Tentang Mengenal Klasifikasi Usia. Jakarta.

Hasyim, M. R. (2019). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Pasien Rawat Jalan Dalam Pelayanan Kesehatan Dasar Di Puskesmas Kassi-Kassi Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Universitas Diponegoro, Semarang

Keputusan Menteri Kesehatan, RI Nomor HK.01.07/MENKES/1128/2022 Tentang Standar Akreditasi Rumah Sakit

Keputusan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor : 13 Tahun 2009 tentang Pedoman Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik dengan Partisipasi Masyarakat.

Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 340/MENKES/PER/III/2010 tentang Pengertian Rumah Sakit.

Muninjaya, G. (2010). Manajemen Kesehatan. Jakarta: Buku Kedokteran EGC.

Notoatmojo, Soekidjo. (2003). Ilmu Kesehatan Masyarakat. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Notoatmojo, Soekidjo. (2012). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia No.5 I Menkes I pos 17 / 2005 tentang Fungsi Rumah Sakit Umum.

Philip, Kotler; Keller, K. L. (2016). Marketing Managemen, 15 th Edition, Parson Education,inc.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. Sujarweni, V.

Wiratna. (2020). Metodologi Penelitian Bisnis dan Ekonomi. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Wijono, Djoko. (1999). Manajemen Mutu Pelayanan Kesehatan Vol. 2. Surabaya: Airlangga University Press Undang-undang No.44 tahun. (2009). Tentang Rumah Sakit. Jakarta: Biro Hukum Departemen Kesehatan Republik Indonesia.




DOI: http://dx.doi.org/10.33757/jik.v7i2.751

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 JIK JURNAL ILMU KESEHATAN

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


E-ISSN : 2597-8594 (Online) P-ISSN : 2580-930X (Cetak)
Publish by STIKes Alifah Padang
Jl. Khatib Sulaiman No 52 B Kota Padang. Telp 0751-7059849. Fax 0751-7059849. Website: www.stikesalifah.ac.id
Email : jik@stikesalifah.ac.id