Analisis Hubungan Kepuasan Kerja Dengan Kinerja Perawat Pelaksana

Rika Syafitri, Budi Anna Keliat, Harmawati Harmawati

Abstract


Kinerja perawat pelaksana dalam melaksanakan asuhan keperawatan di rumah sakit Reksodiwiryo di Padang belum terlaksana dengan baik, disisi lain perawat pelaksana juga kurang puas dalam bekerja. Penelitian bertujuan  untuk mengetahui hubungan kepuasan kerja dengan kinerja perawat pelaksana di ruang rawat inap RS Reksodiwiryo di Padang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif korelasional  menggunakan kuesioner dan wawancara dalam mengumpulkan data. Sampel berjumlah 70 orang perawat pelaksana yang dipilih secara Simple Random Sampling. Data dianalisis dengan uji Korelasi Pearson dan analisis regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja perawat pelaksana mencapai 67 %, kepuasan kerja mencapai 61 %. Kepuasan kerja berhubungan secara bermakna dengan kinerja perawat pelaksana dalam melaksanakan asuhan keperawatan. Kepuasan kerja terkait supervisi atasan merupakan faktor yang paling dominan yang berpengaruh terhadap kinerja perawat pelaksana. Direkomendasikan dalam meningkatkan kinerja perawat pelaksana diperlukan supervisi yang memadai.


Keywords


Kepuasan kerja, Kinerja, Perawat Pelaksana

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Aditama, T. Y. (2010). Manajemen Administrasi Rumah Sakit. Penerbit Universitas Indonesia Press. Jakarta.

Gomes. (2003). Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi Kedua. Yogyakarta: Andi.

Handoko, T. H. (2001). Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia Edisi 2. Yogyakarta: BPFE.

Kurniadi, A. (2013). Manajemen keperawatan dan prospektifnya: Teori, konsep dan aplikasi. Jakarta: Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia.

Lilian, E. (2011). Laporan Tesis, Pengaruh Supervisi Klinik Kepala Ruang Terhadap Kepuasan Kerja dan Kinerja Perawat Pelaksana di Ruang Rawat Inap Rs Woodward Palu Tahun 2009.

Mayasari, A. (2009). Analisis pengaruh persepsi faktor manajemen keperawatan terhadap tingkat kepuasan kerja perawat di ruang rawat inap RSUD Kota Semarang. program Pascasarjana Universitas Diponegoro.

Marquis. (2010). Kepemimpinan dan Manajemen Keperawatan : Teori dan Aplikasi. Jakarta : EGC.

Mulyono, M. H., Hamzah, A., & Abdullah, A. Z. (2013). Faktor yang berpengaruh terhadap kinerja perawat di rumah sakit tingkat III 16.06. 01 Ambon. Jurnal Akk, 2(1), 18-26.

Nursalam, N. (2007). Manajemen keperawatan: Aplikasi dalam praktek keperawatan profesional. Jakarta: Salemba Medika.

Nursalam. (2011). Manajemen Keperawatan dalam Praktik Keperawatan Profesional. Jakarta: Salemba Medika.

Robbins, S., P. dan Timothy A. Judge. (2009). Perilaku Organisasi, Edisi 12. Jakarta: Salemba Empat.

Setiasih, W. (2006). Hubungan Antara Kepuasan Kerja Perawat dan Kepuasan Klien di Rumah Sakit Husada Jakarta. Tesis Magister. Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia. Depok,

Simamora,Roymand. (2012). Buku Ajar Manajemen Keperawatan. Jakarta : EGC

Siagian. (2007). Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi 1. Jakarta : PT Bumi Aksara.

Wibowo. (2011). ‘Manajemen kinerja’. Manajemen Kinerja/Wibowo-Jakarta: Rajawali Pers, 179.




DOI: http://dx.doi.org/10.33757/jik.v4i2.297

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 JIK JURNAL ILMU KESEHATAN

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


E-ISSN : 2597-8594 (Online) P-ISSN : 2580-930X (Cetak)
Publish by STIKes Alifah Padang
Jl. Khatib Sulaiman No 52 B Kota Padang. Telp 0751-7059849. Fax 0751-7059849. Website: www.stikesalifah.ac.id
Email : jik@stikesalifah.ac.id