Pengaruh Aroma Terapi Lavender Terhadap Kualitas Tidur Lansia

Rezi Prima, Sisca Oktarini

Abstract


Dalam upaya meningkatkan kesejahteraan hidup lanjut usia ada upaya yang dilakukan yaitu dengan memenuhi kebutuhan dasarnya. Salah satu kebutuhan dasar tersebut adalah kebutuhan tidur. Akan tetapi, sekitar 67% lanjut usia mengalami gangguan kualitas tidur buruk. Kualitas tidur buruk lanjut usia dapat diatasi dengan cara non farmakologis diantaranya adalah dengan pemberian Aromaterapi Lavender. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh aromaterapi lavender terhadap kualiatas tidur lanjut usia di PSTW Kasih Sayang Ibu Cubadak Batusangkar. Penelitian ini dilaksanakan pada 1-30 Agustus 2021. Desain yang digunakan yaitu quasi-eksperimen dengan pendekatan pretest-posttest without control group. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh lanjut usia yang mengalami kualitas tidur buruk yang berjumlah 55 orang. Sampel diambil sebanyak 15 orang. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling. Alat pengumpulan data menggunakan kuisioner. Teknik pengolahan dan analisa data menggunakan program komputerisasi dengan analisa univariat dan bivariat. Hasil penelitian menunjukkan dari 15 orang responden didapatkan data sebelum dilaksanakan pemberian aromaterapi lavender yaitu (100%) kualitas tidur buruk, kemudian setelah diberikan Aromaterapi Lavender didapatkan (60%) dengan kualitas tidur buruk. Dari hasil uji paired sample t-test didapatkan nilai p=0,000 yang artinya ada perbedaan yang signifikan antara kualitas tidur lanjut usia sebelum dan sesudah pemberian aromaterapi lavender di PSTW Kasih Sayang Ibu Cubadak Batusangkar. Disarankan kepada petugas PSTW kasih Sayang Ibu Cubadak agar menerapkan pemberian Aromaterapi Lavender bagi lanjut usia yang mengalami kualitas tidur buruk.

 



Keywords


Kualitas Tidur, Lanjut Usia, Aromaterapi Lavender

Full Text:

PDF

References


Ayuningtias, I., & Burhanto, B. (2021). Pengaruh Aromaterapi Lavender Terhadap Kualitas Tidur Lansia: Literature Review. Borneo Student Research (BSR), 2(3), 1699-1704.

Badan Pusat Statistik, B. (2019). Data mencerdaskan kehidupan bangsa: proyeksi penduduk Indonesia 2010- 2030. Retrieved from http://www.bps.go.id

Badan Pusat Statistik, B. (2020). Data Demografi Berdasarkan Usia: Badan Pusat Statistik.

Hidayat, A. A., & Uliyah, M. (2015). Buku Ajar Kebutuhan Dasar Manusia: Health Books Publishing.

Kanisius. (2009). Seri Penyembuhan Alami :bebas Insomnia. Yogyakarta.

Koensoemardiyah. (2009). Aromaterapi untuk kesehatan, kebugaran dan kecantikan. Yogyakarta: Lily Publisher.

Kurnia, A. D., Wardhani, V., & Rusca, K. T. (2013). Aromaterapi Bunga Lavender Memperbaiki Kualitas Tidur pada Lansia. Jurnal Kedokteran Brawijaya, 25(2), 83-86.

Natassia, K. (2021). Monograf Larutan Aromaterapi Lavender Untuk Insomnia: Media Sains Indonesia.

Novianty, F. P. (2014). Pengaruh Aromaterapi Lavender (Lavandula Anguistivolia) terhadap peningkatan kualitas tidur lansia di panti Wredha Dharma Bhakti kasih surakarta. (Skripsi). StiKes Kusuma Husada, Surakarta.

Pasaribu, L. A., Sipasulta, G. C., & Noviasari, D. (2020). Pengaruh relaksasi aromaterapi lavender terhadap lama persalinan kala i dan ii pada primigravida di rumah sakit panglima sebaya tahun 2020.

Politeknik, S. A. P. K. M. (2010). Pengaruh Aromaterapi Terhadap Insomnia Pada Lansia Di PSTW Unit Budi Luhur Kasongan Bantul Yogyakarta. Jurnal kebidanan, 2(2).




DOI: http://dx.doi.org/10.33757/jik.v5i2.432

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 JIK JURNAL ILMU KESEHATAN

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


E-ISSN : 2597-8594 (Online) P-ISSN : 2580-930X (Cetak)
Publish by STIKes Alifah Padang
Jl. Khatib Sulaiman No 52 B Kota Padang. Telp 0751-7059849. Fax 0751-7059849. Website: www.stikesalifah.ac.id
Email : jik@stikesalifah.ac.id