Pemberian Terapi Murottal Al-Qur’an Surat Ar-Rahman dan Artinya Terhadap Tekanan Darah Lansia Hipertensi di Wilayah Kerja Puskesmas Tigo Baleh Kota Bukittinggi Tahun 2021

Wisnatul Izzati, Pera Putra Bungsu, Mayang Afriola

Abstract


Hipertensi adalah peningkatan tekanan darah yang memberikan gejala berlanjut ke stroke, penyakit jantung koroner, kerusakan ginjal sehingga hipertensi menjadi penyebab utama kematian yang tinggi. Hipertensi adalah keadaan tekanan darah sistolik >140 mmHg dan diastolik >90 mmHg. Salah satu terapi komplementer yang dapat mengendalikan tekanan darah yaitu terapi murottal al-qur’an surat ar-rahman dan artinya.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada Pengaruh Terapi Murottal Al-Qur’an Surat Ar-Rahman dan artinya Terhadap Tekanan Darah Lansia Hipertensi Di Wilayah Kerja Puskesmas Tigo Baleh Kota Bukittingi Tahun 2021. Penelitian ini merupakan quasi eksperiment dengan rancangan one group pre test and post test. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh penderita lansia Hipertensi di Wilayah Kerja Puskesmas Tigo Baleh Kota Bukittingi dengan jumlah Sampel 16 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh terapi murottal al-qur’an surat ar-rahman dan artinya terhadap tekanan darah lansia Hipertensi di wilayah kerja Puskesmas Tigo Baleh Kota Bukittinggi dengan p=0,000 (p<0,05). Saran kepada perawat dan tenaga kesehatan agar dapat memberikan terapi murottal al-qur’an surat ar-rahman dan artinya kepada pasien yang menderita hipertensi.


Keywords


Hipetensi, Lansia,Murottal, Surat Ar-rahman

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Bungsu,P.P.,& Kurniawati, D. (2020). The Effects Of Progresive Muscle Relaxation AndQur'an Murottal to Older Pepople Hypertension. Nursing

Helena. P. (2021). Pengaruh Pemberian Terapi Murottal Surat Ar-rahman Terhadap Tekanan Darah Pada Lansia Dengan Hipertensi Di Puskesmas Tanah Kampung. Jurnal

Intan. M. (2020). Gambaran Tekanan Darah Pada Lansia Hipertensi Di Wilayah Kerja Puskesmas Kademangan Kabupaten Cianjur. Jurnal.

Pangestu, N. A., & Oktarosada, D. (2020). Pengaruh Terapi Murottal Al-qur'an Surat Ar-rahman Terhadap Penurunan Tekanan Darah Lansia Hipertensi di Wilayah Kerja UPT Puskesmas Bernung Kabupaten Pesawaran Tahun 2020.

Robinson. (2015). Hubungan Perilaku Lansia Dengan Kejadian Hipertensi Di Puskesmas Nglegok Kabupaten blitar. Skripsi

Sumarta, N. H. (2020). Hubungan Aktivitas Fisik Sehari-hari Dengan Derajat Hipertensi Pada Lansia Di Kota Batu. Skripsi.

Sutriningsih, A., Prastiwi, S., & Amanda, H. (2017). Hubungan Kualitas Tidur dengan Tingkat Kekambuhan Hipertensi Pada Lansia di Kelurahan Tlogomas Kota Malang. Nursing.

Vandri, V. A. (2019). Gambaran Tingkat Stress Pada Lansia. Jurnal Keperawatan.

Widyastuti. (2015). Terapi Komplementer Dalam Keperawatan. jurnal.




DOI: http://dx.doi.org/10.33757/jik.v6i1.524

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JIK JURNAL ILMU KESEHATAN

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


E-ISSN : 2597-8594 (Online) P-ISSN : 2580-930X (Cetak)
Publish by STIKes Alifah Padang
Jl. Khatib Sulaiman No 52 B Kota Padang. Telp 0751-7059849. Fax 0751-7059849. Website: www.stikesalifah.ac.id
Email : jik@stikesalifah.ac.id