Cyberbullying Selama Pembelajaran Daring pada Anak Sekolah Dasar

Welly Welly, Gusni Rahma

Abstract


Cyberbullying merupakan perilaku agresif yang dilakukan dengan sengaja dan berulang-ulang oleh seseorang atau sekelompok orang melalui media online. Di Indonesia, proporsi pelajar yang melakukan cyberbullying sebanyak 48,2%. Kasus cyberbullying terus meningkat seiring dengan pelaksanaan kegiatan belajar secara daring selama masa pandemi Covid-19. Tujuan penelitian adalah mengetahui hubungan pola asuh orang tua dan penggunaan media sosial dengan kejadian cyberbullying selama pembelajaran daring pada anak sekolah dasar. Jenis penelitian kuantitatif dengan desan studi cross sectional. Variabel dependen ialah kejadian cyberbullying dan variabel dependen adalah pola asuh orang tua dan penggunaan media sosial. Sampel sebanyak 257 anak sekolah dasar di Kota Padang yang diambil secara purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa elemen korban cyberbullying sebesar 49,%, pelaku (32,3%) serta korban dan pelaku (18,7%). Berdasarkan hasil uji chi square diperoleh ada hubungan bermakna pola asuh (p=0,022) dan penggunaan media sosial (p=0,035) dengan kejadian cyberbullying pada anak sekolah dasar selama pembelajaran daring. Diperlukan pengawasan orangtua dan guru khususnya terkait penggunaan media interenet dan intensitas penggunaan media sosial untuk mencegah terjadinya cyberbullying dikalangan anak sekolah dasar.


Keywords


Cyberbullying, Media Sosial, Pola Asuh

Full Text:

PDF

References


Adawiyah, S. R. (2019). Faktor-faktor yang mempengaruhi cyberbullying pada remaja. Prosiding Seminar Nasional Magister Psikologi Universitas Ahmad Dahlan, 398–403.

Dewi, H. A., Suryani, & Sriati, A. (2020). Faktor-Faktor yang Memengaruhi Cyberbullying Pada Remaja: A Systematic Review. Journal of Nursing Care, 3(2), 128–141. http://jurnal.unpad.ac.id/jnc/article/view/24477

Fazry, L., & Apsari, N. C. (2021). Pengaruh Media Sosial terhadap Perilaku Cyberbullying di Kalangan Remaja. Jurnal Pengabdian Dan Penelitian Kepada Masyarakat, 2(1), 28–36. https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/cakrawala/article/viewFile/3680/2624

Fransiska, N., Faizal, A. R., & Trenggono, N. (2020). Hubungan Intensitas Penggunaan Media Sosial Dan Kepuasaan Bermedia Sosial Dengan Risiko Bermedia Online. Januari, 1(1), 10–22. https://jurnalsociologie.fisip.unila.ac.id

Jamirus, A. (2021). Gambaran Kejadian Cyberbullying Selama Pembelajaran Daring Pada Anak-anak Di SD Negeri 03 Alai Kota Padang Tahun 2021. Universitas Andalas.

Kowalski, R. M., & Toth, A. (2018). Cyberbullying among Youth with and without Disabilities. Journal of Child and Adolescent Trauma, 11(1), 7–15. https://doi.org/10.1007/s40653-017-0139-y

Lee, J. Y., Kwon, Y., Yang, S., Park, S., Kim, E.-M., & Na, E.-Y. (2017). Differences in Friendship Networks and Experiences of Cyberbullying Among Korean and Australian Adolescents. The Journal of Genetic Psychology, 178(1), 44–57. https://doi.org/10.1080/00221325.2016.1242475

Putri, A. T. K. (2018). Hubungan Pola Asuh Orang Tua dan Penggunaan Media Sosial dengan Perilaku Cyberbullying di Sekolah Pada Remaja [Universitas Airlangga]. http://journal.stainkudus.ac.id/index.php/equilibrium/article/view/1268/1127%0Ahttp://publicacoes.cardiol.br/portal/ijcs/portugues/2018/v3103/pdf/3103009.pdf%0Ahttp://www.scielo.org.co/scielo.php?script=sci_arttext&pid=S0121-75772018000200067&lng=en&tlng=

Putri, D. P. E. (2020). Implementasi Pembelajaran Daring dan Luring Saat Pandemi Covid 19. Edugama: Jurnal Kependidikan Dan Sosial Keagamaan, 6(1), 111–130. https://doi.org/10.32923/edugama.v6i1.1326

Ruliyatin, E., & Ridhowati, D. (2021). Dampak Cyber Bullying Pada Pribadi Siswa Dan Penanganannya Di Era Pandemi Covid-19. Bikotetik (Bimbingan Dan Konseling Teori Dan Praktik), 5(1), 1. https://doi.org/10.26740/bikotetik.v5n1.p1-5

Tjongjono, B., Gunardi, H., Pardede, S. O., & Wiguna, T. (2019). Perundungan-siber (Cyberbullying) serta Masalah Emosi dan Perilaku pada Pelajar Usia 12-15 Tahun di Jakarta Pusat. Sari Pediatri, 20(6), 342. https://doi.org/10.14238/sp20.6.2019.342-8

Topcu, Ç., & Erdur-Baker, Ö. (2010). The Revised Cyber Bullying Inventory (RCBI): validity and reliability studies. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 5, 660–664. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2010.07.161

Utami, A. S. fatma, & Baiti, N. (2018). Pengaruh Media Sosial Terhadap Perilaku Cyber Bullying Pada Kalangan RSiwi, A., Utami, F., & Baiti, N. (2018). Pengaruh Media Sosial Terhadap Perilaku Cyber Bullying Pada Kalangan Remaja. 18(2), 257–262.emaja. 18(2), 257–262. http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/cakrawala%0APengaruh

Yang, S. C., Lin, C.-Y., & Chen, A.-S. (2014). A Study of Taiwanese Teens’ Traditional and Cyberbullying Behaviors. Journal of Educational Computing Research, 50(4), 525–552. https://doi.org/10.2190/EC.50.4.e




DOI: http://dx.doi.org/10.33757/jik.v6i2.613

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JIK JURNAL ILMU KESEHATAN

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


E-ISSN : 2597-8594 (Online) P-ISSN : 2580-930X (Cetak)
Publish by STIKes Alifah Padang
Jl. Khatib Sulaiman No 52 B Kota Padang. Telp 0751-7059849. Fax 0751-7059849. Website: www.stikesalifah.ac.id
Email : jik@stikesalifah.ac.id