Perilaku Keluarga dan Peran Perawat dengan Tindakan Keluarga Dalam Melakukan Mobilisasi Pasien Stroke

Reny Juliana Sihombing

Abstract


Sikap keluarga  adalah suatu keadaan yang berkaitan dengan perasaan yang tidak pasti dan tidak berdaya. Untuk dapat  menurunkan sikap keluarga  diperlukan komunikasi yang efektif terutama komunikasi yang efektif, hal ini perlu mendapat perhatian serius dari perawat karena komunikasi terapeutik  sangat membantu menurunkan sikap keluarga mobilisasi pasien stroke. Penelitian bertujuan untuk mengetahui hubungan efektifitas komunikasi terapeutik perawat terhadap penurunan tingkat perilaku keluarga  mobilisasi pasien stroke di Puskesmas Padang Bulan 2022. Metode Penelitian merupakan studi deskriptif dengan desain cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mobilisasi pasien stroke yang berumur dewasa muda (18-30 tahun) dan dewasa tengah (30-65 tahun) di sebanyak 30 orang. Data yang diperoleh dari hasil wawancara dengan menggunakan kuisioner dan analisa data yang dilakukan menggunakan uji chi square. Hasil temuan penelitian disajikan dalam tabel tabulasi dan uji chi-square dengan nilai significance  p < 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi terapeutik perawat yang dilakukan sebagai intervensi keperawatan pada mobilisasi pasien stroke memberikan hubungan yang signifikan terhadap penurunan tingkat sikap keluarga  mobilisasi pasien stroke terbukti dengan diperoleh  nilai p = 0,002. Untuk itu,Puskesmas Padang Bulan dan perawat lebih meningkatkan komunikasi terapeutik terhadap persiapan mobilisasi pasien stroke.


Keywords


Perilaku Keluarga, Peran Perawat, Mobilisasi Stroke

Full Text:

PDF

References


Abidin, Khoiron. (2015). Hubungan Pengetahuan dan Sikap Klien Terhadap Mobilisasi Pasca Operasi Intra Abdomen Hari ke-2 di RSUD Ngudi Waluyo Wlingi Kabupaten Blitar. Universitas Muhamadiyah Malang.

Afivah, Eva. (2019). Peran Keluarga Dalam Upaya Pencegahan Penyakit Stroke. Makalah disajikan untuk Seminar Keperawatan. Jurusan Keperawatan. Fakultas Kedokteran dan ilmu-ilmu kesehatan masyarakat Purwokerto.

Alimul, Aziz. (2017). Kebutuhan Dasar Manusia. Jakarta: Salemba Medika.

Agustini, Ika dkk. (2020). Asuhan Keperawatan Tn ” Y ” Dengan Gangguan Cerebro Vascular Disease (CVD) di Ruang Syaraf Bawah RSMH Palembang. Makalah disajikan untuk Seminar Keperawatan Medikal Bedah. Program Studi Ilmu Keperawatan. STIKes Bina Husada Palembang.

Astuti, Windy. (2017). Analisis Peran Keluarga Terhadap Perawatan Pasien Stroke di Instalasi Rawat Inap Non-Bedah (Syaraf) Rumah Sakit Umum Pusat Dr. Mohammad Hoesin Palembang Tahun 2017. Program Studi S1Keperawatan. STIKes Bina Husada Palembang.

Damawiyah S. (2018). Efektivitas Penerapan Perencanaan Pulang Dengan Metode Terstruktur Terhadap Kesiapan Keluarga Dalam Memberikan Mobilisasi Dini Pada Pasien Cerebro Vaskuler Attack di RS.Islam Surabaya. Jurnal Ilmiah Kesehatan, Vol. 10, No. 1, Februari 2017 (hal 76-87).

Feigin, Valery. (2019). Stroke Panduan Bergambar Tentang Pencegahan dan Pemulihan Strok. Jakarta: Gramedia.

Ginanjar, Genis. (2019). Stroke Hanya Menyerang Orang Tua. Yogyakarta: PT Bintang Pustaka.

Gordon, F. (2020). Stroke Panduan Latihan Lengkap. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Hisni, D., Saputri, M. E., & Sujarni, S. (2022). Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Kejadian Stroke Iskemik di Instalasi Fisioterapi Rumah Sakit Pluit Jakarta Utara Periode Tahun 2022. Jurnal Penelitian Keperawatan Kontemporer, 2(1), 140-149.

Hidayat, Alimul. (2018). Riset Keperawatan dan Teknik Penulisan Ilmiah. Jakarta: Salemba Medika.

Hutton, Cleo. (2018). 300 Tip Hidup Mandiri Pasca Stroke. Jakarta: Gramedia.

Irdawati. (2019). Hubungan Antara Pengetahuan dan Sikap Keluarga Dengan Perilaku Dalam Meningkatkan Kapasitas Fungsional Pasien Pasca Stroke di Wilayah Kerja Puskesmas Kartasura. Jurusan Keperawatan : Universitas Muhamadiyah Surakarta.

Junaidi, Iskandar. (2016). Stroke A-Z. Jakarta: Gramedia

Liawati, N., & Novani, S. S. (2018). Hubungan Pengetahuan Ibu Postpartum Sectio Caesarea Tentang Mobilisasi Dini Dengan Pelaksanaan Mobilisasi Dini Pada Pasien Post Operasi Sectio Caesarea Di Ruang Raden Dewi Sartika Rsud Sekarwangi Kabupaten Sukabumi. Lentera: Jurnal Ilmiah Kesehatan dan Keperawatan, 3(1), 119-133.

Ramdhani, Alvira. (2019). Pengaruh Penerapan Discharge Palnning pada Pasien Stroke Iskemik di Rumah Sakit Wahidin Sudirohusodo Makassar. Tesis Program Pasca Sarjana Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin Makassar.

Notoatmodjo, (2015). Metodelogi penelitian. Jakarta: Rineka Cipta, 21-23.

Wahab, E. A., Jak, Y., & Kodyat, A. G. (2021). Analisis Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Length Of Stay (LOS) Pasien Rawat Inap Di Instalasi Gawat Darurat RSUD Cibinong. Jurnal Manajemen dan Administrasi Rumah Sakit Indonesia (MARSI), 5(2), 207-220.




DOI: http://dx.doi.org/10.33757/jik.v7i1.675

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 JIK JURNAL ILMU KESEHATAN

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


E-ISSN : 2597-8594 (Online) P-ISSN : 2580-930X (Cetak)
Publish by STIKes Alifah Padang
Jl. Khatib Sulaiman No 52 B Kota Padang. Telp 0751-7059849. Fax 0751-7059849. Website: www.stikesalifah.ac.id
Email : jik@stikesalifah.ac.id