HUBUNGAN PERILAKU CARING PERAWAT TERHADAP TINGKAT KECEMASAN PASIEN PRE OPERATIF DI RUANG RAWAT INAP BEDAH PRIA DAN WANITA RSUP DR. M. DJAMIL PADANG

yuanita ananda, Asmawati Asmawati

Abstract


Pasien yang telah dilakukan tindakan operasi pada tahun 2015 sebanyak 6.611 pasien. Kecemasan mulai dirasakan klien saat pertama kali dinyatakan dokter bahwa penyakitnya memerlukan tindakan pembedahan. Kecemasan pasien dapat diatasi salah satunya dengan perilaku caring perawat. Caring adalah suatu sikap rasa peduli hormat dan menghargai kesukaan-kesukaan seorang berfikir, bertindak dan berperasaan. Kurangnya perawat memberikan penjelasan dan kurang melakukan pendekatan dengan pasien sehingga pasien merasa cemas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan perilaku caring perawat terhadap tingkat kecemasan pasien pre operatif di Ruang Rawat Inap Bedah Pria dan Wanita RSUP Dr. M. Djamil Padang. Dimana jumlah responden diruang pria sebanyak 50 responden, sedangkan diruang wanita sebanyak 46 responden. Jenis penelitian analitik dengan desain cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah pasien pre operatif yang berada di Ruang Rawat Inap Bedah RSUP Dr. M. Djamil Padang dengan sampel 96 orang. Teknik pengambilan sampel adalah accidental sampling. Data dianalisa secara univariat menggunakan tabel distribusi frekuensi dan bivariat menggunakan uji statistik Chi-Square dengan tingkat kepercayaan 95% α = 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kurang dari separoh (44,8%) perawat memiliki perilaku caring kurang baik. Lebih dari separoh (52,1%) memiliki kecemasan berat. Ada hubungan perilaku caring dengan kecemasan pasien pre operatif di Ruang Rawat Bedah dan Wanita RSUP Dr. M. Djamil Padang uji statistik diperoleh p value = 0,000 (p < 0,05). Kesimpulan peneliti ada hubungan perilaku caring dengan kecemasan pasien pre operatif. Diharapkan melalui Pimpinan RSUP Dr. M. Djamil Padang untuk dapat mempertahankan kinerja yang ada dalam melakukan caring oleh perawat sehingga pasien merasa nyaman.

Kata Kunci : Perilaku Caring dan Tingkat Kecemasan

ABSTRACT

 

            Patients who had surgery performed in 2015 as many as 6,611 patients. Anxiety began to be felt client the first time the doctor stated that the disease requires surgery. Patient anxiety can be overcome either by the nurse caring behaviors. Caring is an attitude of caring respect and appreciate the preferences of a thinking, acting and feeling. Lack of nurses provide explanations and less approach with the patient so that patients feel anxious. The purpose of this study was to determine the relationship of nurses caring behavior towards patients preoperative anxiety levels in patient wards of Male and Female Surgical Hospital Dr. Djamil Padang. Where the number of respondents in the men’s room of 50 respondents, while in the ladies room as much as 46 respondents. Type of the research is analytical descriptive with cross-sectional approach. The population in this study is that patients who are in the pre –operative in Space Inpatient Surgical Hospital Dr. M. Djamil Padang with a sample of 96 people. The sampling technique is accidental sampling. Data were analyzed using univariate and bivariate frequency distribution table using statistical test Chi - Square with a 95% trust with level α = 0.05 .  The results showed that less than half (44,8%) nurses have less good caring behavior. More than half (52,1%) have severe anxiety. There is a relationship with a caring behavior preoperative patient anxiety in Patients Pre Operative Surgery patient wards Men and Women at  Space Inpatient Surgery Men and Women at The Hospital   of  Dr. M. Djamil of  Padang (p value = 0,000) with (p < 0,05). The researchers' conclusion is no relationship caring behavior with pre-operative patient anxiety. Leaders are expected through the Hospital Dr. M. Djamil Padang to maintain existing performance in doing the caring nurses so that patients feel comfortable.

 

Keyword : Caring Behavior  and  Anxiety Level


Full Text:

PDF

References


Arikunto, 2013. Prosedur Penelitian, Jakarta : Rineka Cipta

Caplan, 2010. Sinopsis Psikiatri. Jakarta : EGC

Carpenito, 2002. Buku Saku Diagnosa Keperawatan. Edisi 8. Jakarta: EGC.

Dwidiyanti, M. (2007). Caring. Semarang : Hapsari

Handayani, 2012. Buku Ajar Pelayanan Keluarga Berencana, Yogyakarta: Pustaka Rihama

Hawari, 2011. Manajemen Stres Cemas dan Depresi, Jakarta : FKUI

Hidayat, 2010. Metode Penelitian Keperawatan dan Teknik Analisis Data. Jakarta : Salemba Medika.

Hidayati, 2013. Hubungan Perilaku Caring Perawat Dengan Tingkat Kecemasan Pasien Rawat Inap di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Surakarta, Jurnal Skripsi

Morrison, 2009. Caring dan Comunnicating : Hubungan Interpersonal Dalam Keperawatan, Edisi, Jakarta : EGC

Notoatmodjo, 2010. Metodologi Penelitian, Jakarta : Rineka Cipta

Nursalam, 2011. Manajemen Keperawatan, Aplikasi Dalam Praktik Keperawatan Profesional, Edisi 3, Jakarta : Salemba Medika.

Oswari, 2005. Bedah dan Keperawatannya. Jakarta : PT Gramedia.

Savitri, 2008. Kecemasan.Jakarta. Pustaka Popular Obor.

Sjamsuhidayat, 2011. Buku Ajar Ilmu Bedah. Jakarta:EGC

Stuart, 2007. Buku Saku Keperawatan Jiwa, Jakarta : EGC

Wulan & Hastuti, M. 2011. Pengantar Etika Keperawatan. Jakarta: Prestasi Pustaka.




DOI: http://dx.doi.org/10.33757/jik.v2i1.83

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 JIK JURNAL ILMU KESEHATAN

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


E-ISSN : 2597-8594 (Online) P-ISSN : 2580-930X (Cetak)
Publish by STIKes Alifah Padang
Jl. Khatib Sulaiman No 52 B Kota Padang. Telp 0751-7059849. Fax 0751-7059849. Website: www.stikesalifah.ac.id
Email : jik@stikesalifah.ac.id